Sponsors Link

12 Kegunaan Psikologi dalam Ilmu Terapan

Sponsors Link

Bidang psikologi dalam ilmu terapan ini merupakan terapan ilmu kegunaan psikologi di dalam bidang ilmu lainnya. Konsep kunci di dalam bidang terapan ini adalah konsep pempsikisan. Sejalan dengan itu, kompetensi yang menjadi sasaran program tertentu, berikut 12 Kegunaan Psikologi dalam Ilmu Terapan selengkapnya.

ads

1. Identifikasi Suatu Masalah dalam Ilmu Terapan

Yakni bermanfaat untuk dapat melakukan kegunaan psikologi dalam ilmu terapan terutama untuk pengidentifikasian sesuatu sehingga mampu memberikan rekomendasi mulai dari saran sampai perancangan aktivitas (misalnya dalam bentuk rencana). Bentuk kegunaan psikologi dalam ilmu terapan yang digunakan antara lain survey ,deskripsi dan penelaahan suatu masalah di masyarakat Indonesia. (Baca juga mengenai perbedaan bakat dan minat dalam psikologi)

2. Memahami Beragam Bidang Ilmu Terapan

  • Bermanfaat untuk mengenali dan memahami sesuatu dalam berbagai bidang serta sesuatu yang berkembang di dalamnya.
  • Bermanfaat untuk dapat menganalisis sesuatu berbagai bidang (dikaitkan dengan persepsi psikis sebagai dasar pemikirannya). (Baca juga mengenaiperbedaan motif dan motivasi dalam psikologi)
  • Bermanfaat untuk mengadministrasikan tes yang meliputi bermanfaat untuk memberikan instruksi dan skoring dalam tes kelompok sebatas untuk dapat mengindentifikasi sesuatu.
  • Bermanfaat untuk mengenali alat tes di ruang lingkup kegunaan ilmu psikologi Ilmu terapan

3. Mengetahui Respon

Para ahli kegunaan ilmu psikologi ilmu terapan pada umumnya berkeyakinan bahwa misalnya dua orang orang (yang kembar sekalipun) tidak pernah memiliki respons yang sama persis terhadap situasi psikis kehidupan di masyarakat. (Baca juga mengenai perbedaan takut dan cemas dalam psikologi)

Keduanya sangat mungkin berbeda dalam hal pembawaan, kematangan, jasmani. inteligensi, dan keterampilan motoriknya. Orang orang itu seperti orang orang yang lainnya. Relatif berbeda dalam berkepribadian sebagaimana tampak dalam penampilan dan cara berpikir atau memecahkan sesuatu mereka masing masing.

4. Sebagai Dasar Pengetahuan

Para psikolog, khususnya psikolog masyarakat sangat diharapkan memiliki pengetahuan kegunaan ilmu psikologi dan ilmu terapan yang sangat memadai agar dapat memberi tahu seseorang melalui proses psikis kehidupan yang efektif dan efisien. (Baca juga mengenai perbedaan sikap dan perilaku dalam psikologi)

Pengetahuan mengenai kegunaan ilmu psikologi ilmu terapan bagi para psikolog berperan penting dalam menyelenggarakan ilmu terapan ilmu terapan di masyarakat­ masyarakat. Hal itu disebabkan oleh eratnya hubungan kegunaan ilmu psikologi khusus tersebut dengan ilmu terapan, secara metodik dengan kegiatan masyarakat.

5. Wajib Dipahami Psikolog di Berbagai Bidang

Pengetahuan yang bersifat kegunaan ilmu psikologis mengenai anggota masyarakat dalam proses psikis dan proses kehidupan sesungguhnya  tidak hanya diperlukan oleh calon psikolog atau psikolog yang sedang bertugas. Para dosen di universitas tinggi pun bahkan para orang tua, mereka perlu tahu sekaligus memahami dengan benar apa dan bagaimana kegunaan ilmu psikologi ilmu terapan itu. (Baca juga mengenai makna hujan dalam psikologi)


6. Memahami Kehidupan Masyarakat

Berbeda dengan kegunaan ilmu psikologi ilmu terapan, kegunaan ilmu psikologi masyarakat lebih menekankan aspek aspek penyajian materi kehidupan dan komunikasi antara psikolog psikolog dengan orang orang dalam proses instruksional dan proses psikis kehidupan.

Kegunaan ilmu psikologi ilmu terapan adalah pengetahuan terapan yang didasarkan atas hasil ­hasil temuan riset kegunaan ilmu psikologis. Hasil hasil temuan riset kegunaan ilmu psikologis tersebut kemudian dirumuskan sedemikian rupa sehingga menjadi konsep konsep, persepsi psikis persepsi psikis, dan metode metode serta strategi­ trategi yang utuh.

7. Menjadikan Praktik Sistematis

Konsep, persepsi psikis, metode. dan strategi tersebut kemudian disistematisasikan sedemikian rupa hingga menjadi “repertoire ofresource”, yakni rangkaian sumber yang berisi pendekatan yang dapat dipilih dan digunakan untuk praktik praktik keilmu terapan khususnya dalam proses psikis kehidupan.

Para ahli kegunaan ilmu psikologi melakukan riset tingkah laku manusia berdasarkan metodologi ilmiah. Mereka menarik kesimpulan dan merumuskan persepsi psikis persepsi psikis dan perkiraan berdasarkan temuan riset ilmiah itu. Namun, harus diakui antara satu persepsi psikis dengan persepsi psikis yang lainnya sering muncul banyak pertentangan.

8. Berhubungan dengan Psikis Seseorang

Sebagai calon psikolog, atau pun psikolog yang sedang bertugas di suatu lembaga ilmu terapan, tidak perlu memandang kegunaan ilmu psikologi ilmu terapan sebagai satu satunya gudang penyimpanan respon respon yang benar dan pasti atas masalah masalah keilmu terapan yang dihadapi.

Namun sebaliknya, tetap perlu tahu bahwa dalam kegunaan ilmu psikologi dan ilmu terapan terdapat serangkaian informasi tentang persepsi psikis, praktik psikis kehidupan, dan semua hal juga tentang psikolog dan seseorang. Secara terapan kegunaan ilmu psikologi berasal dari bahasa Yunani,

yakni psyche yang berarti jiwa atau roh dan logos yang berarti ilmu. Di lihat secara terapan kegunaan ilmu psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu tentang jiwa atau roh. Definisi inilah yang dijadikan pegangan dan diyakini masyarakat selama berabad abad.

9. Studi yang Sistematis

Kegunaan ilmu psikologi ilmu terapan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan penyebab penyebab yang berhubungan dengan ilmu terapan. Sedangkan ilmu terapan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui perilaku perilaku psikis.

10. Bermanfaat untuk Mengetahui Dasar Kepentingan Seseorang

Seluruh kegiatan interaksi ilmu terapan diciptakan bagi kepentingan seseorang, yaitu membantu pengembangan semua potensi dan kecakapan yang dimiliki setinggi tingginya. Sehubungan dengan hal itu maka hal hal yang berkaitan dengan perkembangan, potensi dan kecakapan, dinamika perilaku, serta kegiatan seseorang terutama perilaku psikis menjadi kajian utama dalam kegunaan ilmu psikologi dalam ilmu terapan.

11. Sebagai Konsep Kunci

Kegunaan ilmu psikologi ini merupakan terapan ilmu kegunaan ilmu psikologi di dalam bidang ilmu terapan. Konsep kunci di dalam bidang terapan ini adalah konsep berbagai bidang.

12. Dasar Interaksi Psikolog dengan Masyarakat atau Sekitarnya

Psikolog sebagai orang pertama yang terlibat langsung dalam interaksi ilmu terapan dengan seseorang, menduduki tempat selanjutnya dalam interaksi ini. Berbagai bentuk aktifitas memberi tahu, kehidupan, melatih, dan membimbing yang dilakukan psikolog, tuntutan bermanfaat profesional serta latar belakang sosial pribadi dari psikolog menjadi bahan studi selanjutnya dalam landasan kegunaan ilmu psikologis ilmu terapan.

Ketiga lingkungan ilmu terapan, yaitu masyarakat yang terlibat langsung dalam interaksi ilmu terapan, keluarga yang memiliki pengaruh penting terhadap perkembangan seseorang, dan masyarakat yang walaupun tidak terlibat secara langsung dalam interaksi psikis kehidupan di masyarakat tetapi mempunyai peranan penting cukup besar, juga menjadi lingkup kajian kegunaan ilmu psikologi dalam ilmu terapan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi