Sponsors Link

13 Gangguan Mood Pada Remaja

Sponsors Link

Gangguan mood tentu saja bisa terjadi oleh siapa saja, terutama bagi para remaja yang memang masih memiliki kelabilan emosi cukup tinggi. kita sendiri seringkali mendengar istilah yang disebut sebagai gangguan mood atau bad mood. mood itu sebenarnya merupakan sebuah situasi yang terjadi dan berhubungan dengan perasaan yang tidak menyennagkan, tidak enak atau tidak sedang bersemangat saat akan melakukan sesuatu. dimana yang namanya gangguan mood pasti bisa terjadi pada siapa saja.

ads

Umumnya para remaja masih belum memiliki kecerdasan emosi yang bisa dikendalikan cukup vaik, sehingga yang namanya gangguan mood memang seringkali terjadi. nanum bukan hanya para remaja saja, gangguan mood pada orang dewasa pun seringkali terjadi. gangguan mood pada anak ini bisa saja terjadi karena sesuatu hal, misalnya kondisi kesedihan yang sedang menimpa diir kita, atau kondisi yang memang sedang tidak dalam keadaan bersemangat.

Sehingga bisa dikatakan juga bahwa gangguan mood dalam psikologi ini salah satu gangguan mental. Adapun gangguan mood yang seringkalo tejadi aintara remaja adalah:

  1. Gangguan bipolar

Dimana gangguan ini biasanya disertai dengan mood yang sangat hiperaktivitas, dapat terjadi dan berhubungan dnegan tingkah laku, bipolar ii bisa dibagi menjadi bipolar satu dna juga bipolar 2 biasanya akan terjadi secara penuh dan malah akan berlanjut dengan mengalami depresi mayor. atau biasanya juga hipomanik yang merupakan karakteristik gangguan mood

       2. Kesulitan untuk berkonsentrasi

Pda remaja yang memang sedang mengalami gangguan mood, sudah pasti dirinya akan kesulitan untuk fokus ataupun konsentarasi pada sesuatu hal, sehingga yang ada pada dirinya hanya perasaan tidak nyaman, rasa malas dan tidak mau berbuat apa-apa, bahkan jika didiamkan akan menimbulkan masalah yang cukup serius.

       3. Perubahan tingkah laku

Remaja memang masih snagat retan dengan berbagai pengaruh yang bisa dia dapatkan dari lingkungan, bahkan tak jarang yang namanya perubahan tingkah laku yang dialami oleh remaja malah berkaitan dnegan lingkungan yang ada di sekitarnya, sehingga gangguan mood ini akan terjadi dan sulit untuk dicegah.

     4. Merasa depresi

Depresi bisa saja terjadi pada siappaun bahkan tidak terkecuali orang dewasa sekalipun, namun depresi memang akan lebih muda datang ke para remaja yang tidak memiliki kekuatan emosional yang baik. depresi dalam psikologi juga bisa dikatakan salah satu gangguan mood yang memang seringkali etrjadi pada remaja. depresi ini biasanya terjadi pada remaja yang sedang memiliki masalah, baik itu masalah di dalam rumah, ataupun masalah yang ada di sekolah.

     5. Terjadinya gangguan distimik

Gangguan mood yang satu ini bisa dikaitkan juga dnegan depresi, namun memang jarang seklai terjadi. untuk waktu kembalinya memnag tidak akan sama dan membutuhkan beberapa tahun baru akan muncul kembali. ciri dari perubahan gangguan mood ini biasanya terjadi perasaan yang snagat terpuruk, dan juga merasa sangat bersalah, rasa ingin bunuh diri atau juga bisa saja menunjukan bagi pra penderitanya yang memiliki sifat yang berbeda.

    6. Terjadinya gangguan siklotimik

Gangguan  siklotimik yang satu ini bisa dikatakan ke dalam salah satu gangguan yang cukup berta dna juga serius. karena biasanya akan mengikuti berbagai periode, perubahan mood ini bisa dikaitkan dengan masalah bipolar yang terjadi pada orang dewasa maupun remaja.

Ciri ciri dari adanya gangguan ini bisa terjadi dikarenakan sebuah gangguan mood yang siklusnya cuku kronos dan memiiliki episode,  dari periode yang terjadi malah akan menimbulkan depresi atau rasa kehilangan minat yang cukup tinggu, dan malah akan sangat mempengaruhi aktivitas keseharian, itu pun jika tejadi ke dalam hal yang lebih parah.

Sponsors Link

    7. Mood labil

Mood labil ini memang seringkali terjadi pada remaja, karena dari keadaan etrsebut membuat seseorang ekhilangan minat untuk melakukan aktivitas bahkan biasanya pada remaja yang sedang etrkena gangguan mood ini akan lebih sering mudah marah, atau sulit untuk mengambil keputusan.

     8. Mood eforia

Mood eforia ini bisa dikaitkan dnegan persaan yang berlebihan, bahkan jika sedang dalam keadaa ayau kondisi bahagian sekalipun. karena biasanya mood euforia ini memang terjadi sewaktu-waktu, namun dapat menimbulkan perasaa senang yang snagat berlebihan.

      9. Mood kosong

Mood kosong bisa dikatagorikan sebagai mood yang hanya sedikit sekali memiliki perasaan emosional, karena biasanya dalam hal ini bagi remaja yang memiliki mood kosong perasan akan jauh lebih stabil, tapi akan kesulitan untuk meluakan emosinya, ini juga bisa dikatakan cukup beragahay, karena pada anak remaja yang seperti ini malah akan memendam semua perasan emosi yang sangat sulit dikeluarkannya, dan malah pada akhirnya akan menimbulkan penyakit pada diirnya sendiri.

Sponsors Link

   10. Tidur telalu lama atau terlalu sedikit

Bagi para remaja yang sedang terkena gangguan mood akan terlihat dari tidurnya, biasa saja remaja tersebut tidur telalu lama, bahkan akan merasa sangat malas melakukan aktivitas yang biasanya dia lakukan, atau bisa juga tidurnya terllau sedikit, sehingga dia akan sulit untuk mengatur jam tidurnya, tubuhnya pun akan terlihat lemas dan lesu, bahkan akan kesulitan untuk melakukan aktivitas dan merasa tidak berminat pada hal appaun.

     11. Kehilangan energi

Jika tiba-tiba ada rasa kehilangan energi yang cukup besar juga bisa diidentikan dnegan gangguan mood pada remaja, karena biasanya pada remaja yang kehilangan energi akan merasa tidak berdaya, merasa malas melakukan hal appaun ataupun tidak berkeinginan melkaukan hal apapun.

     12. Mood eutimia

Gangguan mood yang satu ini juga seringkali menimpa para remaja,  pada remaja yang mengalami mood eutimia biasanya akan merasa tertekan, atau perasaan yang melambung dna sulit melakukan hal-hal yang bahkan seringkali dia lakukan, mood nya pun akan telihat datar dan sulit bergairah untuk beraktivitas.

     13. Mood anhedonia

Untuk mood yang satu ii biasanya terjadi paling sering. karena dnegan perubahan mood yang snagat signifuikan ini akan terjadi bukan hanya pada orang dewasa. bagi seseorang yang sedang terkena mood anhedonia ini biasanya akan merasa diirnya kehilangan minat untuk melakukan sesuatu. moodnya tiba-tiba akan hilang dna merasa malas dalam melakukan pekerjaan. mood yang satu ini memang tak jarang menimpa para remaja.

Nah berikut ulasan mengenai gangguan mood yang seringkali etrjadi bagi para remaja, biasanya mood ini ada yang berlangsung cukup lama dan juga ada yang hanya terjadi sesekali, karena keadaan dan kondisi saat itu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Anak