Sponsors Link

10 Unsur Kekuatan Pribadi Secara Psikis

Sponsors Link

Mengetahui unsur kekuatan pribadi secara psikis bisa menjadi sebuah awalan yang bagus untuk meningkatkan kepribadian kita. Ya, menjadi pribadi yang solid dan stabil merupakan sesuatu yang didambakan banyak orang. Kepribadian yang kuat, pada umumnya akan menjadi disegani oleh banyak orang. Individu dengan karakteristik semacam ini biasanya bisa memiliki suatu kerangka pikir yang baik, dimana dia bisa memecahkan masalah dalam segala macam situasi dan kondisi. Ini semua tentu berkaitan dengan psikologi kepribadian.

ads

Baca juga:

Kepribadian yang kuat juga tidaklah terlepas dari bagaimana kemampuan daya tilik diri itu sendiri. Seseorang bisa memiliki kepribadian yang tangguh, manakala ia mampu memahami karakteristik yang ada dalam dirinya. Kasarannya, sebelum mengenal orang lain, ada baiknya kita mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa macam unsur kekuatan pribadi yang bisa kita simak. Ini ada kaitannya dengan bagaimana pengaruh psikis kita. Penasaran?

  1. Kesan pada Pandangan Pertama

Unsur paling pertama dari kekuatan pribadi adalah kesan pada pandangan pertama. Bagaimana kita bisa membuat sebuah kesan yang bagus di hadapan orang lain, itu menjadi awalan yang baik sebagai pembuka untuk menunjukkan kesan terhadap orang lain. Ketika orang lain sudah memberikan kesan yang baik, maka kita bisa dengan mudah menunjukkan bahwa kita memiliki kekuatan pribadi yang kuat.

  1. Menarik Perhatian Orang Lain

Kekuatan pribadi selanjutnya juga bisa dilihat dari bagaimana cara kita menarik perhatian orang lain. Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, ini akan bisa sangat terlihat apakah orang tersebut benar-benar terlibat dalam pembicaraan kita atau tidak. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk selalu menerapkan prinsip here and now. Kita harus benar-benar hadir tidak hanya secara fisik, namun juga secara emosional ketika berkomunikasi dengan orang lain.

  1. Mengarahkan Orang Lain

Manakala orang lain sudah merasa terhubung dengan kita, maka akan sangat mudah sekali untuk mengarahkan orang lain tersebut. Ini menunjukkan bahwa kita memiliki kekuatan pribadi yang cukup kuat. Biasanya, ini dilakukan terutama ketika kita memberikan pengarahan tertentu pada orang lain dalam rangka supaya orang lain tersebut menyelesaikan hal yang kita inginkan. Pemimpin yang baik pada umumnya harus memiliki kekuatan pribadi yang tangguh.

  1. Kepercayaan Diri

Untuk menunjang kekuatan pribadi yang tangguh tersebut, maka harus ada unsur kepercayaan diri dalam pribadi kita. Sia-sia rasanya jika kita memiliki karakteristik yang bagus, emosi stabil dan juga potensi kekuatan diri yang kuat, akan tetapi kita tidak percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Cara paling mudah untuk membangun unsur ini adalah dengan memperbanyak intensitas bertemu dengan orang-orang. (Baca juga: Faktor yang mempengaruhi konsep diri)

  1. Motivasi Tinggi

Setelah kepercayaan diri meningkat, kita juga harus menetapkan tujuan yang terbaik dalam diri kita. Ini akan menumbuhkan semangat dan motivasi tinggi yang juga mendongkrak kekuatan dalam diri kita. Seseorang dengan penuh semangat biasanya akan memberikan energi positif pula bagi orang-orang yang ada di sekitarnya sehingga mereka merasa nyaman ketika berada di dekatnya.

  1. Kemampuan Bertoleransi

Memahami perbedaan sebagai sesuatu hal yang wajar adalah modal paling penting untuk dimiliki seseorang. Individu bisa saja memiliki beberapa macam hal yang dirasa kurang sesuai dengan orang lain. Namun ketika ia memiliki sikap toleransi yang bagus, ini bukanlah suatu masalah yang bagus.

  1. Tahu Kapan Harus Abai

Untuk unsur kekuatan pribadi secara psikis selanjutnya adalah tentang bagaimana kita bisa tahu kapan harus abai. Manakala seseorang berusaha menjatuhkan diri kita dengan berkomentar negatif, kita harus tahu bahwa itu adalah saatnya kita abai. Dengan demikian, kita bisa menjadi pribadi yang lebih kuat lagi. (Baca juga: Kepribadian extrovert)


  1. Pendengar yang Baik

Seseorang yang terbiasa menjadi pendengar yang baik, bisa memiliki karakter pribadi yang kuat pula. Ia akan menjadi sosok yang kharismatik dan disegani orang banyak karena kemampuannya dalam mendengarkan orang lain.

  1. Penguatan Positif pada Diri Sendiri

Menguatkan diri sendiri juga merupakan unsur yang penting. Jangan mengharapkan orang lain untuk bisa memberikan penguatan semacam ini kepada kita. Kita sendirilah yang bisa melakukan penguatan positif dengan yakin bahwa kita mampu menjadi individu terbaik.

  1. Berani Tampil

Berani tampil di hadapan orang merupakan sebuah hal yang menunjukkan kepribadian yang kuat. Tentu saja ini ada kaitannya dengan bagaimana kepercayaan diri bisa dipupuk di dalam diri seseorang.

Jadi, bagaimana? Sudah siap menjadi pribadi yang lebih kuat? Temukan unsur kekuatan pribadi secara psikis lainnya dan semoga sukses selalu.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :