Sponsors Link

11 Jenis Terapi Perilaku Kognitif

Sponsors Link

Di dalam unsur psikoterapi di dalamnya menitikberatkan pada sebuah pola pikir yang dapat membentuk ruang ketika anda kecil, selain itu di dalam terapi perilaku ada beberapa hal yang memang khusus di fokuskan pada sebuah hubungan masalah, pola pikir dan juga perilaku yang kita lakukan.

ads

Terapi perilaku kognitif ini memang jauh lebih dikenal dengan  Cognitove Behavioural Theraphy (CBT) yang dimaksud disini adalah sebuah terapi yang memang biasa digunakan untuk masalah kesehatan mental dalam sesuatu yang jauh lebih luas.

Terapi ini memang lebih menitikberatkan pada sebuah keadaan yang memang dilakukan pasien agar dapat melihat dari dirinya sendiri dan juga  terdapat sudut pandang yang memiliki perbedaan. karena dalam hal ini memang jauh lebih diketahui terbukti sangat efektif untuk membuat hidup seseorang jauh lebih baik.

Masalah emosional memang seringkali menjadi salah satu penyebab dari timbulnya perilaku seseorang, sehingga banyak diantara orang tersebut yang selalu menganggap bahwa fikirannya adalah benar adanya, sehingga memang perlu dilakukan terapi agar bisa mengendalikan masalah mental yang terjadi pada dirinya. diantara jenis-jenis terapi perilaku kognitif yang bisa dilakukan diantaranya

  1. Mendeteksi masalah

Jenis terapi yang pertama adalah seorang psikolog yang harus dapat melakukan pendeteksian masalah, dimana dalam sesi terapi kognitif yang satu ini anda diharuskan emmbuka diri dan mengeluarkan semua apa yang ada di dalam fikiran dan juga hati anda, untuk itu tentunya pasien tidak harus khawatir dan takut menceritakan semua hal yang ingin diutarakannya, karena tentunya tidak akan ada yang menyalahkan anda atas hal tersebut. keluhan yang biasanya diutarakan seperti kecanduan akan alcohol, penyakit insomnia, kegagalan akan sesuatu dna yang lainnya.

  1. Terapi dengan menggunakan music

Musik memang seringkali dijadikan sebagai alat untuk terapi yang sangat baik, bukan hanya dengan suara-suara yang memang sangat menyenangkan dan menyejukan hati, namun music juga memang sudah sangat seringkali dilakukan terapi agar bisa menyembuhkan seseorang dari berbagai masalah yang ada.

Dengan mendengarkan music yang memang dikhususkan untuk dilakukan sebuah terapi memang mampu membuat pasien yang sedang melakukan terapi bisa merasa jauh lebih baik.

  1. Terapi konseling

Untuk terapi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi dilakukan, karena untuk terapi konseling selalu dijaidkan sebagai cara penyembuhan berbagai kelainan dan maslah psikologis. Salah satu diantaranya dalam terapi perilaku kognitif.

Terkadang dengan banyaknya terapi yang dilakukan, terapi konseling memang akan jauh lebih efektive, karena and abisa menembukan cara agar bisa mengatasi masalah yang Terkadang timbul dan muncul. Terapi ini juga dilakukan untuk lebih menghilangkan pikira negative yang ada di dalam diri anda, sehingga yang anda rasakan hanya fikiran positive

  1. Terapi obat-obatan

Terapi obat-obatan biasa dilakukan juga untuk seseorang yang memang memiliki gangguan psikologis yang jauh lebih parah lagi, salah satunya seseorang yang merasa dirinya sudah tidak berdaya dan berarti lagi. Dalam konsep diri dalam ilmu psikologi sendiri biasanya akan dijelaskan, bahwa seseorang yang sudah memiliki ganguan cukup parah akan diberikan terapi obat-obatan untuk bisa menyembuhkan penyakitnya.


  1. Terapi psikoterapi

Dalam terapi ini biasanya dilakukan untuk mereka yang memiliki tanda- tanda depresi yang memang sudah cukup lama dialami. Terapi yang satu ini memang sangat dibutuhkan karena bisa dijadikan salah satu alternative pilihan untuk mengatasi semua masalah psikologis yang biasanya terjadi pada hampir semua orang, meskipun terapi psikoterapi ini plaing mudah dilakukan, biasanya hanya dengan membawa pasien pada psikiater dan membiarkannya menceritakan mengenai segala hal yang dirasakannya, sehingga dalam hal ini dapat mmebuat pasien merasa lega dan juga nyaman kembali dengan dirinya sendiri, tentunya jika terpai ini sering dilakukan dapat menyembuhkan si penderita dari berbagai gangguan psikologis.

  1. Terapi rehabilitasi

Terapi rehabilatisi bisa dilakukan untuk mereka yang memang sudah memiliki ganggun psikologis yang cukup akut, dan cara ini juga bisa dijadikans sebagai salah satu cara yang cukup efektif.

Dan untuk jenis terapi yang satu ini memang terapi yang harus dilakukan di rumah sakit ataupun lembaga yang memang menaunginya. Dalam teraoi rehabilitasi tersebut akan banyak seklai hal atau program yang dilakukan oleh pasien, sehingga pasien pun bisa menjadi jauh lebih baik.

  1. Terapi hinotis

Dalam terapi ini memiliki tujuan agar menelusuri alam bawah sadar dari pasien tersebut. dalam proses yang satu ini terapis bisa akan memberikan berbagai sugesti yang tentunya positif, dan akan membperbaiki kelainan psikologis yang dimiliki oleh pasien.

Selain itu dari sisi manfaat memang manfaat hipnoterapi ini akan sangat banyak, salah satunya memang seringkali diterapkan dalam ilmu psikologis.

  1. Berfikir dikotomik

Dalam terapi kognitif terdapat yang dinamakan cara berfikir dikotomik, yang dimaksud disini adalag baragaiman seseorang yang dapat berfikir serba ekstrem dan dengan tidak adanya penilaian yang diberikan atau memiliki satu pendapat yang cukup relativistic di tengah-tengah keadaan gangguan yang sedang dialami oleh pasien.

Sehingga dalam hal ini memang sangat diutuhkan waktu dan juga cara mengenai seseorang yang ingin melakukan terapi untuk kesembuhannya.


  1. Abstarkasi selektif

Untuk teapi yang satu ini dilakukan dengan cara pemisahan pada bagian kecil sebuah situasi, dimana dalam hal ini secara keseluruhan memang akan diabaikan sisa pada bagian yang memiliki peranan jauh lebih besar untuk terapi yang dilakukan. Misalnya saja dengan cara seseorang yang memiliki wajah cukup menarik

  1. Memberikan tugas rumah pada pasien

Dengan cara ini diharapkan pasien bisa lebih memiliki tanggung jawab pada dirinya sendiri, karena bisa juga dilakukan dengan memberikan pekerjaan rumah yang bisa memunculkan masalah pada beberapa tahapan terapi yang sedang dilakukan oleh pasien. dan dengan cara ini pun dapat membuat apsien lebih memiliki rasa dibutuhkan oleh lingkungannya.

  1. Terapi penangkapan pikiran

Seperti kita ketahui, bahwa hubungan diantara pikiran dan perasaan memang memiliki hubungan yang cukup erat, karena perilaku biasanya bisa ditunjukan dengan merekam dan juga bisa dengan memunculkan pikiran yang orang lain rasakan. Bahwa sudah diketahui juga dengan perekaman bisa membuat pikiran kembai muncul dan bisa memecahkan ikatan diantara pikiran dan juga perasaan seseorang.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Kognitif