Sponsors Link

13 Fakta Psikologi Tentang Rindu Wajib Tahu

Sponsors Link

Manusia memiliki perasaan yang bisa dibilang atau dikatakan sangat kompleks. Dimana ada berbagai macam perasaan dan terbentuk dari berbagai hal yang berbeda sifat. Tak hanya dari sebuah lingkungan saja melainkan bisa dari faktor kejadian masa lalu, masa sekarang ataupun hal-hal yang menimbulkan pemikiran subjektif yang nantinya akan lari ke hal perasaan.

ads

Perasaan sama halnya dengan Macam-Macam Sifat Manusia. Salah satunya adalah rindu, rindu merupakan ungkapan perasaan dimana kita menginginkan sesuatu atau menginginkan seseorang dengan bentuk sebuah harapan. Bisa jadi rindu dilakukan pada benda yang ada atau tidak ada dan bisa jadi rindu dirasakan pada orang yang masih ada atau tidak ada, sebagai efek dari memori yang pernah anda buat dengan objek rindu tersebut.

Rindu bukanlah hal yang negatif, Rindu juga tidak dijudge sebagai sesuatu hal yang tercela dan keji. Namun,terkadang sikap rindu ini seringkali mejebak dan juga menyulitkan. Berikut 13 fakta terkait rindu :

1. Sedih

Fakta pertama rindu bisa membuat seseorang merasakan hal sedih. Dimana anda tentu tahu bahwa ketika sedang merasakan rindu maka orang tersebut lebih sering memendam nya saja. terutama jika orang yang dirindukan sudah tidak bersamanya atau bahkan sudah tiada. Rindu adalah sedih, dua hal ini tidak bisa dipisahkan. Bahkan, karena rasa sedihnya sering membuat seseorang tidak bisa melakukan segala aktivitas, layaknya dalam situasi normal.

2. Tersenyum

Sudah disebutkan bahwa rindu memiliki perasaan yang kompleks.Jika rindu bisa menjadikan seseorang sedih, maka itu juga yang bisa membawa seseorang menjadi sering tersenyum atau merasa bahagia. Biasanya tersenyum karena merasa bahwa kita rindu namun juga kerinduannya menyisakan sisa memori yang baik dalam benak anda. Tidak jarang, senyum tersebut juga diiringi dengan perkataan yang juga dilakukan tanpa sadar atau tanpa anda rencakan. Misalnya anda tiba-tiba ingin mendengarkan musik, pergi ke tempat dimana anda mengenang masa-masa anda dan sebagainya.

3. Berbicara Aneh

saat seseorang mengalami rindu, seringkali ia menyampaikan kata yang aneh atau bisa dianggap sebagai “keceplosan”. Mereka mengeluarkan kata-kata yang tidak seharusnya disampaikan atau yang memang tidak pernah terbesit di pikiran orang lain. Itu karena perasaan Rindu akan membuat fungsi otak dan panca indera menjadi kurang stabil dan terkadang membuat berbagai kegiatan terganggu.  Sehingga, perintah dari otak sering tidak bisa diterjemahkan secara sempurna oleh indera kita dan bisa beraktifitas dengan baik kembali. Sungguh aneh bukan ?

4. Mimpi

Mimpi mungkin hanya bunga tidur namun pernahkah anda memimpikan seseorang atau suatu kegiatan yang anda rindukan ? Mungkin terdengar seperti anak-anak yang merengek sesuatu kan. Tetapi, Sebagain ahli menyatakan bahwa mimpi merupakan bagian terkecil dari rutinitas yang sudah, sedang atau akan kita lakukan di masa depan. Sehingga bisa jadi rindu dan segala rutinitas itu terbawa sampai alam bawah sadar melalui mimpi. Jika sudah benar-benar rindu atau menyebabkan adanya perasaan terganggu, beberapa diantara mimpi itu, akan datang hampir setiap saat dan berkesinambungan atau terus menerus seperti sebuah cerita.

Baca juga:


5. Emosional

Fakta lain bagi seseorang yang sedang dilanda rindu yaitu menurunnya ratio stabilitas kejiwaannya. Sehingga, kondisi itu membuat seseorang akan lebih mudah larut dalam perasaan emosi dan tidak stabil dalam bersikap atau berpikir. Rindu juga bisa mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang. Tak jarang orang yang dilanda rindu mungkin berubah-ubah suasana dan juga sikapnya.

6. Turun Nafsu Makan

Jika stres atau depresi mungkin menyebabkan beberapa orang tidak nafsu makan dan sebagian lagi justru semakin bertambah makannya. Berbeda dengan fakta mengenai rindu, dimana tentang seseorang yang sedang rindu terutama kaum Hawa, biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan, dan akbibatnya bisa ditebak, berat badan akan  turun secara drastis. Hal ini terjadi karena adanya hormon yang menurun karena seiring berkurangnya keinginan, dan juga perasaan bahagia ketika anda sedang mengalami rindu.

7. Menangis

Menangis seringkali menjadi jalan buntu banyak orang yang sedang mengalami rindu. Percaya atau tidak, perasaan rindu seringkali memancing atau menstimulus jiwa seseorang menjadi lebih melankolis dan tentunya sangat sensitif. Mereka akan menjadi mudah sekali tersentuh dan sulit sekali untuk bisa tegar, hal ini terjadi baik untuk pria atau wanita. Rindu juga akan menghasilkan emosi dan rasa sedih sampai menangis terutama jika yang dirindukan sudah tidak bisa dilakukan atau ditemui selamanya.

8. Dirasakan semua usia

Rindu dirasakan oleh semua usia, tidak hanya orang dewasa saja atau lansia namun dirasakan bahkan oleh anak-anak. Hanya saja mereka lebih mengenalnya bukan sebagai rindu mereka mungkin mengaggapnya sebagai keinginan yang harus dikabulkan. Namun rasanya sama saja seperti rindu.

9. Rindu, Cinta dan Sayang

Rasa rindu seseorang dapat hadir ketika perhatian naik level menjadi rasa sayang dan disempurnakan dengan rasa cinta. Makanya mengapa orang yang dirindukan selalu yang anda cinta dan sayang ? karena ketiganya menjadi hal yang related atau terkait dalam sebuah perasaan manusia. Misalnya saja anda mengatakan bahwa “Sudah rindu padahal setiap hari pun ketemu”. Tentu jika ditalar menggunakan logika, hal tersebut tidak wajar namun bagi sebuah rasa itu adalah hal yang wajar.

10. Menyiksa

Banyak yang bilang perasaan rindu seringkali menyiksa. Bukan tanpa sebab karena rindu merupakan emosi yang mungkin jarang muncul dalam manusia. Namun sekalinya muncul menyulitkan anda untuk beraktifitas.


11. Terus Menerus

Perasaan manusia tentu berganti setiap saatnya, makannya manusia memiliki roller coster kehidupan tersendiri. Namun rindu seringkali terus menerus dan terjadi berulang. Apalagi jika tidak dipenuhi maka perasaan rindu akan terus menggantung dan sulit selesai.

12. Aneh

Aneh mungkin kata yang bisa dibilang tepat tetapi agak sulit untuk membantu mendeskrpsikan apa itu rindu. Mengingat jika seseorang sedih bisa diatasi, depresi mungkin sulit namun beberapa berhasil diatasi. Namun rindu merupakan tingkatan rendah perasaan sama seperti kecewa dan malu, tetapi rindu cukup kompleks untuk dirasakan seseorang.

13. Sulit Diatasi

Jika mengatakan sulit diatasi jawabannya adalah benar. Apakah anda seringkali merasa rindu dan sulit diatasi, sampai harus benar-benar menyibukan diri barulah bisa merupakan perasaannya ? rindu nyatanya memang sulit untuk diatasi.

Demikian penjelasan terkait apa saja fakta psikologi tentang rindu yang seringkali melanda jiwa atau psikis seseorang yang sedang merasa sepi dan ingin kehadiran seseorang yang dirindunya. Semoga artikel ini membantu.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :