Sponsors Link

13 Faktor Penting Dalam Perkembangan Identitas Diri Remaja Paling Lengkap

Sponsors Link

Hello sobat semua, penulis masih setia nih sobat memberikan ulasan yang tentunya menarik buat anda semua yang tentunya bisa menambah wawasan serta informasi anda. Pada kesempatan kali ini , kita akan membahas mengenai faktor penting dalam perkembangan identitas diri remaja. Jika berbicara mengenai identitas tentunya hal ini adalah salah satu yang proses pencariannya cukup panjang ya sobat.

ads

Karena seorang yang tidak memiliki jati diri adalah seseorang yang pada umumnya memiliki prinsip diri. Nah sobat semua, berikut ini kita akan membahas mengenai identitas tersebut dengan lengkap. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini.

Jika berbicara mengenai identitas diri, tentunya ini adalah sebuah rekontruksi yang rumit ya sobat. Adapun identitas itu sendiri dinaggap penting ketika seseorang memasuki usia remaja. Namun meskipun demikian, identitas diri tersebut bukanlah sebuah identitas yang menetap dalam diri seseorang, melainkan terus menerukan melakukan pencarian dalam dirinya.

Sehingga pada akhirnya seseorang menemukan jenis jati diri yang ada dalam dirinya secara matang, dan identitas diri tersebut biasanya kan lepas dari dirinya ketika ia beranjak dewasa. Selanjutnya, apabila seseorang gagal membentuk identitas diri yang matang maka yang terjadi adalah kebingungan identitas ( identity confussion ). Semoga sobat remaja semua yang membaca artikel ini sudah menemukan jati diri masing –  masing.

Dalam perkembangan identitas diri seorang remaja, tentunya ada faktor –  faktor penting didalamnya yang juga memberikan peran penting dalam proses perkembangan identitas tersebut. Nah sobat semua berikut ini adalah faktor penting dalam perkembangan identitas diri remaja. Mari kita simak bersama.

1. Faktor Keluarga

Salah satu faktor penting dalam perkembangan  identitas remaja adalah faktor keluarga. Keluarga yang memiliki pola asuh yang penuh dengan kasih sayang dan kepeduali satu dengan yang lainya kan membetuk jati diri dan dan identitas remaja yang tidak jauh berbeda dari cara didik atau pola asuh yang ada dalam keluarga tersebut. Untuk itu peran keluarga sangatlah sibutuhkan seorang remaja dalam perkembangan identias dirinya. Baca juga mengenai peran ayah dalam perkembangan remaja

2. Faktor Lingkungan

Faktor yang kedua adalah faktor lingkungan. Sebaik apapun pola asuh yang ada dalam sebuah keluarga, tetapi jika faktor lingkungannya tidak sama dengan pola asuh yang ada dalam keluarga atau mungkin lebih dominan faktro lingkungan akan berdampak buruk terhadap perkembangan identitas seorang remaja nantinya. Baca juga mengenai pengaruh budaya dalam perkembangan remaja.

3. Faktor Fisik

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, faktor fisik juag merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan identitas diri remaja. Tidak jarang seornag remaja merasa minder apabila menemukan fisiknya tidak sama dengan teman remajanya yang lainnya. Untuk itu sebaik mungkin berikan pengarahan yang mengarah kea rah positif ya sobat. Baca juga mengenai faktor psikologi yang mempengaruhi kesehatan reproduksi remaja.


 4. Faktor Kognitif

Faktor kognitif atau cara berpikir seseorang menjadi salah satu faktor yang tidak kalah penting dalam perkembangan identitas diri remaja. Cara berpikir seseorang akan menetukan jati dirinya yang sebenarnya. Baca juga mengenai pengaruh media sosial terhadap psikologi remaja.

5. Faktor Emosi

Apabila seseorang dalam menghadapi apapun selalu emosi dan tidak bisa bersikap dingin hati atau dengan bahasa kerennya disebut “ think heart “ , tentunya akan berpengaruh terhadap perkembangan identitas dirinya nantinya. Untuk itu sobat semua sebagai orang tua dari anak remaja ini harus memberikan pelajaran tentang bagaimana mengelola emosi yang baik ya sobat. Baca juga mengenai cara mengatasi kenakalan remaja.

6. Faktor Sosial

Tidak jauh berbeda dengan faktor lingkungan, faktor sosial dengan lingkungan sekitar juga merupakan salah satu faktor penting yang harus anda kendalikan dalam perkembangan identitas adna ya sobat ramja semua, karen apabila adan bsia aktif dan bergaul secara positif  dengan lingkungan sosial akan berdampak positif bagi anda nantinya.

7. Faktor Moral

Moral merupakan salah satu faktor yang sangat penting perannya dalam perkembangan identitas diri seorang remaja. Pola asuh yang diajarkan oleh orang tua seorang remaja akan berpengaruh terhadap moral anaknya, dan moral ini tentunya akan menghasilkan identitas individu tersebut.

8. Faktor Pergaulan

Selain faktor lingkungan, yang tidak boleh anda lupakan dalam perkembangn identitas diri seorang remaja adalah faktor pergaulan. Jika anda bergaul dengan orang yang tepat, maka sebaiknya orang tua mengarahkan ankanya apalbi yang masih remaja untuk memiliki pergaulan yang baik agar menghasilkan identitas diri yang baik pula.

9. Faktor Kematangan Psikis

Seseorang yang memiliki kematangan secara psikis tentunya akan memiliki dampak positif terhadap perkembangn identiyas dirinya. Seorang remaja bukan berarti tidak bisa mengalami atau memiliki psikis yang matang ya sobat, namul hal tersebt bisa saja terjadi meski masih berusia remaja sekalipun.

10. Faktor Budaya

Budaya merupakan ciri khas yang ada atau tertanam dalam diri seseora ng sejak dia dilahirkan didunia ini sesua dengan budaya orang tua yang melahirkannya. Karena budaya ini sudah ada sejak lahir dalam diri seseorang, maka tidak jarang ahl tersebut dijadikan sebagai identitas dalam dirinya.

11. Faktor Perkembangan Teknologi

Faktor yang lainnya yang termasuk kedalam kategori perkembangan identitas diri remaja adalah perkembangan teknologi. Tidak usah ditanyakan lagi ya sobat teknologi ini sangat mungkin untuk bisa mengubah kepribadian atau identitas diri seseorang, bisa kearah yang lebih baik ataupun sebaliknya tergantung cara si individu tersebut menyikapinya.

12. Faktor Keagamaan

Salah satu faktor yang tidak kalh penting adalah faktor agama yang dimiliki oleh seseorang. Pada umumnya jika seseorang dekat dengan agamamnya, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan identitas diri si individu tersebut. Setuju ya sobat.


13. Faktor Niat

Faktor yang lainnya yang tidak kalah penting dalam perkembangan identitas diri remaja yang lainnya adalah faktor niat dari si individu tersebut. Jika sudah ada niat yang baik dari dirinya untuk menjadi pribadi yang baik dan dengan didukung oleh orang atau lingkungan terdekatnya akan memberikan dampak positif bagi individu tersebut, begitupun sebaliknya ya sobat.

Sekian informasi mengenai faktor penting dalam perkembangan identitas diri remaja yang bisa penulis bagikan pada kesempatan kali ini ya sobat. Semoga artikel ini bermanfata bagi sobat semua. Salam hangat, salam identitas diri.

Sponsors Link
, , , ,