Sponsors Link

7 Konsep Psikologi Dalam Perkembangan Industri dan Penjelasannya

Sponsors Link

Tidak jauh berbeda dari pembahasan dalam artikel sebelumnya nih sobat, pada kesempatan kali ini penulis sudah menyiapkan artikel yang tentunya tidak kalah menarik dari artikel sebelumnya khusus buat sobat semua para penggemar baca.

ads

Dalam artikel kali ini, kita masih akan membahas mengenai psikologi , karena memang psikologi ini sangatlah kompleks dan luas cakupannya dalam semua aspek kehidupan kita, untuk itulah tidak adalah  salahnya kita masih akan membahas psikologi dalam artikel kali ini agar menambah wawasan anda akan bidang –  bidang atau konsep psikologi yang lainnya.

Adapun aspek psikologi yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai konsep psikologi dalam perkembangan industri. Nah sobat semua yang memang sedang bekerja dalam dunia industri, mungkin selama ini sobat tidaklah menyadari bahwasanya psikolog ini juga berperan penting dalam perkembangan industri anda. Bagaiman konsep psikologi dalam perkembangan industri itu sebenarnya sobat, berikut ulasannya untuk anda.

Adapun psikologi industri dan organisasi atau perusahaan merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi. Psikologi industri dan organisasi adalah ilmu yang membahas atau mempelajari peranan psikologi dalam dunia kerja atau dalam perkembangan industri itu sendiri.

Secara umum, berbagai metode atau teori maupun konsep psikologi dapat dimanfaatkan di berbagai bidang dalam sebuah perusahaan. Salah satunya adalah dalam bidang pengelolaan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang erat kaitannya dengan pengelolan yang dilakukan oleh HRD.

Adapun peranan psikologi ini sendiri dirasakan cukup banyak membantu perusahaan dalam perkembangan indutrinya, karena sebelum mengembangkan sayapnya ke prodak yang akan dikembangkan, sudah barang tentu yang dikembangkan terlebih dahulu adalah Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang ada dalam perusahan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah konsep psikologi dalam perkembangan industri. Yuk sobat mari kita simak dengan seksama.

1. Konsep Dalam Bidang Kepersonaliaan

Konsep psikologi yang pertama yang ada dalam konsep psikologi dalam perkembangan industri adalah konsep dalam bidang kepersonaliaan. Jika berbicara mengenai personalia tentunya sudah tidak asing lagi dalam telinga kita ya sobat, personalia adalah bagian dari HRD yang ada dalam satu perusahaan.

Adapun konsep psikologi dalam personalia ini akan membahas mengenai bagaimana cara pengelolaan tenaga kerja yang dimulai dari perencanaan, penerimaan tenaga kerja, penempatan kerja, pengembangan tenaga kerja , pemeliharaan tenaga kerja, serta keluar atau pensiunnya  tenaga kerja tersebut dari sebuah perusahaan.

Jika dilihat dari aspek yang dikelola oleh konsep psikologi dalam kepersonaliaan, tentuya memberikan dampak yang cukup besar terhadap perkembangan perusahaan atau perkembangan industri tersebut. (Baca juga mengenai konsep cinta dalam psikologi dan penjelasannya paling lengkap)

Sponsors Link

2. Konsep Dalam Bidang Konsumen

Konsep yang kedua  yang ada dalam konsep psikologi dalam perkembangan industri adalah konsep dalma bidang konsumen. Bukan hanya memberikan peran penting dalam konsep inter perusahaan atau industri seperti kepersonaliaan sobat, konsep psikologi ini juga memberikan peran penting terhadap konsumen perusahaan.

Konsep konsumen ini merupakan konsep yang mempelajari bagaimana dinamika perilaku konsumen terkait dengan pengambilan keputusannya dalam melakukan pembelian prodak dari sebuah perusahaan.

Konsep konsumen ini juga membuat perusahaan untuk melakukan atau menyusun strategi dalam hal menarik minat atau daya beli konsumen. Selain itu perlindungan terhadap hak – hak konsumen dan perusahaan dalam hal melakukan penjualan atau pembelian dibahasas dalam konsep ini. (Baca juga mengenai konsep manusia dalam psikologi kognitif)

ads

3. Konsep Perilaku Organisasi

Konsep berkutnya adalah konsep perilaku organisasi. Adapun konsep yang satu ini adalah sebuah konsep psikologi dalam perkembangan industri yang membahas mengenai tingkah laku manusia atau indvidu yang ada dalam sebuah organisasi baik secara individu maupun secara kelompok. Konsep perilaku organisasi ini juga berperan dalam hal meningkatkan performa kerja setiap individu dalam sebuah organisasi. (Baca juga mengenai konsep manusia dalam psikologi komunikasi)

4. Konsep Kesehatan Dan Keselamatan Kerja

Konsep lainnya yang tidak kalah penting yang harus ada dalam sebuah perusahaan adalah konsep kesehatan dan keselamatan kerja. Konsep psikologi yang satu ini membahas mengenai dan keselamatan kerja yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja setiap individu yang ada dalam organisasi tersebut. Selain peningkatan kinerja, kesehatan dan keselamatan kerja setiap indvidu merupakan salah satu kategori yang harus diperhatikan dalam sebuah perusahaan. (Baca juga mengenai konsep belajar dalam psikologi pendidikan)

5. Konsep Analisis Jabatan

Konsep berikutnya yang ada dalam konsep psikologi dalam perkembangan industri adalah konsep analisis jabatan. Konsep yang satu ini merupakan konsep yang penting peranananya dalam perkembangan industri, pasalnya sebuah industri atau perusahaan tidaklah akan bisa berkembang apabila jabatan atau posisi –  posisi penting dalam sebuah perusahaan tidak di tempati atau dimiliki oleh seseorang yang tepat.

Sebuah jabatan yang tepat haruslah di pegang oleh ornag yang tepat pula, jangan sampi salah orang dalam menentukan jabatan, karena jabatan karyawan yang tepat akan menentukan masa depan sebuah organisai atau perusahaan. Konsep ini memberikan analisis jabatan dengan mempelajari susunan deskripsi serta spesifikasi jabatan dari setiap pekerjaan dan setiap posisi dalam sebuah organisai.

6. Konsep Ergonomi

Adapun konsep yang satu ini adalah sebuah konsep yang mempelajari atau membahas mengenai bagaimana interaksi antara manusia dan mesin di tempat kerja dan bagaimana menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja. (Baca juga mengenai konsep diri pada psikologi komunikasi)

7. Konsep Sumber Daya Manusia

Tidak jauh berbeda dari konsep kepersonaliaan, konsep yang satu ini merupakan konsep yang membahas mengenai prose pengembangan manusia baik secara individu, kelompok maupun organisasi. Pengembangan dalam hal ini membahas mengenai pengembangan seorang karyawan dalam semua aspek dalam  ketenaga kerjaanya ya sobat.

Dengan melihat peranan konsep psikologi seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa psikologi berperan dalam semua aspek  individual yang berhubungan dengan pekerjaan, organisasi ataupun perkembangan sebuah industri.

Untuk itulah mempelajari ilmu psikologi ini adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan selain untuk menambah wawasan juga untuk menjadikan anda lebih peka dan peduli terhadap keadaan sekeliling anda secara global dan dalam setiap aspek.

Sponsors Link

Oke sobat, sampai disini dulu pembahasan mengenai konsep psikologi dalam perkembangan industri yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. Penulis berharap tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua. Sampai ketemu diartikel selanjutnya, salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , ,