Sponsors Link

13 Gangguan Mental pada Pria Wajib Tahu

Sponsors Link

Kondisi gangguan mental atau gangguan psikologis saat ini memang sangat rentan terjadi, umumnya banyak sekali yang menjadi alasan dari munculnya gangguan mental pada orang- orang saat ini.

ads

Bagi sebagian besar wanita, gangguan mental ini bisa jadi lebih peka, karena umumnya wanita memang terbiasa mencari teman atau sahabat untuk berbagi cerita, hal ini lah yang membuat wanita tekadang bisa lebih mengatasi gangguan mental yang terjadi pada dirinya.

Berbeda dengan pria, jika wanita umumnya selalu bisa mengetasi dna jauh lebih peka. untuk pria sendiir terkadang mereka sulit peka tehadap gangguan metal yang terjadi pada dirinya.

Pria kebanyakan memang lebih tertutup, dna merasa bisa menyelesaikan smeua permasalahannya sendiri.

Sehingga mereka akan snagat jarang untuk menceritakan berbagai masalah atau kesulitan yang dialami. untuk itu lah yang membuat pria biasanya lebih tertutup akan kesehatan mental yang dialaminya.

Di negara dan juga kota-kota besar, kemungkinan dan angka bunuh diri pada pria dewasa memang jauh lebih tinggi, dibandingkan dnegan waniya, karena dengan kehidupan stres yang kurang baik, mulai dari lingkungan kerja dan juga masalah keluarga terkadang membuat mereka kesulitan untuk memberitahukan orang lain mengenai hal yang dialaminya.

Terkadang pria juga mengangap bahwa jika mereka menceritakan segala hal masalahnya malah akan mmebuat dirinya terlihat lemah dihadapan orang lain, sehingga tingkat bunuh diri akan jauh lebih tinggi.

Untuk itu dalam artikel kali ini kita akan mmebahas megenai 13 gangguan mental yang bisa dialami oleh pria, mungkin salah satunya anda.

  1. Obsesive compulsive disorder (OCD)

Untuk Negara besar seperti amerika serikat gangguan OCD ini memang snagat sering terjadi pada pria dewasa, salah satu jenis gangguan mental yang terkadang terjadi pada pria ini bisa dikatakan sebagai slaah satu turunan dari gangguan masalah kecemasan, karena hal ini bisa ditandai dengan seseorang yang ingin melakukan sebuah kegiatan dnegan berulang.

Misalnya saja saat seseorang tengah melakukan kegiatan cuci tangan, maka kegiatan tersebut ingin teus dilakukan Karen aada rasa khawatir yang terjadi pada dirinya, akan terus dilakukan secara berulang sampai dnea rasa khawatirnya pun dirasa sudah hilang.

Gangguan ini sering terjadi pada pria, karena pria sangat rentan  mengalami stress akibat dari beban pekerjaan, namun maish bisa diatasi dengan psikoterapi atau obat-obatan yang diberikan doker ahli.


  1. Skizofrenia

Kelainan atau gangguan mental yang satu ini memnag seringkali terjadi pada orang dewasa, gejala skizofrenia merupakan gangguan mental yang biasanya ditandai dnegan perilaku yang diluar nalar, halusinasi dan akan membuat fikiran orang tersebut menjadi sangat kacau.

Dengan gangguan ini juga seseorang akan kesulitan untuk focus dan sellau melihat sesuatu yang sebenarnya tidaklah nyata.

Penyakit gangguan ini mmenag seringkali terjadi pada pria dewasa, namun masih bisa diatasi dnegan melakukan konsultasi secara berkala dan juga pengobatan yang tepat ke psikoterapi.

  1. Gangguan obesesif kompulsif

Gejala gangguan ini memang sering terjadi pada pria dewasa, dimana seseorang yang mengalami gangguan ini akan memiliki pikiran yang dipenuhi sesuatu yang obsesif, sehingga hal tersbeut akan sulit dia lepaskan dari kehidupannya, dan jika tidak segera dilakukan pengobatan memang akan menimbulkan ke hal yang jauh lebih parah lagi, untuk itulah memang harus segrea dilakukan pengobatan dnegan mendatangi psikoterapi yang tepat.

  1. Gangguan emosi

Meski gangguan emosi ini bisa terjadi pada siapa saja, nmaun presentase nya lebih banyak terlihat pada pria dewasa, hal ini bisa juga dikarenakan tekanan dan juga tanggung jawab yang amat berat, sehingga akan membawa dirinya pada perubahan emosi yang sulit untuk dikendalikan, salah satu ganguan mental ini juga harus dilakukan pengobatan misalnya terapi

Kognitif dan juga mengunjungi psikolog agar bisa membuat seseorang yang seringkali mengalami perubahan emosi ini bisa jauh lebih mengendalikan hal tersebut.

