Sponsors Link

10 Cara Menyikapi Gaya Hidup Modern dengan Baik

Sponsors Link

Apa menurut anda mengenai gaya hidup yang dijalankan sekarang ini ? gaya hidup yang biasa dilakukan seperti duduk di cafe, makan dan mencoba restoran baru, jalan-jalan, travelling, mencari uang dengan berbagai usaha dan mencoba menjalankan hidup dengan seunik dan sebahagia mungkin. Hal ini biasa disebut sebagai gaya hidup modern.

ads

Jika membicarakan mengenai gaya hidup modern ada plus dan minus yang didapatkan dari para pelaku, baik jika dilihat dari keuntungannya yaitu gaya hidup modern membawa dampak bahagia, sesuatu yang baru dan unik, berbeda dan sebagainya. Sedangkan untuk gaya hidup modern membawa sisi tajam di tempat lainnya seperti menambah budaya konsumtif, boros, dan hal lainnya. Baca Implikasi Behavioristik Pada Psikologi Klinis.

Lantas bagaimana cara tepat dalam menyikapi arus gaya hidup ini agar tetap bisa mengikuti namun dengan aturan yang sesuai, berikut ini ulasannya :

  1. Identik dengan Hal Baru

Jika anda termasuk atau bagian dari pelaku gaya hidup modern maka anda identik menerima hal baru. Bagi masyarakat modern hal baru merupakan sebuah hal yang menarik dan memancing rasa penasaran. Banyak yang berlomba mencoba mencari tahu dan menggali hal baru tersebut tanpa takut ataupun khawatir akan membahayakan.

Hal baru ini bisa anda ikuti dalam beberapa bidang seperti informasi, teknologi dan sejenisnya. Namun tidak semua hal baru bersifat baik, jangan lupa untuk pilah dan saring terlebih dahulu. Namun juga jangan ditolak karena perubahan sifatnya memaksa. Kesimpulannya anda sendiri harus mengikuti mau tidak mau.

  1. Menghargai Waktu

Semakin modern banyak kegiatan baru yang memancing anda untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan teknologi dan manajemen waktu anda. Tak jarang orang yang bergaya hidup modern memiliki aturan waktu yang sangat baik. Berkat teknologi mereka lebih mudah mengerjakan atau melakukan kegiatan sehingga berjalan dengan mudah ataupun efisien.

Namun disisi lain ada orang yang ternyata berkebalikan. Mereka termakan nafsu dan keinginan, sehingga gaya hidup modern yang dimaksud justru membuang waktu dan tidak menghargainya. Mereka yang menjalankan hidup seperti ini baru bisa menyesal di akhir karena menyianyiakan waktu mereka. Seringkali di masa sekarang remaja yang menghabiskan waktu untuk duduk dan ngobrol tanpa memberikan hal yang bermanfaat.

  1. Perencaan Matang

Kehidupan modern tak melulu buruk, beberapa pola kehidupan semakin modern semakin teratur. Karena hal inilah banyak orang yang mencoba menyikapinya dengan merencanakan kehidupan sebaik dan sebagus mungkin. Agar mereka tidak mengalami masalah dan juga bisa berjaga-jaga, seperti halnya investasi jangka panjang, asuransi kesehatan, pendidikan yang disiapkan sejak anak kecil dan sebagainya.

Perencanaan matang ini bisa menjadi salah satu cara menyikapi gaya hidup modern yang baik dan positif. Selain itu perencanaan matang bisa membantu orang disekitar kita merasa lebih aman dan juga terkendali. Misalnya seorang ayah yang menjadi tulang punggung jelas berhasil memberikan jaminan di masa depan jika ayah tersebut meninggal tiba-tiba atau sakit. Mengingat kita tidak pernah tahu kapan dan dimana kematian menjelang.

  1. Percaya pada IPTEK

Dalam gaya hidup modern, seringkali manusia lebih percaya pada apapun yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama jika sudah ada bukti, teori atau penggambaran. Dimana masyarakat modern lebih mengutamakan logika dan hal yang bersifat masuk akal dibanding masyarakat jaman dahulu.

Sponsors Link

Sayangnya hal ini berdampak pada mereka yang jauh dari keyakinan dan juga banyaknya muncul agama dan kepercayaan yang aneh dan menyesatkan. Tidak semua ilmu tidak membahas agama, contohnya Psikologi Agama tetap ada.

Selain itu bagi banyak masyarakat modern, agama dan kepercayaan seringkali menjadi warisan atau peninggalan saja dari masyarakat dan nenek moyang mereka dan jarang mempraktekan atau mengaplikasikan kembali budaya dan kebiasaan kepercayaan yang pernah ada. Sebenarnya itu kembali pada masing-masing orang namun bukankah lebih baik meskipun modern kita tetap berpegang pada kepercayaan.

  1. Instan

Mengingat modern merupakan hal yang ditujukan untuk memudahkan manusia, maka masyarakat terbiasa untuk hidup serba instan. Tidak perlu membuat atau lelah menunggu semua bisa didapat dengan mudah. Makanan, pekerjaan, transportasi semua yang digunakan dan dibutuhkan yang serba instan.

Padahal sebenarnya hal yang instan juga belum tentu berefek baik. Tidak terlihat sekarang ini namun jangka panjangnya bisa jadi buruk. Hal ini termasuk yang sering terjadi pada manusia dan bagaimana masyarakat modern mengonsumsi makanan sekarang ini. Meskipun instan erat kaitannya dengan manusia modern, baiknya jauhi hal yang memang berdampak buruk dikemudian hari dan cobalah untuk pola hidup yang lebih teratur, meskipun butuh proses namun aman dan tentu tidak berdampak panjang.

ads

  1. Mobilitas Tinggi

Masyarakat yang hidup di dunia modern memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Banyak kegiatan yang dilakukan dan banyak yang harus dilakukan. Sayangnya beberapa masyarakat memang melakukan mobilitas tinggi namun tidak ada dampak apapun ataupun tidak ada efek yang diberikan. Sehingga hal ini menjadikan gaya hidup modern seringkali tidak bertujuan dan menghabiskan waktu saja.

Karena kegiatan yang dilakukan bisa banyak dan beragam, anda harus tetap memilah yang mana yang bermanfaat dan juga berkualitas. Jangan sembarangan memilih dan melakukan hingga akhirnya anda sadar bahwa itu hanya buang-buang waktu saja. Mobilitas tinggi namun tetap bermanfaat dan menghasilkan, jelas masih banyak yang berpikir seperti itu. Termasuk anda bukan ?

  1. Terbebani Gengsi dan Status

Masyarakat modern melihat banyak hal baik dari status, latar belakang, gengsi dan hal lainnya. Padahal dalam manusia hal tersebut bersifat negatif dan akhirnya memberatkan. Tak jarang masyarakat modern berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan gengsi mereka. Hal seperti ini akan menjadi bomerang yang bisa menghancurkan kehidupan anda sendiri.

Menyikapi kejadian ini menjadikan anda harus bisa berpikir dengan realistis dan terbuka. Bahwa gengsi dan status bukanlah hal penting yang harus anda jadikan prioritas. Kebahagiaan dan juga efek positiflah yang harus anda utamakan. Jika terbebani dengan omongan orang lain maka tidak akan ada habisnya, mereka memang mencoba mencari 1 kesalahan dalam 1000 kesempurnaan. Jika anda menuruti jelas tidak akan pernah habis atau selesai.

  1. Haus perhatian

Banyak sekali masyarakat yang bergaya hidup modern haus akan perhatian. Bukan tanpa sebab seringkali beberapa rentetan kejadian yang merugikan (lebih banyak) dibanding menguntungkan jelas hanya bermotif ingin perhatian dan pengakuan. Memang dalam ilmu psikologi sosial, pengakuan masyarakat luas sangatlah penting.

Baik itu kesannya buruk ataupun baik, sehingga individu tersebut merasa bahwa mereka bagian dari golongan. Namun salah jika haus perhatian direalisasikan dengan cara yang merugikan banyak orang. Anda harus bijaksana dan bisa menempatkan kebutuhan dan keinginan pengakuan tersebut.

  1. Daya saing tinggi

Anda tentu tahu arus urban tinggi menjadikan anda tidak bisa berdiam diri dan melihat apa yang terjadi. Anda akan terseret arus dan juga mati seketika. Tidak akan ada yang tahu masa depan atau masalah seperti apa yang bisa menghantui masyarakat modern. Namun jelas daya saing itu memaksa anda untuk mengatur strategi dan bagaimana caranya agar bisa hidup dengan baik dan berjalan lancar. Baca Hakikat Perasaan dalam Psikologi.

Banyak yang mengatur dengan cara sekolah dengan baik, meraih jenjang pendidikan setinggi mungkin, bekerja dengan banyak pengalaman, karir yang dikejar, material sebagai takaran dan sebagainya. Untuk menyikapinya jelas anda juga harus terpicu untuk bersaing namun harus dalam jalan yang sesuai dan jangan sampai merugikan banyak orang.

Sponsors Link

  1. Mengikuti berbagai Organisasi

Sulit memang mendapatkan pekerjaan di masa modern dengan modal yang pas dan juga tidak memiliki perbekalan. Seperti halnya pergi ke medan perang dengan modal keahlian memanah, sayangnya panah anda hanya tersisa 2. Nyatanya, gaya hidup dan Aplikasi Psikologi Sosial Dalam Bidang Organisasi tidak bsia dipisahkan.

Hal seperti ini tidak bisa dihindari, berkaitan dengan poin sebelumnya dimana arus global yang tinggi menyebabkan daya saing yang tinggi juga. Anda bisa mengikuti berbagai organisasi dan komunitas, tentu pilah yang bermanfaat dan memberikan dampak positif. Bukan yang menyesatkan dan menyulitkan.

Setelah itu kembangkan potensi diri anda, cari pengalaman dan barulah mencari kerja atau mengembangkan karir sesuai keinginan dan kemampuan anda. Mengikuti berbagai organisasi dengan cara seperti ini jelas salah satu pemikiran atau bagaimana orang modern bersikap.

Ada banyak lagi cara menyikapi gaya hidup modern agar tidak menjebak anda pada hal yang buruk atau yang tidak diinginkan. Perlu diingat bahwa apapun arusnya dan bagaimana kehidupan berjalan kedepannya anda harus memutuskan seperti apa gaya hidup yang akan anda lakukan dan pilih yang paling bijaksana. Jelas bijaksana agar tidak merugikan orang lain dan tentu diri anda sendiri.

Demikialah yang dapay disampaikan, senoga bisa bermanffa

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial