Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Rasa Lelah

Sponsors Link

Dengan padatnya aktivitas setiap hari terkadang membuat kita merasa sangat lelah, apalagi dengan hal-hal yang selalu dilakukan setiap hari secara monoton, tentu hal tersebut dapat membuat kita merasa lelah dan juga letih, rasa lelah juga ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya saja dengan psikologis yang terganggu, memiliki aktivitas yang sangat berlebihan dan juga terdapat gaya hidup yang memang membuat kita merasa sangat lelah.

ads

Dari berbagai penyebab rasa lelah sebenarnya bisa kita atasi, caranya sendiri bisa dengan mengurangi aktivitas, mengatur pola hidup, mengatur pla makan dan berbagai cara lainnya.

Karena biasanya sebagian besar terjadi karena adanya pola hidup yang salah, kurangnya tidur dan juga masalah psikologis yang seringkali terganggu.

Apabila hal tersebut didiamkan berlarut-larut tentu akan membuah hidup anda menjadi tidak produktifitas lagi, untuk itu anda pun hari mencari cara bagaimana cara mengatasi rasa lelah yang seringkali terjadi.

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Tubuh anda diketahui membutuhkan berbagai gizi yang seimbang, hal tersebut juga berguna agar tubuh bisa memiliki keseimbangan sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki serta tinggi akan membuat anda lebih  menjadi  jauh lebih baik lagi agar nantinya  tubuh menjadi  lebih segar dan juga sehat.

  1. Jangan pernah melewatkan sarapan pagi

Dengan selalu mengkonsumsi makanan dengan baik tentu bisa mencegah rasa lelah yang terjadi. Khususnya bagi anda yang seorang pekerja, sebaiknya jangan pernah melewatkan sarapan pagi anda. hal ini juga bisa sangat membantu agar nantinya dapat mencegah rasa lelah yang terkadang muncul, apalagi jika kondisi anda sedang dalam keadaan yang kurang stabil.

  1. Mengkonsumsi madu dan juga jahe

Dengan mengkonsumi air madu dan juga jahe tentu bisa membantu tubuh untuk lebih rileks dna juga terhindar dari rasa lelah yang berlebihan, kedua minuman tersebut juga diketahui dapat membantu anda agar bisa mencegah masuk angin dan tubuh yang kurang semangat.

  1. Istirahat yang cukup

Terkadang kelelahan yang terjadi pada tubuh menjadi sebagai sinyal bahwa tubuh kita sedang membutuhkan yang namanya istirahat, meski hal tersebut terkadang tidak dipahami oleh sebagian orang, sebaiknya anda membiarkan tubuh anda beristiahat sejenak.

Meskipun anda sedang sibuk sekalipun, karena dengan meregangkan otot atau istirahat walau sebentar akan membuat tubuh anda menjadi lebih nyaman dan juga mengurangi rasa lelah yang terkadang terjadi pada diri anda.


  1. Menggunakan waktu luang agar bisa mengisi tenaga

Hakikat perasaan dalam psikologi adalah sebuah rasa yang kita miliki, Agar rasa lelah yang ada di dalam diri anda menajid berkurang anda juga bisa menggunakan cara istirahat dengan maksimal dengan emngisi tenaga ketika jam makan siang, misalnya saja dengan mengkonsumsi makanna dengan baik, ketika rasa lelah muncul, hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa anda harus mulai mengisi tenaga, bisa dengan makan siang ataupun istirahat sejenak, sehingga hal tersebut bisa membantu diir anda menjadi lebih segar dna dpaat kembali pada aktivitas selanjutnya.

  1. Membaca sesuatu yang dapa menghibur

Dengan membaca tentu pengetahuan anda pun akan menjadi lebih bertambah, selain itu beberapa bacaan yang menghibur tentu bisa membantu diri anda lebih terhibur sehingga rasa lelah yang terkadang muncul pada diri anda pun akan berkurang dengan sendiriya.

Misalnya dengan membaca komik atau cerita yang tentunya dapat menghibur anda dan juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan rasa bosan.

  1. Membuang rasa kecewa dan juga penyesalan

Penyebab bad mood tanpa alasan bisa jadi mengenaik memikirkan berbagai hal yang sesungguhnya tidaklah penting hanya akan membuat anda semakin lelah karena beban fikiran tersebut. untuk itu sebaiknya anda buang jauh-jauh rasa kecewa dan juga penyesalan yang ada di dalam diri anda, sehingga membuat aktivitas anda pun tidak akan terganggu nantinya.

Meskipun anda sesungguhnya memang membutuhkan waktu untuk menghilangkan rasa kecewa tersebut, namun dengan memutuskan membuang jauh perasaan tersebut juga bisa membantu anda meringankan rasa lelah yang ada.

  1. Hindari mengkonsumsi gula dan caffein yang berlebihan.

Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak gula dan juga kaffein akan membuat tubuh anda malah semakin lemas, apalagi dengan mengkonsumsi makanan banyak gula dan caffein juga memang tidak disarankan karena tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Lebih baik menggantinya dengan air putih atau mengkonsumsi buah-buahan.

  1. Mengelola stres

Menurut penelitian, rasa lelah biasanya terjadi akibat dari 80% keadaan faktor psikologis yang ada di dalam diri anda. hal tersebut malah akan memperburuk keadaan anda apabila tidak dikelola dengan baik.

Untuk itu sebaiknya anda juga harus  mencari cara mengatasi stres berat dan bisa mengelola rasa stres yang ada di dalam diri anda sehingga hal tersebut dapat mngurangi rasa lelah yang ada di dalam diri anda nantinya.


  1. Selalu aktif bergerak

Saat rasa lelah datang mungkin anda akan merasa malah untuk berolahraga apalagi bergerak. Padahal dengan banyak bergerak akan membuat fisik anda semakin sehat, kepercayaan diri meningkat, dan anda akan semakin semangat dalam bekerja, jalan-jalan santai 20 menit bisa sangat membantu anda mengatasi berbagai aktivitas yang sangat padat setiap harinya, sehingga anda pun akan merasa bersemangat kembali

  1. Mengurangi berat badan

Terkadang memiliki berat badan yang berlebihan dapat membuat anda merasa sangat mudah kelelahan, sehingga agar bisa menghindari hal tersbeut anda perlu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan lebih baik lagi.

Dengan memiliki berat badan yang ideal juga bisa membantu anda lebih sehat dan juga tubuh menjadi lebih segar.

  1. Banyak Mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih dengan tertaur selain dapat membantu anda terhindar dari dehidrasi dan akan membuat tubuh anda jauh lebih segar dan juga sehat.

Dehindrasi terkadang menjadi salah satu pemicu utama ketika tubuh merasa lelah, untuk itu Mengkonsumsi air putih yang cukup tentu saja dapat membuat anda lebih segar dalam melakukan aktivitas dan tentunya tubuh pun menjadi lebih sehat.

  1. Mengubah gaya hidup

Gaya hidup yang tidak teratur bisa juga menjadi salah satu pemicu rasa lelah yang terkadang muncul, untuk itu dengan mengubah gaya hidup bisa menjadikan anda menjadi lebih sehat dan juga semangat dalam melakukan aktivitas.

Khususnya bagi anda yang seringkali menghindarkan olahraga sebgaai aktivitas anda, sebaiknya mulai saat ini rajin bangun pagi, olahraga yang teratur dan tentunya pola hidup anda harus jauh lebih baik lagi.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial