Sponsors Link

13 Macam-Macam Tata Krama dalam Kehidupan

Sponsors Link

Tata krama merupakan sikap dan kata-kata yang selalu digadang-gadangkan di antara masyarakat Indonesia. Tata krama merupakan hal terpenting, terutama karena Indonesia memiliki budaya yang kental dan peraturan tidak tertulis yang sangat-sangat bagus.

ads

Tata krama sendiri terdiri dari dua kata, dimana Tata Artinya adat, norma sedangkan untuk Krama artinya sopan santun atau aturan dari sebuah tindakan. Jadi tata krama memiliki arti norma atau sebuah kebiasaan yang mengatur sikap sopan dan santun dan disepakati oleh lingkungan. Sistem pengaturan dalam pergaulan yang harus memiliki sikap saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun. Tata krama juga membantu Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk.

Berikut ini 13 macam tata krama yang bisa anda kenali, diantaranya adalah :

1). Tata Krama Berbicara

Banyak yang mengatakan bahwa seseorang dinilai berpendidikan atau tidak dari tata krama berbicaranya. Bukan berarti yang banyak basa-basi menjadi orang yang berpendidikan, namun mereka yang tahu bagaimana berbicara di tempat yang tepat dengan kondisi yang tepat bisa merupakan tata krama berbicara yang benar. Sulit memang, namun jika anda memiliki kebiasaan buruk sebaiknya cepat diubah.

2). Tata Krama Makan

Selanjutnya ada tata krama makan, dimana anda pernah menemukan seseorang yang mungkin makan dengan sembarangan, bersendawa, kentut atau sebagainya yang membuat orang lain tidak nyaman atau bahkan merasa tidak nafsu makan ? adanya tata krama tak lain karena ingin membuat semua orang yang makan bersama merasa nyaman, bukan karena terlihat anggun dan juga cantik.

Tata krama makan setiap budaya memang berbeda, ada yang harus bersuara ada juga yang tidak boleh bersuara ketika makan. Semua ada maknanya, namun di Indonesia yang tidak bersuara dan tenang ketika makan dianggap sebagai kesopanan yang paling bagus.

3). Tata Krama Bertamu

Ketika bermain atau bertamu ke rumah orang lain tentu anda harus mengutamakan kesopanan. Sebagai orang lain yang mampir atau datang kita harus menunjukan rasa terima kasih sebagai tamu karena telah disambut dan diperlakukan dengan baik. Tamu memang raja, namun kita juga harus sadar bahwasannya tamu memang merepotkan.

4). Tata Krama Penampilan

Tata krama penampilan, apa yang dimaksud tata krama penampilan. Yaitu, penampilan yang sesuai dengan kebutuhan dan acara. Misalnya anda tidak mungkin mengenakan gaun di acara formal kenegaraan dan sejenisnya. Tata krama menunjukan kesiapan dan kesesuaian kita berpenampilan dalam sebuah acara, bukan berarti harus selalu tertutup dari ujung kaki ke ujung kepala. Tata krama penampilan berarti menjaga penampilan agar tetap bagus untuk dilihat namun tidak terlalu terbuka.

Sponsors Link

5). Tata Krama Pergaulan 

Bergaul merupakan cara manusia untuk bisa dekat dan bersosialisasi dengan teman dan sekitarnya, faktanya ketika anda bergaul seringkali muncul masalah. karena tidak menghargai atau karena sulit untuk dihargai. adanya tata krama pergaulan akan membantu menjadi Cara Menghilangkan Sifat Egois dalam diri seseorang ketika bergaul.

6). Tata Krama pada yang Berbeda Usia

Tata krama pada berbeda usia mungkin sering dibicarakan sebagai senioritas. Padahal sebenarnya bukan senioritas, menghargai dan menghormati sangatlah penting. Dimana usia muda menghormati yang lebih tua namun yang lebih tua juga menghargai yang lebih muda, dan itulah tata krama dengan orang yang berbeda usia.

7). Tata Krama Bekerja

Saat anda bekerja maka anda akan bertemu dengan berbagai orang, Macam-Macam Sifat Manusia yang bisa jadi cocok dengan anda atau justru kontra dengan anda. Namun apapun sifatnya sudah tentu anda harus bisa bersikap baik dan menerapkan tata krama atau sopan santun di pekerjaan.

8). Tata Krama Siswa 

Sebagai pelajar tentu tidak sembarangan dalam bersikap, dimana sekolah sudah dianggap sebagai tempat yang harus dimanfaatkan untuk mendapatkan pelajaran tata krama yang tepat pada siswa. Jangan sampai, sekolah tidak mengajarkan moral yang seharusnya dan menyebabkan siswa tidak taat pada sopan santun yang seharusnya siswa lakukan.

Sponsors Link

9). Tata Krama Pendidi

Tata krama pendidik sangatlah penting, dimana pendidik dianggap sebagai sosok yang paling dihormati atau ditiru oleh banyak orang. Manfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan salah satunya bisa membantu anda untuk tahu bagaimana bersikap sebagai seorang pendidik.

10). Tata Krama Bersolek

Bersolek memang harus ada tata kramanya ? sudah tentu ada, dimana anda tidak bisa sembarangan berdandan atau bersolek dengan bebas. Maksudnya adalah, ada beberapa aturan dimana anda tentunya tidak bisa bersolek bebas pada momen tertentu seperti pemakaman, dan hal lainnya karena akan menyinggung keluarga yang berduka dan dianggap tidak sopan.

11). Tata Krama Meminta Bantuan

Seringkali banyak orang yang meminta tolong namun tidak memberikan kata terima kasih atau tolong. Padahal hal tersebut adalah tata krama mendasar dalam hal meminta bantuan, karena dari situ orang yang menolong anda akan merasa dihargai dan dibutuhkan.

12). Tata Krama Bicara Depan Umum 

Seringkali ketika berbicara di depan orang lain anda merasa gugup dan melakukan kesalahan, hal ini masih ditoleransi karena setiap manusia bisa saja melakukan kesalahan. Namun bagaimana dengan tata krama bicara di tempat umum, tentu yang tidak menyinggung atau membawa suatu kaum atau kelompok dan menghargai. Kemudian jangan lupa untuk menjaga cara serta kata yang anda bicarakan.

13). Tata Krama Lainnya

Tata krama lainnya yang bisa anda terapkan di kehidupan sehari-hari seperti halnya ketika menelpon, memohon izin dan hal lainnya yang sebenarnya tidak kita sadari membutuhkan sopan santun namun sebenarnya penting.

Demikian penjelasan terkait macam macam tata krama yang masih sering diterapkan di lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial