Sponsors Link

Kepribadian Extrovert – Kelebihan – Kekurangan

Sponsors Link

Kepribadian extrovert merupakan salah satu jenis jenis-jenis kepribadian yang dijelaskan dalam ilmu psikologi. Kepribadian extrovert merupakan kepribadian yang berkebalikan dengan introvert. Manusia yang memiliki kepribadian extrovert memang lebih berkaitan dengan dunia yang berada di luar dari manusia tersebut. Sehingga manusia yang memiliki kepribadian extrovert akan menghabiskan banyak aktifitas di luiar dan sedikit sekali waktu untuk memikirkan yang terlalu rumit baginya.

ads

Mereka lebih senang berada di keramaian yang mana terdapat banyak orang di dalamnya dibandingkan dengan tempat yang sunyi. Hal ini karena sifat dominasi yang dimilikinya, kondisi dimana terasa lebih menyenangkan berada di luar dibandingkan di dalam diri mereka sendiri. Bagi mereka beraktivitas sosial dan berinteraksi dengan orang lain serta bergaul menjadi hal yang paling menyenangkan. Sebaliknya jika mereka dalam kondisi sendirian maka menjadi hal yang paling membosankan.

Ciri-Ciri Kepribadian Extrovert

Ada beberapa ciri-ciri yang mudah terlihat dari seseorang dengan kepribadian extrovert, antara lain adalah:

1. Senang Berinteraksi dan Bersosialisasi

Salah satu ciri-ciri dari kepribadian extrovert adalah mereka senang sekali berinteraksi dan bersosialisasi. Sehingga tidak ada orang extrovert yang memiliki gangguan kepribadian anti sosial. Mereka yang memiliki kepribadian extrovert memang sangat senang untuk mengadakan kegiatan di sekolah, lingkungan kerja, maupun tempat tinggalnya.

Bagi seorang yang extrovert hal tersebut adalah hal yang menyenangkan baginya. Mereka senang berinteraksi dan bersosialiasi dengan banyak orang serta menambah teman-teman  baru.

2. Mudah Untuk Bergaul 

Baik di dalam dunia nyata maupun dunia maya, mereka memiliki kehalian tersendiri untuk bergaul dengan lainnya. Sangat mudah bagi orang yang memilki kepribadian extrovert untuk bisa mendapatkan teman-teman baru. Mereka tidak pemilih dan bersikap lebih terbuka dengan siapapun, termasuk dengan orang yang mungkin baru saja dikenalnya. Namun hal ini lah kekurangannya yang menjadikannya kurang selektif dalam mencari teman.

3. Selalu Bersemangat dan Antusias

Di dalam kehidupan sehari-harinya, orang yang memiliki kepribadian extrovert memang akan tampak ceria, tertawa, riang, dan bersemangat sepanjang waktu. Apalagi jika dihadapkan pada situasi dan hal-hal yang baru maka akan sangat membuat diri mereka antusias. Inilah yang menjadi ciri khas dari kepribadian extrovert.

4. Spontan Dalam Berbicara atau Bertindak

Orang-orang dengan kepribadian extrovert memang memiliki kecenderungan untuk spontan dalam bertindak maupun berbicara. Sehingga mereka terkesan ceplas-ceplos, apa yang ingin mereka katakan maka mereka akan langsung menyampaikannya. Mereka jarang memikirkan sesuatu yang hendak dibicarakan. Hal itu pun juga berlaku ketika mereka melakukan sebuah tindakan.

Sponsors Link

5. Pandai Mencairkan Suasana

Mereka yang didominasi dengan kepribadian extrovert memang cenderung lebih setia dimanapun dan kapanpun berada, terutama dalam lingkup pertemanannya. Uniknya dari kepribadian ini adalah mereka selalu bisa menjadi pencair suasana atau ice breaker. 

6. Senang Menjadi Pusat Perhatian

Orang-orang dengan kepribadian extrovert senang sekali jika menjadi pusat perhatian dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka memang cenderung populer di berbagai kalangan, baik pertemanan, pekerjaan, maupun lingkungan lainnya. Tak heran jika banyak selebritis yang merupakan tipikal kepribadian extrovert. Meskipun tidak semuanya, namun sebagian besar adalah kepribadian extrovert.

7. Lebih Senang Menjadi Pembicara Dibanding Pendengar

Seorang extrovert memang lebih suka jika menuangkan ide serta gagasan yang mereka miliki kepada orang lain. Di dalam sebuah diskusi, mereka akan lebih mendominasi suara yang memang terbilang cukup kreatif. Namun terkadang memang masih kalah berbobot dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki kepribadian introvert. Dibandingkan dengan introvert yang memang lebih sering menjadi pendengar daripada jadi pembicara.

8. Tampil Penuh Percaya Diri

Percaya diri merupakan hal yang mungkin tak dimiliki oleh semura orang. Setiap orang tentunya memiliki porsi berbeda untuk kepercayaan diri masing-masing. Namun untuk kepribadian extrovert, hal tersebut adalah sesuatu yang wajib dalam diri mereka. Sebisa mungkin mereka akan tampil penuh percaya diri dan berbeda dibandingkan orang lain. Mereka tampil penuh energik bahkan ketika di depan publik sekalipun.

9. Terkesan Tegas dan Sigap

Seseorang dengan kepribadian extrovert memang cenderung untuk bersikap tegas dan sigap, baik itu bekerja maupun dalam bertindak. Mereka juga sangat cepat dalam mengambil sebuah keputusan. Bahkan mereka dengan kepribadian extrovert juga sering menjadi seorang pemimpin dalam sebuah kelompok.

10. Senang Bekerja Kelompok

Karena kepribadannya yang tidak menyukai kesendirian, maka tentu saja orang-orang extrovert akan lebih senang bekerja kelompok dibandingkan sendiri. Rasa semangat yang ada di dalam dirinya akan berkurang ketika mereka ada dalam kondisi yang sendiri. Bahkan kesunyian akan membunuh semangat dan antusias yang dimilikinya.

Kekurangan dan Kelebihan Kepribadian Extrovert

ads

Kekurangan Kepribadian Extrovert

  • Senang sekali berbicara bahkan hingga tidak terkontrol
  • Bisa menjadi pembohong yang ulung, karena mereka dapat menambahkan dan melebihkan cerita yang ada.
  • Mudah sekali terpengaruh dengan dunia luar. Larut dalam pergaulan, sehingga jika dirinya masuk ke dalam pergaulan yang salah maka akan memicu terjadinya gangguan psikologis remaja seperti kenakalan remaja.
  • Tidak pandai menjaga rahasia. Karena sikapnya yang banyak bicara akibatnya bisa jadi mereka seringkali tidak dapat mengontrol apa yang dibicarakannya.
  • Karena senang menjadi pusat perhatian, maka dirinya haus akan pujian dan perhatian. Mereka memiliki tingkat percaya diri yang terkadang over sehingga banyak skandal yang dibuat oleh orang-orang ekstrovert.
  • Sikapnya cenderung cerobah. Hal ini karena mereka tidak berpikir panjang terlebih dahulu sebelum bertindak maupun berbicara. Sehingga menyebabkan banyak masalah yang terjadi.
  • Bermuka dua, ada beberapa golongan ekstrovert yang terkadang memiliki karakter bermuka dua. Mereka pandai berbicara manis namun ternyata senang menusuk dari belakang.

Kelebihan Kepribadian Extrovert

  • Mudah untuk membuat pertemanan dan relasi. Hal ini karena sikapnya yang ramah dan ceria sehingga mereka banyak memiliki teman dan kenalan. Hal ini lah yang yang membuatnya memudahkan dalam menghadapi kesulitan.
  • Pekerja keras. Kebanyakan orang-orang extrovert memiliki sikap yang bekerja keras tanpa memilih pekerjaan mana yang ingin dikerjakannya. Sehingga tak heran jika banyak orang extrovert yang memiliki kemampuan sosial yang tinggi.
  • Orang extrovert senang membuat kelompok atau organisasi. Sehingga mereka kuat dan kokoh untuk menghadapi segala masalah di dalam hidunya.
  • Mereka memiliki jiwa sosial dan pandai dalam bermasyarakat. Mereka peduli kepada sesama, alam, dan lingkungan di sekitarnya. Orang-orang extrovert pandai berkegiatan sosial. Sehingga mereka akan sangat peduli pada teman dan kerabatnya.
  • Pembicara yang baik, mereka senang sekali berbicara. Mereka akan sangat berbakat untuk menjadi pemimpin, juru bicara, dan lainnya.
  • Kelebihan lain yang dimiliki nya adalah multitasking. Mereka senang melakukan banyak hal bersamaan.

Profesi Yang Cocok

Bagi mereka yang memiliki kepribadian extrovert, mereka akan lebih senang bekerja secara kelompok atau team. Menurut mereka suasana yang ramai adalah sesuatu yang menyenangkan. Nah berikut ini ada beberapa rekomendasi profesi yang mungkin cocok dijalani oleh kepribadian extrovert, antara lain adalah:

1. Pengacara/ Lawyer

Bertemu dengan berbagai macam klien, memaksa seorang lawyer untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Hal ini lah yang dapat dilakukan oleh orang-orang dengan kepribadian extrovert. Mereka memiliki kemampuan bicara yang baik dan pastinya lebih memahami klien.

2. Wartawan

Orang-orang dengan kepribadian extrovert senang sekali jika bisa bertemu dengan orang-orang yang baru. Bahkan mereka dapat dengan cepat membuat pertemanan. Hal ini akan dirasa sangat cocok jika mereka dapat bekerja sebagai wartawan. Pekerjaan memburu berita menjadi hal yang mungkin digemarinya. Mereka akan senang berpertualang dengan hal-hal asing yang memang menjadi kegemaran mereka.

3. Sales

Jago bebricara dan pandai dalam melakukan persuasi yang bertujuan untuk bisa mempengaruhi orang lain merupakan ciri khas yang hampir kebanyakan dimiliki oleh orang-orang extrovert. Sehingga tak heran jika pekerjaan sales menjadi pekerjaan yang mungkin akan sukses dilakukan oleh mereka.

4. MC (Master Of Ceremony)

Menjadi MC menuntut seseorang untuk bisa pandai berbicara dalam sebuah acara. Sehingga pekerjaan ini akan sangat cocok dikerjakan bagi mereka yang memiliki kepribadian extrovert. Belum lagi dengan sikapnya yang selalu riang dan gembira, menjadi daya tarik tersendiri.

5. Tour Guide

Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi seorang extrovert untuk bisa bertemu dengan banyak orang baru dan menjelajah temapt-tempat asing. Tentu saja bagi mereka hal ini adalah sesuatu yang menyenangkan dilakukan. Untuk itulah pekerjaan sebagai tour guide menjadi hal yang sangat cocok dilakukan oleh orang-orang extrovert. Jalan-jalan sambil dibayar tentu saja semua orang menginginkan hal ini.

6. Public Relation 

Jika anda seorang extrovert dan ingin bekerja di sebuah perusahaan, maka PR atau public relation menjadi pekerjaan yang sangat cocok untuk dilakukan oleh orang dengan kepribadian extrovert. Memilih pekerjaan di bidang ini akan membuat anda memuaskan hasrat untuk bisa berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai lingkungan.

7. Event Organizer

Pekerjaan ini memang menuntut seseorang untuk bisa berhadapan dan berinteraksi dengan banyak orang. Tak jarang jika orang-orang dengan kepribadian extrovert senang melakukan jenis pekerjaan ini. Hal ini karena menjadi seorang EO akan sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam aktivitasnya. Mereka dapat membentuk acara-acara yang menyenangkan dan mengesankan dengan melibatkan bnyak orang di dalamnya.

Sponsors Link

8. Customer Service

Profesi ini memang membuat seseorang mau tidak mau akan berhadapan dnegan banyak orang. Setiap harinya mereka harus menanggapi banyaknya kritikan dan saran. Sehingga tidak heran jika pekerjaan ini akan sangat cocok bagi orang-orang dengan kepribadian extrovert.

9. Pembaca Berita

Menjadi seorang pembacara berita di Televisi memang membutuhkan kemampuan yang cukup, tidak hanya dalam membaca namun harus memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi agar dapat menyelasaikan pekerjannya dengan baik dan sempurna. Hal ini lah yang sangat cocok dikerjakan oleh kaum extrovert.

10. Penyiar Radio

Sama halnya menjadi pembaca berita, menjadi penyiar radio membutuhkan  kemampuan berbicara yang cukup baik. Tak hanya itu saja menjadi penyiar radio mebutuhkan kepercayaan diri tinggi serta skill persuasif yang cukup baik.

Nah itu tadi penjelasan mengenai kepribadian extrovert, mulai dari pengertian, ciri, ciri, serta pekerjaan mana yang cocok dilakukan kaum extrovert. Setiap kepribadian dapat dipelajari dan diasah maisng-masing untuk menjadikannya sebagai sebuah kekuatan dalam diri pribadi masing-masing. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,