Sponsors Link

10 Pendekatan Psikologi Dalam Pengembangan Diri Secara Umum

Sponsors Link

Masih membahas  mengenai psikologi nih sobat, namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah mengenai pendekatan psikologi dalam manajemen diri. Nah sobat semua apakah sobat sebelumnya sudah mengerti apa itu psikologi dan apa itu manajemen diri? Jika belum mengerti atau ingin menambha pengertian anda terhadap psikologi dan manajemen diri tersebut, mari kita simak ulasan berikut ini sobat agar wawasan dan informasi anda bertambah mengenai hal tersebut.

ads

Jika berbicara mengenai psikologi, mungkin tidak semua orang memahaminya, sekalipun psikologi tersebut seyogianya menyangkut semua aspek dalam kehidupan sehari –  harinya. Adapun yag dimaksud dengan psikologi adalah sebuah cabang dari ilmu pengetahuan yan mempelajari tentang perilaku, sikap, kejiwaan, mental serta hubungan seseorang dalam hubungan atau lingkungan sosialnya.

Sedangkan manajemen diri merupakan suatu cara atau metode yang dapat digunakan untuk mengatur diri anda sendiri berdasarakan perilaku, perasaan dan pikiran yang dibuat secara sistematis untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan. Manajemen diri ini juga mampu mengubah diri seseorang atau individu yang tadinya kacau ataupun tidak terkontrol menjadi lebih tertata sehingga akan membantu memperbaiki diri anda.

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, bahwasanya dalam kehodupan kita sehari –  harinya, bidang psikologi ini memang mempunyai peranan penting dalam menilai kepribadian seseorang untuk menentukan bagaimana sifat dan perilaku dari seseorang.

Namun, banyak orang yang menganggap bahwa bidang psikologi ini hanyalah sebuah media untuk memberkan solusi bagi mereka yang memiliki gangguan mental atau kejiwaan dan yang sejenisnya. Padahal anggapan tersebut salah ya sobat, karena sesungguhya psikologi tersebut sangatlah kita butuhkan dalam setiap aspek kehidupan kita. Salah satunya adalah terhadap manajemen diri. Untuk lebih jelasnya beriktut ini pendekatan psikologi dalam manajemen diri. Check It Out !

1. Pendekatan Secara Fungsional

Pendekatan yang pertama yang digunakan psikologi dalam manajemen diri adalah pendekatan secara fungsional. Pendekatan ini digunakan untuk membantu memahami dalam proses manajemen diri seseorang melalui wadah dan runag lingkup agama ( keyakinan ) guna untuk mengetahui seberapa besar agama mempengaruhi perilaku –  perilaku yang telah dilakukan oleh seseorang setiap harinya. Baca juga mengenai manfaat psikologi manajemen dalam organisasi.

2. Pendekatan Psikologi Melalui Lingkungan Sekitarnya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, lingkungan merupakan hal yang sangat menentukan bagaimana perkembangan pola pikir dan perilaku diri kita sendiri maupun orang lain. Lingkungan ini sendiri mempunyai peran aktif  dalam memberi warna pribadi masing – masing individu. Baca juga mengenai peran psikologi dalam manajemen sumber daya manusia.

3. Pendekatan Secara Struktural

Adapun pendekatan yang satu ini adalah pendekatan yang dilakukan dengan memfokuskan pengamatan dalam pemahaman mengenai pengalaman yang pernah dialami diri sendiri berdasarakan pada kategori jenis dan juga tingkatan suatu peristiwa sehingga dengan mudah bisa milah –  milahnya. Selain itu, sudut pandang pengalaman diri bsa digunalan sebagaia media untuk mengatasi kondisi psikologi diri ataupun orang lain. Baca juga mengenai manajemen konflik dalam psikologi komunikasi.


4. Pendekatan Psikologi Melalui Teman Sepermainan

Teman juga bisa anda gunakan sebagai wadah untuk memperbaiki diir khususnya pada psikologi anda. Teman yang memang cenderung suka berperilaku buruk, akan sangat mempengaruhi pikiran dan jiwa dan pikiran anda, apalagi sampai ke tahap bullying. Untuk itu sobat bisa saja anda berteman dengan semua orang, namun sebaiknya carilah teman atau sahabat yang membawa dampak baik bagi sisi psikologi anda. Baca juga mengenai pendekatan psikologi dalam manajemen diri.

5. Pendekatan Psikologi Melalui Orang Tua

Seharunsya orang tua dan anak seyogianya haruslah memiliki hubungan yang baik diantara keduanya. Dengan demikian orang tua bisa memantau perkembangan anak – anaknya, baik perkembangan secara fisik maupun secara psikis.

Namun pada kenyataanya banyak sekali orang tua yang hanya sibuk mengurusi pekerjaannya sehingga kurang memperhatikan kebutuhan jasmani dan rohani anaknya, nah sobat yang sudah menjadi orang tua hal seperti ini sangatlah berpengaruh pada perkembangan psikologi anak anda nantinya. Anda boleh saja sibuk dengan dunia anda, namun anda tidak boleh lupa dengan tanggunng jawab anda sebagai orang tua.

6. Pendekatan Psikologi Melalui Kondisi Spiritual

Pendekatan yang satu ini merupakan pendekatan antara seorang individu dengan sang penciptanya, atau dengan kata lain pendekatan seornag hamba dengan Tuhannya. Pendekatan yang satu ini juga bisa anda gunakan sebagai salah satu pendekatan dalam manajemen diri.

Hal ini berpengaruh dalam manajemen diri karena sesungguhnya apabila seseorang lebih dekat dengan Tuhannya, maka dia akan bisa lebih tenang dan tentram baik jasmani maupun rohaninya. Nah jasmani yang seperti ini akan berdampak pada sisi psikologinya juga yang bisa terkendalikan dengan baik. Baca juga mengenai macam macam intervensi dalam psikologi.

7. Pendekatan Psikologi Melalui Guru Pengajar

Nah  sobat semua, guru juga bisa anda gunakan sebagai sarana atau wadah untuk mengontrol piskologi diri anda. Pengarahan dari seorang guru yang dberikan setiap hari kepada anak didiknya bisa menjadi sarana untuk merangsang perkembangan psikologi anak menjadi lebih baik, tentunya dengan arahan yang baik juga dari guru pengajarnya.

8. Pendekatan Psikologi Melalui Metode  Psiko Analisis

Adapun pendekatan yang satu ini merupakan pendekatan dalam manjemen diri dengan menggunakan atau memanfaatkan  metode dengan sebuah media atau wadah seperti agama yang mempunyai peran penting dalam memengaruhi kepribadian diri sendiri dan orang lain.

9. Pendekatan Psikologi Melalui Perilaku Dan Tindakan

Adapun pendekatan yang satu ini adalah dilakukan dengan cara mengamati, memperhatikan dan mengetahui perilaku serta tindakan diri kita sehari –  harinya. Dengan demikian, faktor tersebut sudah bisa digunakan sebagai ukuran dalam hal menentukan kondisi psikologi diri. Untuk tu salah satu cata yang digunaakan adalah dengan memperbaiki pribadi seseorang tersebut.

10. Pendekatan Psikologi Melalui Ahli Agama

Pendekatan yang lainnya yang bisa anda gunakan dalam manajemen diri adalah dengan menggunakan ahli agama. Kesulitan melakukan penanganan terhadap pribadi seseorang, biasanya banyak orang yang meminta bantuan pemuka atau ahli agama agar mengajarakan norma –  norma yang baik sehingga hatinya , akhlaknya lebih baik dari yang sebelumnya.

Itulah pendekatan psikologi dalam manjamen diri yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan informasi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, dan salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,