Sponsors Link

13 Cara Memahami Orang Menurut Psikologi

Sponsors Link

Manusia memang memiliki pikiran yang beraneka ragam, bahkan banyak yang mengatakan bahwa pikiran manusia layaknya lubang yang tidak pernah diketahui kedalamannya. Untuk itu pemahaman masing-masing orang akan sebuah kejadian bisa saja sama namun tak menutup kemungkinan berbeda.

ads

Hal inilah yang menimbulkan perbedaan dan pertikaian namun juga menimbulkan harmonisasi karena masing-masing kekurangan ditutupi dengan kelebihan yang berbeda-beda seperti Cara Mengambil Hati Orang Introvert 2, Cara Membaca Pikiran Orang Menurut Psikologi dan lainnya.

Berikut ini kita akan membahas mengenai Cara Memahami Orang Menurut Psikologi, dari sisi psikologi pemahaman orang ada banyak dan semuanya bisa anda pelajari serta aplikasikan terlepas buruk ataupun baik. apa saja ?

1. Perhatikan gerak tubuhnya

Gerakan tubuh tidak akan pernah berbohong, kalaupun berbohong yang harus anda tahu adalah gerak tubuh akan bekerja dengan ekstra untuk menutupi kebohongan mereka. Sehingga untuk memahami seseorang anda bisa melihat gerak tubuhnya.

Mereka yang bekerja dengan lambat tentu akan memiliki gerakan yang lembut juga, tidak mungkin kerjanya lambat namun gerakan tubuhnya sigap. Itu adalah dua karakter yang berkebalikan atau opposite.

2. Bagaimana mereka berbicara

Bicara merupakan salah satu takaran seseorang dengan kondisi yang baik, tidak baik, sedang dalam tekanan, membual, berpengalaman, gugup dan sebagainya.

Seringkali banyak orang salah paham akan karakter si A karena bicara mereka yang kasar, atau sebaliknya ternyata di balik bicaranya yang lembut tersimpan karakter dan sikap yang menyeramkan.

Bagaimana mereka berbicara membantu anda dalam memahami orang lain, meskipun tidak 100% tahu.

Seperti yang harus anda pahami manusia memang memiliki lidah yang tidak bertulang namun bisa lebih tajam dibandingkan pisau. Pembicaraan bisa lebih membahayakan dibandingkan tindakan.

3. Berikan pertanyaan

Memberikan pertanyaan bisa jadi cara ampuh untuk mengetahui dan memahami orang lain. Namun jika penyampaian anda salah maka kesannya akan seperti interogasi atau pertanyaan panjang yang seolah-olah anda ingin tahu kehidupan orang lain.

Memberikan pertanyaan sedikit namun mendalam lebih bagus dibanding banyak dan mengambang.

4. Pahami sudut pandang

Setiap orang memiliki sudut pandang berbeda, layaknya berdiri di sebuah gedung biasanya gedung inilah yang berbeda-beda setiap orang. Mereka yang berdiri di gedung dengan tingkatan rendah jelas tidak bisa melihat seluas yang berada di gedung dengan tingkatan yang tinggi.

Untuk bisa memahami orang lain anda harus berpikiran sama atau berada di sudut pandang yang sama.

Sekedar memahami bukan masalah yang penting anda tidak perlu terbawa sudut pandangan tersebut apalagi jika hal tersebut termasuk buruk untuk anda. Cara Melihat Karakter Seseorang Menurut Psikologi bisa membantu memahami sudut pandang.

Sponsors Link

5. Lemparkan sebuah isu/masalah

Masalah bisa menjadi cara seseorang untuk menilai orang lain. Masalah menekan banyak hal termasuk pikiran seseorang. Seberapa jernih dan bagaimana mereka menanggapi dan menemukan solusi dari sebuah masalah bisa jadi bantuan besar untuk anda memahami orang tersebut.

6. Ajak bercanda

Sebuah candaan terkadang menjadi masalah jika anda tidak dalam level yang sama. Maksudnya setiap orang memiliki pandangan yang berbeda, anda bisa memahami seseorang dari bercandaannya.

Ada yang kaku sehingga mereka tidak suka candaan, ada yang senang mengobrol dan bercanda dengan sikapnya yang cuek dan membawa segala hal sebagai sesuatu yang biasa saja.

7. Fokus akan satu hal

Fokus pada satu hal membantu anda memahami orang lain. Anda berbicara mengenai politik dan mengorek berbagai pandangan yang mereka bicarakan, maka setidaknya anda memahami cara mereka berpolitik selama ini.

Atau misalnya anda membicarakan mengenai sebuah daerah tempat makan yang rasanya enak maka mereka akan memberikan pandangan dan selera yang mereka miliki. Disitulah anda bisa memahami sifat dan karakter orang lain.

8. Kenali hal yang disuka dan tidak disuka

Meskipun ini masalah selera, namun mengetahui apa yang mereka sukai dan tidak sukai bisa jadi cara tepat untuk memahami orang lain.

Ada yang senang keindahan, kerapihan dan segala hal yang teratur membuat kita tahu bahwa karakter orang tersebut adalah rapi dan juga sesuai dengan planning atau rencana. Hal yang tidak orang lain suka juga bisa jadi kunci untuk memahami orang lain.

9. Perlihatkan hal baik dan buruk

Hal baik dan buruk terkadang ada batasannya, namun batasan tersebut dibuat agar jelas. Sebagian orang merasa bahwa duduk di pinggir pantai dan menikmati makanan bukanlah hal yang aneh dan biasa saja.

Namun bagi orang yang menjaga kebersihan pantai dan laut makan di sisi pantai jelas kotor dan bisa mencemari pantai. Dari sini anda bisa memahami sudut pandang dan cara berpikir orang lain.

Sponsors Link

10. Buat percakapan yang aktif

Percakapan yang aktif mampu mengundang jati diri yang sebenarnya untuk muncul, meskipun dari 10 orang yang anda ajak bicara mungkin 2 orang tetap bertahan dengan prinsip tidak ingin mengobrol dengan orang yang bukan dari lingkungan atau yang membuat nyaman mereka.

Hal seperti itu sudah menjadi karakter dan tidak bisa diubah. Namun dari percakapan yang aktif anda dapat memahami orang lain.

11. Jangan menuduh

Menuduh merupakan hal yang buruk untuk dilakukan baik pada mereka yang sudah anda kenal lama maupun yang baru anda kenal.

Selalu pahami peribahasa don’t judge book from the cover hal ini menjelaskan untuk memahami orang lain jangan menuduh dan mensugestikan apapun terlebih dahulu. Karena pendapat anda tentang mereka akan berubah menjadi subjektif jika diawal sudah menuduh.

12. Jangan batasi benar dan salah

Terkadang anda tidak bisa memahami orang lain akibat prinsip yang anda gunakan dalam hidup diterapkan pada orang lain.

Saat anda mencoba memahami orang lain maka sisikan batasan benar dan salah. Bukan menghapus melainkan menggeser sedikit batasan antara benar dan salah. Agar anda bisa melihat batas toleransi yang pasangan atau lawan anda buat.

Apakah untuk anda mereka termasuk yang cukup baik atau sebaliknya, dari sana anda baru bisa memahami mereka.

13. Dengarkan cerita mereka

Untuk bisa memahami siapa mereka atau siapa orang lain, mendengarkan cerita merupakan hal yang paling ampuh dan mudah.

Dengan cerita kita akan tahu apa saja yang mereka putuskan, apa yang mereka alami, bagaimana mereka menghadapi masalah dan bagaimana mereka mempercayai kita untuk mendengarkan cerita mereka. Semua bisa menjadi sebuah kesimpulan untuk memahami karakter seseorang.

Dengan 13 poin diatas diharapkan anda lebih mudah dalam memahami orang lain menurut psikologi. Memang manusia sulit untuk bisa dipahami seutuhnya, namun saling mengerti dan menghormati akan membawa keadaan menjadi lebih baik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :