Sponsors Link

13 Hubungan Psikologi Pediatrik dengan Ilmu Lain

Sponsors Link

Pediatri adalah ilmu yang membahas mengenai pengobatan pada anak anak, yang khusus membahas mengenai penyakit anak anak dan berbagai permasalahan di dalamnya. Psikologi pediatrik merupakan bidang psikologi anak khusus yang berada dalam lingkungan kerja di kesehatan seperti di rumah sakit atau klinik yang menangani anak.

ads

Psikologi pediatrik sendiri tidak berdiri sendiri dalam penerapannya, namun dihubungkan dengan berbagai ilmu lain yakni dalam proses assesmen, intervensi, pencegahan, dan konsultasi yang semuanya saling melengkapi satu sama lain. Berikut 13 hubungan psikologi pediatrik dengan ilmu lain beserta penjelasannya secara lengkap.

1. Hubungan dengan Fisiologi

Hubungan psikologi pediatrik dengan ilmu lain yang pertama ialah berhubungan dengan fisiologi, yakni ilmu yang mempelajari mengenai tubuh manusia, dalam pengobatan anak anak tentunya harus dipahami bagaimana struktur dari tubuh manusia itu sendiri, tepatnya tubuh anak anak yang masih dalam masa perkembangan dihubungkan dengan adanya reaksi terhadap pengobatan tertentu atau efek dari tindakan tertentu terhadap organ tubuhnya. (Baca juga mengenai pendekatan fisiologi dalam psikologi).

2. Sosiologi

Sosiologi ialah ilmu yang membentuk pola reaksi manusia, sosiologi tidak hanya berhubungan dengan orang dewasa saja, namun juga berhubungan dengan anak anak, hubungannya dengan psikologi pediatrik ialah bagaimana reaksi anak anak dapat terbentuk atau reaksi apa yang timbul ketika menjalani pengobatan tertentu atau ketika ia menderita penyakit tertentu. (Baca juga mengenai peran sosiologi dalam psikologi).

3. IPA

Ialah ilmu pengetahuan alam yang berhubungan dengan unsur unsur dalam pengobatan, dalam hal kedokteran anak beserta pemahaman mengenai responnya, diperlukan pengetahuan yang lengkap mengenai ilmu tentang pengetahuan alam yang memiliki arti luas dan berpengaruh pada tindakan yang diberikan seperti pengobatan atau reaksi. (Baca juga mengenai gangguan kepribadian skizotipal).

4. Ilmu Keguruan

Hubungan psikologi pediatrik dengan ilmu lain tidak hanya yang berhubungan dengan kesehatan semata, namun juga yang berhubungan dengan ilmu keguruan, dalam pengobatan dan memperdalam pengetahuan mengenai penyakit anak tentunya diperlukan ilmu keguruan untuk memahaminya dan menjadikan ilmu tersebut untuk mengajarkan pada orang lain seperti pada pihak medis atau pada orang tua dan anak itu sendiri. (Baca juga mengenai peran guru dalam psikologi perkembangan).

5. Ilmu Antropologi

Ialah ilmu tentang ilmu manusia terdahulu dimana pengobatan dan penyakit anak tidak hanya ada di jaman modern, namun juga sudah ada sejak jaman dahulu dengan jenis tindakan dan cara pengobatan yang berbeda, hal itu akan menjadi penilaian dan bahan untuk penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sistem pengobatan dan tindakan yang terbaik untuk mencapai kesembuhan dan keefektifan dalam menghilangkan penyakit. (Baca juga mengenai penerapan antropologi psikologi dalam kehidupan nyata).

6. Ilmu Komunikasi

Ialah ilmu yang secara langsung bermanfaat untuk penyampaian psikologi pediatrik itu sendiri, dalam pengobatan terhadap anak anak tentunya diperlukan komunikasi yang tepat untuk membuat anak merasa nyaman dan mau menerima apa yang disampaikan serta mau menjalani segala proses pengobatan untuk penghilangan penyakit.


