Sponsors Link

12 Bahaya Instagram untuk Mental

Sponsors Link

Dari sederet media sosial, termasuk Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Snapchat, Instagram memiliki reputasi terburuk. Dalam artian, yang paling memberi dampak terhadap munculnya kecemasan, depresi, serta bullying di dunia maya. Tudingan terhadap Instagram itu bukan isapan jempol. Peneliti telah melakukan survei #StatusOfMind,

ads

yang mengumpulkan jawaban dari 1.479 anak muda usia 14 hingga 24 tahun dari seluruh Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Survei dilakukan pada Februari hingga Mei tahun 2017, dengan meminta untuk memberi skor positif dan negatif terhadap platform bahaya instagram untuk mental. Berikut selengkapnya mengenai 12 Bahaya Instagram untuk Mental.

1. Membuat Kecanduan

Sebetulnya tidak semua individu yang main bahaya instagram untuk mental akan otomatis menjadi pecansu. Para ahli sendiri masih terus meneliti proses perubahan perilaku individu ketika main bahaya instagram untuk mental. Sebuah penelitian dari Nottingham Trent University berusaha mengamati efek bahaya instagram untuk mental dari sisi perilaku penggunanya. (Baca juga mengenai manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial)

Singkatnya, peneliti menyimpulkan bahwa individu dikatakan kecanduan main bahaya instagram untuk mental bila mereka sudah sampai tahap mengabaikan kepentingan pribadi, keasyikan untuk terus scrolling, memberikan rasa senang sesaat, (Baca juga mengenai terapi musik untuk gangguan mental)

dan bahkan mereka jadi kehilangan minat untuk bergaul dalam dunia nyata. Sejumlah 6 dari 10 individu yang main bahaya instagram untuk mental rata rata menjadi candu dan tak tahan untuk tidak membuka bahaya instagram untuk mentalnya setiap waktu. (Baca juga mengenai gangguan mental mayor pada kehamilan)

2. Lebih Banyak Membuat Sedih Daripada Rasa Senang

Semakin banyak Sobat menggunakan mediaa Instagram, Sobat justru semakin jauh dari rasa bahagia sesungguhnya. Mengapa demikian? Sebuah studi menemukan bahwa efek bahaya instagram untuk mental bisa membuat individu jadi tidak puas dalam kehidupan nyata yang sedang dijalaninya. (Baca juga mengenai manfaat yoga untuk jiwa)

Ini terjadi karena semakin ke sini, bahaya instagram untuk mental semakin menjadi ajang untuk pamer. Tak jarang, seindividu yang kena efek bahaya instagram untuk mental jadi sering membandingkan hidupnya dengan hidup individu lain. (Baca juga mengenai gangguan mental minor dalam kehamilan trimester 1)

Studi lain juga melihat sebetulnya apa motivasi individu untuk mengunggah sesuatu di bahaya instagram untuk mental. Ternyata, menurut studi tersebut kebanyakan individu mengunggah foto, video, atau teks dengan tujuan membuat diri sendiri tampak lebih baik daripada individu individu lainnya.

3. Banyak Teman di Instagram Tidak Menjamin Apapun

Beberapa tahun yang lalu, sebuah penelitian menemukan bahwa punya banyak teman atau followers di bahaya instagram untuk mental tidak selalu berarti Sobat memiliki kehidupan sosial yang lebih baik juga. Efek bahaya instagram untuk mental yang satu ini erat


kaitannya dengan kesepian di dunia nyata, berbanding terbalik dengan banyaknya teman yang didapatkan di bahaya instagram untuk mental. Belum tentu ketika Sobat punya banyak teman di bahaya instagram untuk mental Sobat tidak akan merasa sepi. Kesepian sendiri bisa menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kematian lebih cepat.

4. Merusak Kesehatan

Menggunakan bahaya instagram untuk mental terlalu sering bukan hanya membuat mental jadi terganggu, kesehatan fisik pun bisa ikut terganggu. Efek bahaya instagram untuk mental bisa membuat pola tidur jadi terganggu.

Kebanyakan individu jadi melihat layar handphone yang terang di kasur sebelum mereka tidur. Ini menyebabkan otak jadi sulit melepaskan hormon tidur, melatonin, yang membantu otak membaca sinyal mengantuk. Sebuah studi tahun 2014 meneliti individu dewasa berusia 19 sampai 32 tahun di Amerika Serikat yang gemar main bahaya instagram untuk mental

seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Hasilnya ditemukan bahwa 57 persen dari peserta penelitian ini melaporkan mengalami gangguan tidur sebagai efek bahaya instagram untuk mental yang tidak langsung. Kurang tidur bisa meningkatkan risiko kelelahan, bahkan kanker hati.

5. Masalah Harga Diri

Bahaya instagram untuk mental dapat membuat individu membandingkan dirinya dengan individu lain hanya melalui sebuah foto. Individu bisa merasa hidupnya tidak sebahagia individu lain. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menyatakan banyak individu yang mengalami “kecemburuan instagram” lantaran melihat aktifitas temannya yang dibagikan.

6. Sulit Berkomunikasi dengan Individu Lain

Bahaya instagram untuk mental tanpa sadar membuat individu hanya terpaku pada layar handphonenya. Dirinya bahkan bisa merasa kesulitan untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan pribadi dengan individu lain. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa menggunakan bahaya instagram untuk mental secara teratur berdampak negatif pada kesejahteraan individu.

7. Mengubah Cara Mengingat

Bahaya Instagram untuk mental bisa dimanfaatkan untuk mengingat kembali kenangan dan peristiwa di masa lalu. Akan tetapi dengan melihatnya, individu bukannya mengingat hal yang penting malah mempermasalahkan hal sepele. Contoh, ketika melihat hasil foto yang kurang bagus individu malah mengingat caranya mengambil gambar dan mempermasalahkan teknik pengambilan yang membuat foto terlihat kurang sempurna.

8. Mempengaruhi Waktu Tidur

Bahaya instagram untuk mental membuat individu cenderung menghabiskan waktu untuk bermain ponsel sebelum tidur. Hal itu dapat menimbulkan masalah karena menyebabkan kecemasan atau iri hati berdasarkan hal yang dilihat di bahaya instagram untuk mental. Kondisi itu membuat otak waspada sehingga tidak kunjung tertidur. Kalaupun tertidur akan memengaruhi kualitasnya karena sebelumnya telah memikirkan hal hal negatif.

9. Menimbulkan Perasaan Negatif

Bahaya instagram untuk mental telah terbukti menyebabkan ketidakbahagiaan, kecemasan, atau depresi ketika digunakan terlalu banyak atau tanpa hati hati. Dalam sebuah survei dikatakan bila bahaya instagram untuk mental membuat individu merasa cemas, sedih, atau tertekan.

10. Berhubungan dengan Harapan

Instagram menjebak pengguna memiliki harapan yang tidak realistis, perasaan tidak mampu, dan rendahnya harga diri.

11. Membuat Individu Pesimis

Konten yang diunggah di Instagram, pada umumnya berbasis foto. Tak sedikit di antaranya, memamerkan kemolekan fisik. Masalah terjadi ketika pengguna tak memiliki penampilan menarik seperti yang dilihat di bahaya instagram untuk mental. Hal inilah yang menyebabkan Instagram menerima skor terburuk, terutama untuk kategori citra tubuh.


12. Ajang Pamer Kesempurnaan yang Kadang Tak Nyata

Seperti ditulis salah satu responden survei, “Instagram dengan mudah membuat perempuan dan wanita merasa seolah olah tubuh mereka tidak cukup baik, karena individu individu menambahkan filter dan mengedit gambar mereka agar terlihat sempurna.”

Sementara itu responden lain mengaku, “Melihat teman teman terus menerus berlibur atau menikmati malam mereka, dapat membuat individu muda merasa seperti ‘hilang’, sementara yang lainnya menikmati hidup.”

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi