Sponsors Link

10 Manfaat Ruqyah untuk Mental

Sponsors Link

Ruqyah mungkin merupakan kata yang asing bagi sebagian orang, terapi ruqyah berhubungan dengan suatu tindakan dalam agama islam. Terapi ruqyah adalah metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu pada orang yang sakit akibat dari hal hal khusus seperti sengatan hewan, sihir, rasa sakit, gila, kerasukan dan gangguan jin.

ads

Pengertian terapi ruqyah secara terminologi adalah sebuah perlindungan yang digunakan untuk melindungi orang yang terkena penyakit, seperti panas karena disengat binatang, kesurupan, dan yang lainnya. Terapi ruqyah terkadang disebut pula dengan ‘azimah (azimat). Terapi ruqyah yaitu ayat ayat Al Qur`an yang dibacakan terhadap orang orang yang terkena berbagai penyakit dengan mengharap kesembuhan.

Sedangkan makna terapi ruqyah secara etimologi syariat adalah doa dan bacaan bacaan yang mengandung permintaan tolong dan perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mencegah atau mengobati bala dan penyakit.

Terkadang doa atau bacaan itu disertai dengan sebuah tiupan dari mulut ke kedua telapak tangan atau anggota tubuh orang yang meterapi ruqyah atau yang diterapi ruqyah. Tentunya terapi ruqyah yang paling utama adalah doa dan bacaan yang bersumber dari kitab suci agama islam Al Qur’an dan sumber syariat islam lain. Berikut 10 Manfaat Ruqyah untuk Mental.

1. Terapi ruqyah dapat Mengobati Kasus Depresi

Dalam konteks pengobatan, Al Qur’an terbukti secara ilmiah dapat dimanfaatkan sebagai metode terapi pengobatan untuk keluhan penyakit fisik maupun psikologis. Sebagaimana dengan riwayat bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam pernah meterapi ruqyah seseorang yang mengalami sakit mental dan berhasil sembuh. (Baca juga mengenai manfaat yoga untuk jiwa)

Terapi ruqyah yang dilkukan dengan tahapan sharing terlebih dahulu yakni untuk mengetahui keluahan apa yang selama ini dirasakan dan bagaimana kebiasaan sehari hari yang dilakukan yang tentunya berhubungan dengan masalah mental yang terjadi, dengan demikian mental akan terasa lebih tenang karena segala beban tersampaikan sekaligus mendapat solusi atas beban tersebut. (Baca juga mengenai bahaya instagram untuk mental)

2. Menstimulasi Otak dengan Gelombang/ Frekuensi yang Keluar Dari Bacaan Terapi ruqyah

Apapun yang berada pada diri manusia yakni dari suara dan apa yang dilihat tentu berpengaruh ke otak dan mempengaruhi mental seseorang, dengan terapi ruqyah, orang tersebut akan mendapat stimulasi berupa makna makna positif (Baca juga mengenai terapi musik untuk gangguan mental)

dari bacaan Al Qur’an sehingga otak juga akan memberi respon positif dan bersifat seperti detox yang membuang segala penyakit baik itu yang berhubungan dengan mental atau hati dan penyakit fisik. (Baca juga mengenai manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial)

3. Bacaan Al Qur’an Mempengaruhi dan Memperbaiki Sel Sel Syaraf

Syaraf tentu berhubungan dengan mental, dengan yaraf yang sehat, otak akan mampu untuk berfikir positif dengan lebih baik sehingga dapat memandang segala sesuatu dari sisi positif dan mencegah serta menyembuhkan segala penyakit mental atau penyakit psikologis. (Baca juga mengenai manfaat pembinaan mental bagi atlet)


4. Al Qur’an Mempengaruhi  Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kesehata mental atau kesehatan psikologi seseorang, dengan terapi ruqyah, maka metabolisme tubuh akan lebih baik karena berhubungan dengan respon otak yang positif sehingga seluruh tubuh juga memiliki respon positif akibat dikendalikan oleh otak, sebab itu umumnya akan lebih mampu menenangkan diri dan mengatur sikapnya dalam segala urusan sehari hari.

5. Bacaan Al Qur’an dapat Mengeluarkan Energi Negatif dalam Tubuh

Dalam islam, terdapat beberapa hal yang menyebabkan energi negatif, seperti sifat atau kebiasaan yang buruk, iman yang kurang, kejahatan di masa lalu, atau gangguan dari makhluk gaib, energi negatif tersebut dapat dikeluarkan dengan terapi ruqyah sehingga ketenangan mental dapat dirasakan dan tubuh memiliki energi yang positif.

6. Mengeluarkan Jin (Evil Spirit) di Dalam Tubuh yang Mempengaruhi Fisik dan Emosi

Jika seseorang sering bersikap aneh secara emosi dan tindakan, sering sakit padahal secara kesehatan tidak terlihat adanya penyakit apapun, bisa jadi hal tersebut adalah gangguan dari jin yang jahat dan mengganggu seseorang tersebut,

jin tersebut pun menguasainya dan membuat fisik dan emosi berantakan karena memang tujuannya untuk menyesatkan manusia. Terapi ruqyah dapat dilakukan dengan mengeluarkan jin yang jahat tersebut sebab jin jahat takut pada bacaan Al Qur’an sehingga orang tersebut bebas dari gangguan jin dan memiliki ketenangan mental.

7. Mengurangi Stres

Membaca doa doa dari ayat Alquran dan dzikir dapat membantu menenangkan mental, termasuk menghilangkan stres dan despresi. Membaca doa tidak harus lewat terapi ruqyah. Saat sobat sedang sendirian dianjurkan untuk memperbanyak bacaan doa agar hati lebih tenang.

8. Mengendalikan Emosi

Membaca doa dan dzikir juga bisa mengendalikan emosi. Ada banyak faktor yang menjadikan seseorang ingin marah, seperti tekanan dari orang orang disekitar, rasa sedih berlebihan ataupun karena godaan setan. Nah, untuk menghilangkan emosi tersebut cara terampuh lewat membaca doa dan berdzikir kepada Allah Ta’ala. Setelah dibacakan doa doa, biasanya hati orang yang diterapi ruqyah akan menjadi lebih tenang dan damai. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh setan sudah tidak ada.

9. Menguatkan Iman

Dengan mengalami sendiri ketika melakukan terapi ruqyah dan mendapatkan ketenangan darinya, maka iman seseorang yang melakukan atau mendapat terapi ruqyah tersebut tentunya akan bertambah, hal itu juga akan berpengaruh terhadap mentalnya dimana orang yang memiliki iman kuat akan mampu melakukan segala hal sesuai dengan ajaran kebaikan agama dan jauh dari segala keburukan.

Apabila senantiasa berdzikir yang merupakan salah satu tahapan ruqyah kepada Allah Ta’ala, maka Allah akan memberikan kekuatan. Bukan berarti kekuatan yang ajaib. Namun pertahanan diri menjadi lebih sehat, tidak mudah terjerat godaan setan dan terhindar dari kesesatan. Manfaat ruqyah juga dapat dirasakan ketika sedang berada dalam ujian dari Allah SWT. Dengan berdzikir, merasa mendapatkan kekuatan untuk lulus dari ujian Nya.

10. Menjauhkan dari Gangguan Mental

Gangguan mental dapat terjadi karena kurangnya iman sehingga tidak memiliki patokan jelas dalam segala urusan yang dilakukan, hati menjadi tidak tenang dan mudah merasa kesusahan, seperti ketika terkena beban atau menjalani


masalah, begitu mudah untuk merasa stres dan tidak mengetahui kemana atau bagaimana yang harus dilakukan, terapi ruqyah akan menghilangkan hal tersebut sehingga gangguan mental yang dialami sembuh dan memiliki mental serta kondisi psikologi yang sehat.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan bermanfaat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi