Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Depresi Terselubung Wajib Tahu

Sponsors Link

Depresi merupakan salah satu permasalahan yang paling seringkali terjadi pada banyak orang di dunia ini. Bahkan depresi menjadi penyakit yang didalami oleh banyak psikologi dan juga banyak dipelajari banyak dokter. Selama bertahun-tahun berbagai penelitian dilakukan dan menilai bahwa depresi bahwasannya ada yang terselubung. Sebenarnya apa itu depresi terselubung ? depresi terselubung adalah perasaan yang tertekan yang ada dalam diri seseorang dan tidak diungkapkan.

ads

Berikut ciri-ciri jelas apakah seseorang tersebut menderita depresi terselubung atau tidak?

1. Kebiasaan Tidur yang Berbeda

Apabila seseorang merubah cara tidurnya atau cara makannya dengan tiba-tiba dan juga signifikan, maka orang tersebut menunjukan hal yang bisa anda kenali. Pertama adalah dia tidak bisa memposisikan seluruh kehidupannya dengan baik dan juga lancar dan yang kedua adalah depresi dalam hidupnya cukup mengganggu.

2. Tidak Jujur Berekspresi

Ketika seseorang mengalami depresi terselubung, akan ada banyak hal yang ia tutupi namun tidak pernah ia bagikan sedikitpun atau satupun. Apakah anda pernah melihat seseorang yang tertawa namun terlihat terpaksa atau tidak bahagia ? Hal ini menjadikan orang tersebut merupakan penderita depresi terselubung. Mereka juga sering menyembunyikan bahagia mereka bukan hanya sedih.

3. Menghindar

Mereka penderita depresi terselubung sering menghindar dari berbagai hal, termasuk sikap dan juga perbuatan. Dimana dengan menghindar mereka tidak harus menjelaskan berbagai hal yang ada dalam dirinya dan yang terlihat dari luar. Menghindar juga menjadikan mereka tak perlu menjelaskan keadaan sebenarnya diri mereka. sehingga Teori Kepercayaan Diri bisa dimanipulasi oleh mereka.

4. Terbawa Emosi Orang

Untuk menutupi rasa depresinya menjadi lebih sensitif, mereka biasanya mengalihkan suasana dengan melakukan kegiatan yang membantu mengekspresikan rasa. Seperti halnya mereka ingin tertawa lepas membuat seorang yang menderita depresi terselubung menjadikan orang tersebut tertawa karena film.

Baca juga:

5. Moody 

Biasanya mereka yang mengalami depresi akan mempengaruhi suasana hati yang menyebabkan orang tersebut moody seperti bahagia tiba-tiba namun karena ia tertekan maka ia akan mengalami perubahan dan merasa sedih atau nangis tiba-tiba dan hal lainnya.

Harus anda ketahui bahwa moody atau perubahan suasana pada depresi terselubung ini seringkali membuat orang salah paham bahwa penderita depresi terselubung dikira sebagai orang bipolar.


6. Kehilangan Nafsu Makan

Jika anda tiba-tiba kehilangan nafsu makan maka kemungkinan anda mengalami depresi terselubung. Sekarang ini makanan sangat banyak variasnya, sangat jarang seseorang merasa malas makan atau jenuh untuk makan. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan anda mengalami depresi terselubung dimana malas atau tidak ingin melakukan hal mendasar seperti makan atau bergerak saja.

7. Menstruasi Tidak Teratur

Apakah anda pernah merasakan menstruasi tidak teratur dan juga mengalami gangguan pada haid anda ? Misalnya menstruasi 2 kali dalam sebulan, atau mengalami flek berkepanjangan sebelum menstruasi padahal sebelumnya tidak pernah seperti itu ?

Nah jika hal tersebut terjadi bisa jadi takaran pas untuk seseorang mengalami depresi terselubung dan juga depresi yang tersembunyi. Seringkali anda merasa tertekan dan lari ke arah hormon tubuh, mungkin tidak dirasakan secara langsung namun hal tersebut terjadi akibat dari ketidak sesuaian dan tekanan yang ada pada tubuh. Jangan khawatir jika hal ini terjadi dan tenangkan diri anda dengan merelaksasikan diri, jangan terus menerus menggunakan obat-obatan.


8. Sembelit

Nyatanya sembelit bisa menjadi gejala atau ciri bahwa anda depresi terselubung. Dimana Tanda & Tanda Stress dan Gejalanya menyatakan bahwa sembelit bisa menjadi salah satu tanda depresi. Sulit buang air besar akibat ada ketidak teraturan makan-makanan anda dan juga sistem pencernaan.

Terlepas dari hal apa sistem pencernaan bisa berpengaruh pada depresi, namun kenyataaanya memang ada kaitannya. Jika anda tidak ingin sembelit maka coba rileksasikan diri anda dan jangan tertekan terhadap masalah yang ada.

9. Lemah Syahwat

Ketika anda sedang depresi pikiran akan penuh dengan tekanan dan tidak sempat memikirkan yang namanya sex atau keinginan untuk berhubungan intim.

Hal ini wajar terjadi, karena banyaknya pikiran seseorang membuat saraf keinginan untuk melakukan sex tidak berfungsi seperti biasanya. Umumnya seseorang yang melakukan sex dikarenakan dorongan rasa bahagia, suka, sayang, ingin dan sebagainya dan semua rasa tersebut akan terhalang karena permasalahan dan tekanan.

10. Mati Rasa

Mati rasa merupakan efek terakhir yang bisa saja terjadi pada mereka yang depresi terselubung. Dimana mati rasa mengindikasikan bahwa orang tersebut mengalami permasalahan yang amat dalam namun tidak ingin atau tidak bisa menunjukannya.

Hal ini berdampak pada perasaannya yang dikesampingkan dan sengaja dibuat sebagai rasa yang kebal. Selain itu, mati rasa sering membuat seseorang menjadi tidak ramah, kesal sendiri, lupa akan berbagai hal dan juga sulit untuk bergaul.

Faktanya banyak masyarakat khususnya di Indonesia yang mengalami depresi terselubung akibat aktifitas yang mengikat dan juga permasalahan yang tak kunjung reda, dari sekian banyak depresi masalah keuangan dan ekonomi termasuk salah satu faktor terbesarnya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi