Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Kekerasan Psikis

Sponsors Link

Kekerasan tidak selalu dengan yang namnya tindakan fisik, misalnya pemukulan atau hal lainnya yang dapat menyakiti fisik seseorang, namun kekerasan juga dapat berhubungan dengan yang namanya psikis.

ads

Kekerasan psikis memang tidak akan melukai fisik, namun akibat dari kekerasan fisik malah akan mengakibatkan gangguan psikologis pada seseorang, bahkan yang lebih parahnya lagi korban akan mengalami penderitaan yang cukup berat.

Kekerasan fisik ini dapat dikatakan sebuah perbuatan yang dapat melukai psikologis dan keadaan seseorang yang dapat mengakibatkan berbagi gangguan yang bisa mengakibatkan sebuah rasa ketakutan, kehilangan rasa percaya diri dna juga tidak ada kemampuan pada diri sesorang untuk melakukan suatu tindakan, sehingga akan mengakibatkan penderitaan psikis yang cukup berat.

Yang namanya kekerasan memang bukan merupakan hal yang baik, bahkan beberapa diantaranya dapat merugikan orang lain. kekerasan fisik ini juga merupakan sebuah tindakan nyata yang dapat dilakukan dengan sebuah perkataan yang tidka menyenangkan, dan tentunya hal tersebut bisa merugikan orang lain, seseorang yang terkena kekerasan fisik tentu saja akan snagat menganggu dirinya, apalagi kekrasan yang satu ini bisa terjadi dimana saja, baik itu di lingkungan, di dalam rumah tangga, tetangga, sekolah dan juga di wilayah lainnya. untuk itu perlu dilakukan beberapa cara agar bisa mengatasi kekerasan psikis.

  1. Berusaha menghargai diri sendiri

Orang-orang yang mengalami kekrasan psikis umumnya terjadi pada seseorang yang kurang menghargai diirnya sendiri, sehingga dapat memunculkan kekerasa psikis terhadap dirinya, untuk itu sebaiknya usahakan untuk selalu menghargai diri anda sendiri, sehingga yang namanya kekerasan psikis tidka akan terjadi pada diri anda.

  1. Meyakinkan korban

Seseorang yang terkena kekerasa psikis biasanya terjadi atau dilakukan bahkan oleh orang terdekat korban, untuk itu yakinkan pada korban, bahwa kekerasan psikis tidak akan terjadi jika seseorang terdekat anda menyayngi anda, dan bahkan seseorang yang menghormati kita tidak akan melakukan kekerasan psikis pada diri kita.

  1. Memberikan pendidikan budi pekerti

Terjadinya krisi moral apalagi kekerasan psikis pada anak- anak jaman sekarang memang seringkali terjadi, perlu kita ketahui juga bahwa yang namanya pendidikan memang belum merata ke semua kalangan, adapun di dalam psikologis peranan keluarga memang sangat dibutuhkan dalam hal ini, sehingga bisa sangat mempengarahui pola pikir dan juga sikap seseorang, untuk itu pendidikan budi pekerti sejak dini memang sangat dibutuhkan untuk saat ini.

  1. Pendidikan dan perilaku dari keluarga

Pola asuh juga sangat mempengaruhi dari kekerasan psikis yang seringkali terjadi, dna seperti kita ketahui setiap keluarga memiliki pola asuhnya masing-masing, dan perlu Anda ketahui juga jangan pernah terlalu memanjakan anak dengan membrikan semua apa yang ida inginkan, karena hal tersebut bisa menimbulkan sifat malekuakn kekerasan pada orang lain, khsuusunya kekerasan psikis

  1. Jangan memperlihatkan kekerasan

Sebagai orang tua sebaiknya jangan pernah memperlihatkan kekerasan atau bertengkar di hadapan anak, hal ini juga bisa dilakukan sebagai cara unutuk mengatasi kekerasa psikis, yaitu jangan pernah bertengkar dihadapan anak, agar nantinya akan menghindari sikap aksar atau memicu seorang anak melakukan kekerasan psikis terhadap orang lain, sheingag anak tersbeut akan berfikir ulang dan tidak akan menganggap hal tersebut adalah sebuah hal yang wajar saja. karena dampak kekerasan pada anak tidak dapat ditolerir lagi.


  1. Kontrol sosial yang baik

Jika berbicara mengenai psikologis pendidikan, memang sebaiknya setiap orang memiliki kontrol sosial yang baik, baik itu di lingkungan sekolah ataupun hal tersebut ada di luar lingkungan sekolah, untuk itu saat di sekolah sebaiknya lakukan kegiatan internal yang positif, sehingga hal tersbeut pun bisa dijaidkans ebagai cara untuk mengetasi kekerasan psikis yang terjadi pada orang-orang saat ini.

  1. Melakukan pengawasan saat anak menontin televisi

Sebagai orang tua sebaiknya anda sellau emngawasi tontonan yang selalu dilihat anak, mislanya pada sebuah tontonan yang mengumbar kekerasan dimana hal tersebut hanya demi rating, untuk itu beli bekal berupa pendiidkan mental pada anak dna melakukan pengawasan dengan tepat, berikan anak tontonan yang memang disesuaikan dengan suia anak, karena biasanya sebagian besar anak akan meniru dengan apa yang sudah dilihatnya,seperti melakukan kekerasan psikis.

  1. Mengajarkan nilai-nilai kemanusian

Untuk emncegah terjadinya kekerasan psikis memangs ebaiknya dilakukan dengan lebih mengedepankan nilai kemanusiaan terhadap penerus bangsa, khususnya untuk para guru yang di sekolah, anak-anak mungkin akan terbiasa dengan hal tersebut dan melakukan sesuai dengan apa yang sudah diberikan pengajaran kepada dirinya, sehingga yang namanya pelajaran memeberikan pendidikan moral dna kemanuasiaan memang sangatlah penting.

  1. Lingkungan rumah

Saat di rumah, seorang anak tentu akan melihat pola pengaruh dari orang-orang di sekitar, mislanya orang tua, adik, kaka, bahkan pengasuhnya. Untuk itu saat ada di dalam psikologi lingkungan rumah lakukan komunikasi secara baik dan positif, agar nantinya anak bisa terhindar dari berbagai bentuk kekerasan psikis yang seringkali terjadi, karena hal tersbeut akan sangat mengancam kehidupan anak.


  1. Berfikiran positif

Jika di dalam suatu lingkungan anad amelihat ada seseorang yang selalu emndapatkan kekerasan psikis, sebaiknya anda ingatkan sebagai orang terdekat agar orang tersebut bisa selalu berfikir positif dan juga selalu mengajak orang tersebut untuk selalu melakukan kegiatan yang positif, sehingga hal tersbeut dapat membuatnya lebih bisa dihargai.

  1. Lakukan psikoterapi

Kekerasan psikis tentu akan sangat berdampak dengan sebuah gejala stres, depresi, gangguan kecemasan dan berbagai amsalah psikologis lainnya, untuk itu jika memang perlu dilakukan, memang sebaiknya anda melakukan psikoterapi untuk anak yang sudah terkena kekerasan psikoterapi tersebut, sehingga rasa percaya diri dan juga psikologisnya akan jauh lebih baik. cara yang satu ini juga biasa dilakukan untuk cara menghilangkan depresi dengan mudah. 

  1. Melakukan terapi

Terapi bisa dilakukan jika seseorang yang mengalami kekerasan psikis sudah sangat menganggu kesehatan mentalnya, terapi bisa dilakukan dengan cara bermancam-macam, mislanya mendatangi psikologi atau bisa  dengan terapi ruqiyah yang nantinya bisa membantu seseorang tersebut untuk mennagani perasaan rtidka nyaman pada dirinya akibat dari kekerasan psikis yang terjadi.

Setelah membaca artikel diatas tentunya dapat ditarik kesimpulan bahwa pada seseorang yang mengalami kekrasan psikis atau kekerasan verbal memang membutuhkan perhatian khusus dna juga penanganan yang baik, agar nantinya orang tersebut dapat kembali kepercayaan dirinya dan bisa mulai untuk melakukan hidupnya yang jauh lebih baik lagi.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Kognitif