Sponsors Link

13 Cara Melatih Empati Anak Perlu Diketahui

Sponsors Link

Perasaan empati atau  pengertian empati menurut para ahli merupakan rasa atau hal yang umumnya sangat mendasar dan memang perlu dimiliki oleh setiap orang, rasa empati ini sebenarnya bisa kita lkukan dan ajarkan pada anak semanjak dini. sehingga nantiny anak bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, yag bisa dirasakannya secara nyata, nantinya anak ini juga bisa menempatkan dirinya dan memberikan segenap jiwanya pada orang lain.

ads

Rasa empati memiliki peranan yang sangat penting di dalam kehidupan, maka dari itu sejak dini kita memang harus mengajarkan anak mengenai perasannya agar nantinya bisa memiliki perasaan yang etrdadalam terhadap apa yang dirasakan oleh orang lain. sehinga anak juga mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. untuk itu lah pentingnya rasa empati harus dimiliki oleh setiap anak. hal ini juga bisa menunjukan rasa empati dan cinta kaish diantara sesama manusia.

untuk itu lah dalam artikel kali ini kita akan sedikit membahas mengani cara mengajarkan anak bagaimana bersifat empati terhadap orang lain. diantaranya:

  1. Menunjukan rasa simpati dengan perasaan

Cara mengajarkan anak dengan memperlihatkannya terlebih dahulu mengenai rasa simpati melalui perasaan, cara ini bisa dilakukan dnegan cara melatih perasaannya, mislanya saat melihat seorang anak tunasusila di jalanan, kemudian ibu memberikan makanan atau uang, dan jangan lupa untuk sambil memberikan pengertian pada anak, bahwa di luaran sana masih ada anak lain yang membutuhkan bantuan kita, yang dimana hidupnya masih sangat kekurangan.

2. Meminta anak agar mempraktikannya secara langsung

Setelah memebrikan pengertian pada anak, anda juga bisa langsung memintanya mempraktikan secara langsung, misalkan dnegan secara sengaja memberikan anak makanan dan meminta anak kita memebrikan secara langsung pada anak anak yang ada di jalanan langsung dengan tangannya sendiri, sehingga anak pun akan merasakan secara langsung dan menumbuhkan perkembangan atensi anak dan sikap empatinya.

3. Memulai nya dari orang- orang yang ada di dekat anak

Anda juga bisa meminta anak untuk membantu sesamanya yang lebih membutuhkan pada orang terdekatnya, misalnya saja dengan membantu orang orang terdekat, seperti tukang sampah, tukang kebun, atau bahkan tukang sayur yang seringkali memang tiap hari ada di rumah melalui penerapan psikologi sosial.

4.  Mengajarkan anak lebih mandiri

Sedari kecil anak juga bisa kita ajarkan untuk bersikap mandiri, mislanya saja dari hal-hal yang terkecil skelaipun.seperti membereskan buku, membersihkan kamar  atau hal lainnya yang menyangkut pekerjaan untuk dirinya sendiri.

Meski anda menggunakan asisten rumah tangga, sebaiknya ajarkan anak untuk melakukan tanggung jawabnya sendiri, dengan memberi pengertian jangan selalu menyuruh-menyuruh asisten rumah tangga apabila pekerjaan tersebut masih bisa dilakukannya. dengan begitu anak juga bisa dilatih untuk lebih menghargai orang yang lebih tua.

5.  Memanfaatkan momen khusus

Anda juga bisa mengajarkan anak bersikap empati mellaui moment khusus seperti hari ulang tahunnya contohnya saja dengan melakukan moment berbagi pada anak panti asuhan, atau bisa juga memberikan bantuan pada anak-anak di jalanan yang etrlantar, dan jangan mebiasakan anak untuk merayakan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. sehingga dengan begitu bisa menumbuhkan rasa empati pada diri ank dan membuatnya trbiasa melakukan hal berbagi sejak kecil.

Sponsors Link

6. Membacakan dongeng pada anak

Cara ini juga bisa anda lakukan untuk anak-anak yang belum begitu paham untuk melakukan empati pada lingkungannya, sedari kecil biasakan anak untuk dibacakan dongeng mengani cerita-cerita bermanfaat yang bisa menumbuhkan rasa empatinya, misalnya kisah mengenai tolong menolong, saling membantu dan hal lainnya yang berkaitan dengan cerita dongeng yang bisa mengajarkan lebih bersikap empati.

7. Mengunjungi tempat panti asuhan

Setelah nantinya anda mengejarkan anak rasa empati dan ank sudah mulai paham, sebaiknya anda mulai mengajak anak untuk mengunjungu anti asuhan, panti jompo atau panti disabelitas, dmana keadaan orang orang tersebut berbeda dengan anak anda dan memiliki latar belakang yang berbeda. sehingga nantiny anak akan merasakan secara langsung apa yang dirasakan orang -orang yang ada di panti tersebut, dna menumbuhkan rasa empati yang semakin dalam.

8. Memelihara hewan

Ternyata memelihara hewan dan mengajarkan anak untuk menyayangi binatang juga bisa menumbuhkan rasa empati pada anak, anda juga bisa mengajarkan anak mulai sekarang dengan memlihara binatang seperti anjing atau kucing, sehingga dengan sendirinya pada diri anak akan tumbuh rasa empati yang cukup tinggi, bahkan menurut psikologi juga bisa membuat perasaan anak jauh lebih peka terhadap orang lain, karena diirnya sendiri terbiasa untuk mengasihi hewan peliharaan.

9. Mengajarkan anak untuk mengikuti kegiatan relawan

Saat ini sudah semakin banyak berbagai komunitas di dalam di dalamnya bisa juga mengajarkan untuk memiliki sifat empati, anda juga bisa mulai mengenalkannnya dari lingkungan terkecil, mislanya komunitas lingkungan hidup yang ada di sekiatr rumah atau disekolahnya, sehingga dengan moment menjadi relawan ini juga bisa membuat anak memiliki sifat empati terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

10. Ajak anak untuk berjalan-jalan di sekitar rumah

Sambil jalan-jalan sore di sekitaran komplek rumah, anda juga bisa sambil bercerita pada anak, mengani hal yang dilihatnya, mislanya saja terdapat anak-anak lain yang kurang mampu, atau pengemis yang ada di jalanan, sehingga bisa mmebuat anak berlatih mengenai kecerdasan emosionalnya, untuk merasakan hal yang sama dengan orang lain.

Ini juga bisa menjadi cara mengajari anak mengelola emosi,  dengan sendirinya rasa empati itu akan timbul dan anak pun akan merasa bahwa dirinya harus membantu orang lain yang memang membutuhkan bantuan mellaui penerapan psikologi lingkungan.

11. Melatih anak melalui ketegasan

Terkadang sebagai orang tua melatih dengan ketegasan juga diperlukan, hal ini juga bisa membantu anak agar tidak pernah menyepelekan orang lain dna memiliki rasa empati pada lingkungannya. misalnya saja menasihati anak saat berteriak meminta bantuan pada asisten rumah tangga, beri pengertian secara tegas pada anak, bahwa ada hal yang maish bisa dilakukannya sendiri, sehingga tidak usah berteriak-teriak seperti itu.

Sponsors Link

12. Mengajarkan anak lebih memahami mengenai regulasi diri

Apabila anak mengetahui cara mengelola emosi nya sejak dini, dan mengerti mengenai rasa empati, sehingga dengan sednirnya anak anda akan tumbuh dan juga berkembang dengan rasa empati yang ada di sekitarnya, mislanya saja menunjukan secara langsung pada lingkungan tempat umum dengan mmeberikan tempat duduk pada orang tua saat di kendaraan umum.

13. Mengenalkan rasa tanggung jawab pada anak

Mengajarkan rasa tanggung jawab juga bisa membuat anak menumbuhkan rasa empatinya sejak dini, karena dnegan mengajarkan tanggung jawab anak pun akan mengerti mengenai hal-hal yang harus dilakukannya dan yang tidak perlu dilakukannya.

Demikian penjelasan terkait apa saja cara melatih empati anak yang bisa diterapkan orang tua. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Anak