7. Biologi

Hubungan psikologi pediatrik dengan ilmu lain yang juga erat ialah biologi, yakni ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai struktur dalam sistem kerja manusia termasuk anak anak serta makhluk lain, dalam hal ini berhubungan langsung sebab dalam memahami penyakit dan pengobatan diperlukan pemahaman mengenai struktur tubuh manusia dan reaksi apa yang terjadi ketika menderita suatu penyakit atau ketika menerima pengobatan tertentu.

8. Filsafat

Mempelajari masalah masalah hakikat jiwa, hakikat hidup, hubungan antara jiwa dan Tuhan adalah inti dari ilmu filfasat, anak anak sejak kecil juga telah memiliki hakikat diri dan memiliki hubungan terhadap Tuhan meskipun ia belum memahami dan mengerti secara langsung atau secara mendalam, filsafat menjadi bahan pendekatan dalam komunikasi.

9. Perilaku Orang Tua

Ialah ilmu mengenai perilaku orang tua dari anak yang sakit atau anak yang menjalani pengobatan, bagaimana responnya dan bagaimana perlakuannya pada anak tersebut, dimana hal itu menjadi hal yang inti karena orang tua menjadi satu satunya penguat bagi anak dan menjadi sosok yang sangat berperan dalam kesembuhan penyakit yang diderita atau dalam masa pengobatan.

10. Budaya

Ialah Hubungan psikologi pediatrik dengan ilmu lain yang membahas mengenai kebiasaan yang dipengaruhi dengan unsur unsur tradisional, tentunya sering ditemui dalam budaya tertentu terutama di daerah pedalaman mengenai kebiasaan dalam memperlakukan anak yang sakit dengan menggunakan ritual tertentu, hal itu akan menjadi sesuatu yang perlu diketahui untuk memahami apa pengaruhnya terhadap kesehatan anak, netral, merugikan, atau menguntungkan hubungannya dnegan pengobatan yang dijalani.

11. Minat Anak Anak

Ialah Hubungan psikologi pediatrik dengan ilmu lain yang membahas mengenai minat anak anak dimana minat tersebut dihubungkan dengan penyakit yang diderita, misalnya ialah pada anak anak yang sedang menderita sakit gigi namun memiliki minat yang besar pada permen dan makanan makanan manis maka minatnya tersebut akan dialihkan dalam bentuk lain menjadi minat yang tidak berpengaruh buruk pada penyakitnya.

12. Pola Hidup

Yaitu mengenai kebiasaan dalam kegiatan sehari hari yang berpengaruh pada respon dalam menghadapi penyakit atau berpengaruh pada penyakit yang diderita, seringkali maslaah psikologi dihadapi karena terjadi ketidakcocokan antara pola hidup yang dilakukan dengan kebiasaan sehat yang seharusnya dimiliki untuk mempercepat proses kesembuhan, hal tersebut tentunya akan menjadi bahan untuk konseling tersendiri yang berhubungan langsung dengan psikologi pediatrik.

13. Farmasi

Hubungan psikologi pediatrik dengan ilmu lain yang terakhir ialah berhubungan dengan farmasi, yakni ilmu mengenai obat obatan dan apa saja reaksinya terhadap tubuh baik reaksi secara langsung maupun reaksi kimia yang tidak bisa diamati dari luar tubuh. Farmasi merupakan ilmu yang luas dimana dokter anak harus memahami obat apa saja yang terbaik untuk anak anak dan apa saja yang berpengaruh,

Farmasi berhubungan dengan pemberian dosis yang tepat yang jelas berhubungan dengan penyakit yang diderita serta memaksimalkan kesembuhan yang diharapkan, sebab itu farmasi selalu menjadi ilmu khusus yang berhubungan dengan psikologi pediatrik yang wajib dipahami oleh semua pihak medis yang menangani pengobatan anak anak.

Demikian artikel kali ini, semoga menjadi wacana yang bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk selalu membaca artikel di website kami untuk menambah pengetahuan mengenai dunia psikologi. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi