Sponsors Link

Cabang Cabang Psikolinguistik

Sponsors Link

Psikolinguistik ialah gabungan dari ilmu psikologi dan linguistik, yakni berhubungan dengan studi tentang proses mental dalam pemakaian bahasa. Secara lebih luas, psikolinguistik mempelajari mengenai bagaimana respon seseorang secara psikologi ketika mendengar kalimat kalimat tertentu yang didengarnya ketika ia berkomunikasi dengan orang lain dan bagaimana kemampuan bahasa yang dimilikinya.

ads

Psikolinguistik sendiri memiliki berbagai cabang ilmu yang semuanya mempelajari hal hal yang berkaitan dengan psikologi dan dengan bahasa, yakni bagaimana dan mengapa bahasa itu ada, bagaimana bahasa pertama yang didengar seorang anak pertama kali dan bagaimana proses pemahamanannya serta penyampaiannya dalam berkomunikasi dengan orang lain. Berikut cabang cabang psikolinguistik beserta penjelasan lengkapnya.

1. Psikolinguistik Teoristik

Ialah cabang yang mengkaji hal hal yang terkait dengan teori bahasa misalnya mengenai hakikat bahasa dan ciri bahasa manusia. Bidang ini mempelajari mengenai bagaimana pengungkapan yang disampaikan manusia dalam berbahasa, misalnya dengan sikap atau bahasa tubuh seperti apa yang tampil dan apa perbedaan bahasa manusia satu dengan yang lain serta pengaruh apa saja yang bisa mengubahnya. (Baca juga mengenai peranan psikologi dalam usaha perhotelan).

Misalnya ialah adanya perbedaan antara ciri bahasa modern dan bahasa tradisional, pada bahasa modern semuanya sudah tersampaikan dengan kata kata dan satu sama lain memahami, sedangkan bahasa tradisional di jaman terdahulu seringkali terlihat gerakan tubuh untuk memperkuatnya, ciri bahasa itulah yang dipelajari menjadi berbagai teori. (Baca juga mengenai peran psikologi dalam dunia teologi).

2. Psikolinguistik Perkembangan

Berhubungan dengan pemerolehan bahasa baik bahasa pertama maupun kedua yang digunakan dalam kehidupan sehari hari, bahasa apa yang menjadi bahasa utama dan menjadi bahasa yang paling mudah digunakan serta menjadi bahasa yang paling penting dalam keseharian, tiap bahasa selalu memiliki perkembangan yang terjadi dari pengaruh luar. (Baca juga mengenai cara membuat anak fokus dan konsentrasi).

Misalnya adalah adanya perubahan bahasa yang digunakan anak muda jaman sekarang dengan anak muda jaman dahulu yang dulunya sering menggunakan bahasa daerah masing masing dalam keseharian kini telah berubah menjadi bahasa percampuran antara bahasa daerah, bahasa inti di negara tersebut, serta bahasa dari barat yang terkadang dibuat singkatan singkatan tertentu untuk lebih mudah dipahami dan disampaikan. (Baca juga mengenai cara menyikapi fanatisme ekstrim).

3. Psikolinguistik Sosial

Mengkaji tentang aspek aspek sosial bahasa tentang akulturasi budaya dan sikap bahasa, tentang bahasa yang disampaikan secara langsung kepada orang lain atau kepada orang orang di sekitarnya dalam kehidupan sosial atau dalam kehidupan sehari hari, hal itu akan menjadi dasar dalam berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain. (Baca juga mengenai cara melatih fokus anak autis).

Misalnya adalah seseorang yang terbiasa menggunakan bahasa daerah yang sopan dalam keseharian dan dibedakan pengungkapannya, yakni pengungkapan pada orang tua atau orang yang disegani dengan lebih halus dan penyampaian secara biasa kepada orang atau teman seumuran, hal itu yang akan menjadi perbedaan dalam ia bersosialisasi.


4. Psikolinguistik Pendidikan

Ialah cabang Psikolinguistik tentang pengajaran bahasa pada umumnya yang diajarkan atau dipelajari dalam kehidupan pendidikan sehari hari, ilmu ini mempelajari mengenai bagaimana seorang guru mengajarkan kebiasaan bahasa pada muridnya atau bagaimana seorang murid mampu memahaminya dan menerimanya.

Jika kedua belah pihak mampu memahami satu sama lain maka akan tercipta pembelajaran dan pendidikan yang menyenangkan serta mampu memahami apapun bidang yang diajarkan, hal itu juga akan mempengaruhi kenyamanan dalam belajar dan menjadikan hubungan yang dekat antara guru yang mengajar dengan murid yang diajar.

5. Neuropsikoliungistik

Cabang selanjutnya ialah hubungan manusia dengan otak manusia tentang kemampuan berbahasa, bagian otak yang manakah yang berpengaruh pada kemampuan berbahasa seseorang dan bagaimana cara untuk meningkatkan serta memaksimalkan hal tersebut, hal itu penting sebab menjadi bahan bagi orang tua untuk mengajarkan pemahaman mengenai pendidikan berbahasa sejak dini pada anak anaknya.

Teori ini dipelajari oleh ilmuwan dan sering menjadi dasar dalam ilmu kesehatan yang berhubungan dengan pelatihan anak untuk bisa memiliki kemampuan berbahasa yang terbaik dan bisa memiliki kemampuan sosial yang baik sehubungan dengan bahasa yang dimiliki dan menjadi dasar pula untuk proses kecerdasan selanjutnya yang dimiliki oleh anak atau seseorang tersebut.

6. Psikolinguistik Eksperimental

Eksperimental dalam semua bidang yang melibatkan bahasa dan perilaku berbahasa juga dipelajari, yakni yang berhubungan dengan segala jenis percobaan dalam kehidupan sehari hari, dari segala percobaan tersebut didapatkan teori yang terbaik dan cara terbaik untuk bisa memiliki bahasa yang mudah dipahami.

Bahasa memang menjadi dasar semua orang dalam berhubungan dengan orang lain dan menjadi dasar dalam memahami orang orang di sekitarya, ketika berada di tempat yang asing dan tidak mengetahui bahasa yang diungkapkan tentu akan menjadi kebingungan tersendiri bagi orang tersebut karena tidak mampu mengetahui apa yang terjadi pada sekitarnya.

Sebab itu perlu untuk memahami bahasa tertentu ketika mengunjungi tempat yang sebelumnya tidak dikenal, jika tidak ada yang mampu memahami maka ia akan sulit mendapatkan segala hal, baik itu berupa pemenuhan kebutuhannya sendiri atau mengenai cara ketika ia meminta pertolongan ketika berada dalam kesulitan.

7. Psikolinguistik Terapan

Ialah penerapan temuan di atas dalam bidang bidang tertentu di kehidupan sehari hari, segala teori di atas diterapkan secara langsung dan menjadi perhatian khusus apa saja yang menjadi kemudahan dan menjadi kesulitan dalam penerapannya sehari hari, dalam penerapan pun akan mampu dipahami bagaimana sikap manusia dan bagaimana karakter manusia berhubungan dengan bahasa yang diungkapkan kepada orang lain.

Bidang bidang tersebut antara lain pendidikan, pengajaran, neurologi, psikiatri, komunikasi, kesastraan, dll. Terapan dalam bidang tersebut berhubungan dengan bagaimana penyampaiannya dan bagaimana cara untuk memahami antara kedua pihak yang berhubungan yang akan menghasilkan komunikasi yang dipahami oleh keduanya serta menimbulkan sikap sikap atau respon tertentu.

Respon yang timbul misalnya ialah berupa pertanyaan, sanggahan, kritikan, atau respon positif, respon tersebut terjadi dari pemahaman yang dimiliki dan bagaimana bahasa tersebut disampaikan, sebab itu Psikolinguistik memang memiliki peran penting dalam kehidupan sosial sehari hari.

Demikian artikel kali ini, semoga menjadi wacana yang bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk selalu membaca artikel di website kami untuk menambah pengetahuan mengenai dunia psikologi. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi