Sponsors Link

Perkembangan Psikologi Dalam Industri Di Indonesia

Sponsors Link

Psikologi adalah salah satu ilmu pengetahuan dan terapan yang menjelaskan tentang perilaku, mental, serta proses mental pada manusia yang dijleaskan secara ilmiah. Ilmu psikologi mempelajari tentnga fungsi mental di dalam perilaku seseorang maupun kelompok. Selain itu,  Konsep diri dalam ilmu psikologi juga mempelajari tentang proses neurobiologis dan fisiologis yang mendasari perilaku manusia.

ads

Ilmu psikologi mulai berkembang di Indonesia pada tahun 1950an, tepatnya saat kemerdekaan di Indonesiaa baru saja diakui resmi oleh bangsa Belanda di tahun 1494. Ilmu psikologi mulai berkembang dengan adanya kegiatan-kegiatan psikologis yang menggunakan tes-tesk psikologik seperti yang digunakan pada Balai Psychotechniek dan Pusat Psikologi Angkatan Darat yang ada di Bandung.

Ilmu psikologi berkembang dalam berbagai bidang, misalnya aplikasi psikologi pendidikan, psikologi hukum, psikologi agama islam, dan lainnya termasuk psikologi dalam bidang industri. Nah kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai ilmu psikologi yang berkembang dalam duni industri dan organisasi.

Psikologi industri adalah ilmu dalam psikologi yang mempelajari tentang perilaku manusia selama berada di tempat kerja. Ilmu ini lebih berfosku kepada pengambilan keputusan yang ada di dalam sebuah kelompok, motivasi kerja, seleksi karyawan, rancangan alat kerja, semangat kerja, strategi pemasaran dan masalah lainnya yang ada di dalam dunia industri dan organisasi. Perkembangan ilmu psikologi dalam bidang industri di Indonesia sangat dipengaruhi dengan perkembangan psikologi yang terjadi di negara-negara Barat terutama di Negara Amerika Serikat. Konsep ilmu psikologi dalam bidang industri terbagi menjadi 7 antara lain adalah:

  • Konsep dalam bidang kepersonaliaan
  • Konsep perilaku organisasi
  • Konsep dalam bidang konsumen
  • Konsep dalam analisis jabatan
  • Konsep kesehatan dan keselamatan dalam kerja
  • Konsep sumber daya manusia
  • Konsep ergonomi

Psikologi industri menjadi cabang dalam ilmu psikologi yang diterapkan penggunaannya dalam rangka tes seleksi serta penjurusan sekolah yang kemudian berubah menjadi sebuah ilmu yang dikembangkan teori-teori di dalamnya. Pengembangan ilmu psikologi dalam bidang industri berawal dari Bagian Psikologi kejuruan dan Perusahaan yang kini berganti nama menjadi Bagian Psikologi Industri dan Organisasi yang didirikan oleh Lembaga Pendidikan Asisten Psychologi. Pengembangan ilmu psikologi dalam bidang industri juga dipengaruhi dari 2 fakultas psikologi lainnya yaitu Fakultas Psikologi di Universitas gajah Mada dan Universitas Padjajaran. Dan di tahun 2000 berkembang menjadi 4 fakultas psikologi yang berada di Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. Dan terus berkembang di beberapa universitas lainnya dari tahun ke tahun, mulai dari universitas negeri hingga universitas swasta,

Perkembangan ilmu konsep psikologi dalam perkembangan industri bukannya tidak mengalami masalah. Meskipun mengadaptasi dari psikologi industri yang telah maju di negara-negara barat lainnya, tetap ada masalah yang harus diatasi saat dikembangkan di Indonesia. Perlu dilakukan adaptasi dan penerjemahan dengan kondisi dan situasi yang ada di Indonesia. Masalah lainnya terdapat pada peluang yang terbatas dalam mengembangkan penelitian-penelitian dari teori yang telah ada. Namun kini psikologi yang berkembang di dalam industri masih menjadi ilmu terapan dengan fokus utama pada pelaksanaan pemeriksaan psikologi atau yang dikenal dengan nama psikotes. Tujuan dari kegiatan utama ini adalah untuk seleksi, penempatan, penyuluhan, bimbingan kejuruan, serta pengembangan karier.

Bidang terapan lainnya adalah dalam bidang pelatihan. Konsep psikologi memang banyak diterapkan dalam perusahaan, salah satunya untuk pengelolaan SDM ( Sumber Daya Manusia) di dalam perusahaan, hal ini biasanya dilakukan oleh tim HRD perusahaan.  Saat ini memang sudah cukup banyak lulusan-lulusan dari sarjana psikologi yang terlibat langsung dalam menyusun program-program guna pelatihan di dalam sebuah perusahaan. aplikasi psikologi industri dan organisasi ini memang sangat membantu perusahaan serta perkembangan industri di dalamnya.

Sponsors Link

Selain itu bidang terapan lainnya yang mungkin berkaitan namun masih kurang dilakukan adalah bidang konsultasi perusahaan atau organisasi. Kegiatan ini memang mulai banyak dilakukan oleh sarjana-sarjana psikologi di awal tahun 2001 namun memang dapat dikatakan belum banyak dilakukan dan dikembangkan.

Jika melihat dari penjelasan sebelumnya maka konsep psikologi sebenarnya dapat berperan dalam berbagai bidang, tak hanya pada industri dan organisasi saja. Psikologi dapat berperan di dalam semua aspek individu yang ada kaitannya dengan pekerjaan, perusahaan/organisasi, maupun perkembangan di dalam industri. Nah itu tadi perkembangan psikologi di dalam bidang industri dan organisasi, terutama yang ada di Indonesia. Ilmu psikologi sangat dibutuhkan dalam bidang industri, sehingga tak ada salahnya bagi anda untuk mempelajarinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,