  1. Gangguan kecemasan

Pada beberapa kasusu memang seringkali terjaid gangguan kecemasan yang amat fatal pada pria dewasa, karena umumnya pria dewasa membutuhkan waktu untuk bisa mengendalikan sebuah perubahan atau kondisi lingkungan yang tidak mmebuatnya nyaman hal ini jugalah yang biasanya menimbulkan gangguan kecemasan yang cukup serius.

Dengan kata lain memang mmebutuhkan bebagai terapi, sehingga seseorang yang menderita gangguan kecemasan ini bisa segera diobati.

  1. Depresi

Depresi merupakan salah satu gangguan mnetal yang bisa menuju kepada gangguan jiwa yang cukup parah. Depresi bisa ditanda dnegan perasaan sedih yang amat dalam, dan akan sangat sulit untuk direda, gejala gangguan mental ini ditandai dengan berkurangnya nafsu makan seseorang, sangat sulit untuk bisa focus dan juga konsentrasi, mudah merasa lelah, mudah tersinggung, merasa tidak ingin melakukan apa-apa dan juga mudha untuk tersulut emosi

Banyak pria yang memiliki gangguan mental yang satu ini dna lebih memilih mengakhiri hidupnya, karena biasanya merasa dirinya sudah tidak berharga dna tidka bisa melakukan apa-apa, jika tidak segera dilakukan pengobatan, gangguan ini akan terjadi semakin berulang dan menimbulkan hal yang lebih parah, untuk itulah pentingnya pengobatan pada ahli psikologis yang tepat.

  1. Fobia social

Fobia social merupakan sebuah gangguan mental yang terjadi dikarenakan sesuatu kondisi lingkungan yang membuat seseorang tidak ingin bertemu siappaun, lebh suka mngurung diri, dna merasa tidka nyaman jika berbicara dengan orang lain.

Kondisi ini juga bisa lebih parah karena bisa menimbulkna sebuah penyakit stress atau gangguan lainnya. Meski belum diketahui secara tepat mengenai penyebab dari gangguan mental ini, namun gangguan ini memang sering terjadi pada seseorang dewasa, khusunya pria.

  1. Gangguan mood

Gangguan mood juga termasuk kepada gangguan mental yang seringkali terjadi pada pria, gangguan ini biasnaya akan sangat mudah merubah suasana hati dari seseorang yang terken agangguan mood ini.

Mereka yang mengalami gangguan mood biasanya akan merasa sedih yang terjadi secara terus menerus, namun beberapa saat kemudian perasaan tersebut merubah kembali, begitupun dengan seterusnya.

  1. Truma

Truma merupakan salah satu jenis gangguan mental yang bisa saja terjadi pada siappaun, gangguan ini biasanya dirandai dengan seseorang yang mmeiliki rasa trauma atau ketakutan jika mengingat sebuah kejadian atau hal-hal yang mmebuatnya merasa ketakutan, tidak nyaman, dan perasaan lainnya yang membuatnya pada akhirnya menimbulkan gejala seperti timbulnya perasaan depresi.

  1. Gangguan disosiatif

Gangguan mental yang satu ini biasa disebut juga dnegan kepribadian ganda yang dimiliki oleh seseorang atau juga dissiciative identity disorder.

Bila tidak segera ditangani biasanya akan menimbulkan masalah bagi kehidupan masa depan seseorang tersebut. untuk itulah pentingnya sebuah terapi dalam menyembuhkannya.

  1. Gangguan somatoform

Gangguan yang satu itu bisa dikatakans ebagi sebuah gangguan yang hampir mirip dengan gangguan psikosomatis, dimana terjadi rasa tidak nyaman atau rasa nyeri pada beberapa anggota tubuh, namun dokter sendiri belum bisa menjelaskan secara medis mengenai gangguan  yang seringkali tejadi pada pria tersebut.

  1. Gangguan social

Gangguan social bisa saja sangat mempengaruhi kehidupan seseorang atau bisa juga berhubungan dengan ganguan identitas, perubahan identitas ini memang paling sering terjadi pada pria.

Gangguan mental yang satu ini merupakan efek dari sebuah kesalahan perilaku yang dimiliki, sehingga seseorang yang memiliki gangguan mental seperti ini cenderung ingin merubah identitas dirinya.

  1. Gangguan kepribadian

Gangguan kepribadian antisosial yang satu ini termasuk kepada sebuah gangguan yang cukup ekstreem, orang yang memiliki gangguan seperti ini biasanya merupakan seseorang yang antisosial dan juga cukup paranoid. Untuk itu sbeiknya segera dilakukan pengobatan dengan menemui terapis atau psikolog yang tepat.

Demikian penjelasan terkait macam – macam gangguan mental pada pria yang sering menyerang kondisi psikologis pada pria.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi