Sponsors Link

11 Manfaat Senam Irama untuk Fisik Mental dan Sosial

Sponsors Link

Senam dengan latar lagu atau yang juga dikenal dengan nama senam irama merupakan salah satu jenis olahraga senam yang menggunakan irama atau lagu dalam setiap gerakan senamnya. Setiap gerakan senam dalam senam irama sudah didesain sedemikian rupa hingga menghasilkan gerakan senam yang indah dan tertata rapi sesuai

ads

dengan irama atau lagu sebagai pengiringnya. Senam irama ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa menggunakan alat sesuai dengan kebutuhan masing masing. Lalu mengapa harus melakukannya? Nah, untuk menambah pengetahuan pembaca semua, berikut 11 Manfaat Senam Irama untuk Fisik Mental dan Sosial.

1. Membakar lemak dan kalori

Seperti senam lainnya, dalam manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial pun memiliki gerakan senam pemanasan dan pendinginan yang sangat penting. Dalam setiap gerakan senamnya ini harus menggunakan keluwesan serta keseimbangan fisik supaya gerakan senamnya bisa indah dan lentur. Namun tidak jarang dalam gerakan senamnya (Baca juga mengenai terapi musik untuk gangguan mental)

juga membutuhkan kelincahan dari para pesenam sesuai dengan irama lagu yang mengirinya. Dengan melakukan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial ini bisa membantu membakar kalori dan lemak yang berlebihan dalam fisik karena fisik selalu bergerak dan hampir tidak terputus dari gerakan senam satu ke gerakan senam lainnya. (Baca juga mengenai manfaat mental training menurut psikologi)

2. Membantu menurunkan berat badan

Sebenarnya semua jenis senam sangat baik dalam proses menurunkan berat badan termasuk manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial. Terlebih lagi manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial harus membutuhkan gerakan senam yang lincah, (Baca juga mengenai manfaat pembinaan mental bagi atlet)

lentur namun tetap lembut sehingga berat badan para pesenam memang harus dijaga supaya tetap seimbang. Gerakan senamnya ini akan memicu penurunan berat badan namun akan membuat fisik menjadi ideal alias tidak kurus dan tidak gemuk. (Baca juga mengenai bahaya gangguan mental)

3. Memperbaiki bentuk fisik

Karena gerakan senamnya yang sangat luwes dan lincah, maka orang yang melakukan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial ini biasanya akan memiliki bentuk fisik yang langsing yang banyak menjadi idaman banyak orang. (Baca juga mengenai gangguan mental mayor pada kehamilan)

Hal ini dikarenakan otot otot fisik menjadi lebih kencang terutama pada bagian perut, paha, lengan dan pinggul. Bentuk badan yang proporsional ini akan menunjang penampilan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial merupakan jenis senam dimana dalam setiap gerakan senamnya akan mengikuti irama lagu yang mengirinya. Ini berarti jika lagu pelan maka gerakan senam akan menjadi pelan yang diikuti dengan gerakan senam yang mengandalkan keluwesan fisik serta keseimbangan yang cukup. namun jika irama lagu cukup cepat maka akan membuat gerakan senam juga menjadi lincah.


Hal ini ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung karena gerakan senamnya seimbang antara pelan dan cepat. Jantung akan memompa darah lebih cepat jika gerakan senam lincah dan sebaliknya. oleh karena itu biasanya orang yang melakukan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial akan memiliki kesehatan jantung yang baik.

5. Menyeimbangkan fisik

Beberapa bagian organ fisik yang kurang seimbang juga bisa diperbaiki dengan melakukan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial ini. manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial dengan irama lagu sebagai pengiringnya akan membuat gerakan senam yang terstruktur sehingga fisik menjadi lebih seimbang.

6. Menyehatkan mental

Manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial bukanlah senam pada umumnya namun harus menghayati irama lagu yang mengiringi senam supaya gerakan senam bisa luwes dan seimbang. Oleh karena itu lagu juga akan membuat mental menjadi lebih sehat dan siap karena memiliki efek relaksasi.

7. Kesehatan dan kebugaran

Melalui manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial, kekuatan otot, fleksibilitas serta koordinasi tangan mata dapat dikembangkan. Selain itu, melalui setiap gerakan senam, denyut jantung meningkat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial menjadikan tubuh lebih bugar dan mencegah berbagai penyakit dan kondisi kesehatan seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung.

8. Percaya diri dan harga diri

Jika memiliki masalah dengan kepercayaan diri dan harga diri, manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial dapat membantu. Ketika individu menguasai teknik dan gerakan senam, dia pasti akan merasa bahagia dan percaya diri.

9. Interaksi sosial dan dinamika kelompok

Melakukan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial adalah cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan sosial. Olahraga ini melibatkan interaksi sosial dan dinamika kelompok dalam melakukan urutan gerak senam.

10. Perkembangan otak

Seperti disebutkan sebelumnya, dengan senam, pikiran berkoordinasi dengan tubuh untuk melakukan gerakan senam. Ini adalah stimulus sensori yang sangat baik yang akan melibatkan dalam pembelajaran aktif.  Sama seperti olahraga lainnya, manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial mendorong gaya hidup aktif, yang sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran. Selalu ingat bahwa tanpa gaya hidup aktif, individu akan lebih berisiko terkena penyakit.

11. Membuat perasaan jauh lebih bahagia

Manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial tak hanya baik untuk kesehatan tubuh Sobat. Lebih dari itu, manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial juga bisa membuat perasaan sobat menjadi bahagia. Peneliti dari University of Vermont menemukan bahwa dengan bermanfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial hanya 20 menit

dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam. Bermanfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial bisa mempengaruhi kondisi mental sobat ketika dalam suasana hati yang buruk. Saat sedih, biasanya orang justru melakukan kegiatan yang tidak sehat, seperti merokok, makan berlebihan, atau minum alkohol. Orang yang aktif melakukan latihan fisik,

merasa lebih bahagia dalam hidupnya. Mengapa? Karena bermanfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan dan baik untuk otak Sobat. Kemudian, manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh.


Manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial terbukti sebagai obat untuk mengatasi depresi dan rasa cemas. Sobat yang bermanfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial 30 sd 60 menit tiga atau lima hari dalam seminggu akan memiliki jiwa yang sehat berdasarkan penelitian US Departement of Health and Human Services. Peneliti menunjukkan, berjalan jarak dekat sekalipun bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi