Sponsors Link

Sejarah Psikometri dalam Psikologi Lengkap

Sponsors Link

Secara psikologis, manfaat psikometri  di dalam psikilogis, merupakan sebuah cabang ilmu psikologi yang dimana saling berkaitan dengan jenis pegukuran  jenis atribut psikologis. misalnya saja IQ, EQ, SQ. dalam perilaku ini terdapat hubungan antara hubungan ekstrovert dan introvert serta adanya sebuah motivasi, kepercayaan diri.

ads

Menurut ilmu tersebut saat benda baik hidup ataupun mati yang di dalamnya tedapat energi yang di dalamnya terdapat benada sendiri. namun di dalam dunia psikologi dalam hal ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah aura.

Di dalam psikometri manusia memusatkan perhatiannya dalam sebuah pengukuran dimana di dalamnya terdapat psikologis manusia. jika kita membahas mengenai yang namanya pengukuran, tingkah laku, perilaku juga mengenai sesuatu yang dibutuhkan.

Kemudian, di dalam sejarah psikometri yang namanya pengukuran tingkah laku secara kuantitatif berhubungan dengan psikologi perkembangan yang dilakukan oleh seorang ahli bernama Francis Galton (1983) pada awalnya galton mengukur kemampuan visualnya, lalu dia mendengar, mengenai sebuah kecepatan reaksi melalui ambang pengindraan.

kemudian galton melakukan kerja sama dengan karl pearson, dimana di dalam penelitian tersebut terdapat hal yang berkaitan dengan ebuah kemampuan ketajaman penglihatan. di dalam hal tersebut membuat spekulasi orang yang memiliki ketajaman penglihatan memiliki hasil belajar yang cukup tinggi. dalam pernyataan ini juga dapat menjawab berbagai pertanyaan yang muncul, bahwa terdapat teknik korelasi diantara product moment dari pearson.

Kedudukan psikometri

Psikometri juga bisa dijelaskan sebagai sebuah pengukuran konsep dan juga teknik pengukuran di dalam psikologi. belajar dari  konsep yang dideskripsikan dengan menggunakan pengukuran  yang bersifat kuantitatif. sehingga di dalamnya akan sangat tampak jelas bahwa psikometri memiliki konsep statistika.

Bila merujuk ke dalam psikologi. yang merupakan sebuah ilmu yang bertujuan untuk memahami perilaku manusia. dimana karaketristik tersebut terdiri dari beberapa faktor yang terdiri motivasi, kebiasaan, minat dan juga yang lainnya diketahui telah melalui proses pengukuran dibandingkan dnegan beberapa kriteria. untuk selanjurnya dilakukan anlisi untuk mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa adanya kondisi individu tersebut, lalu dibuat kembali sebuah prediksi.

Ruang Lingkup Psikometri

Dalam ruang lingkup psikometri, merupakan pengembangan sebuah masalah teori dan juga moderl pengembangan dasar-dasar evaluasi megenai kualitas tes. di dalam tahap aplikasinya teori psikometri memberikan landasan fundamental dalam sebuah perancangan dan juga pengembangan di dalam tes psikologi.  dengan cara menggunakan cara yang lebih seksama dan juga efisien dalam perkembangan teori psikometri.

Sejarah  perkembangan psikometri dalam psikologis juga mencakup beberapa hal diantaranya:

  • Saat jaman kerajaan cina dinasti Han dan juga Dinasti Ming untuk melakukan evaluasi dan juga promosi kerja.
  • Charles Darwin dan juga perbedaan idividu
  • Dipengaruhi oleh lingkungan
  • Mendorong studi psikologi dan juga eksperimen dalam penggunaan alat tes modern misalnya francis galton berdasarkan klasifikasi natural gifts

Budaya dan juga Pengukuran di dalam psikologis

Menurut Henry goddard Budaya juga bisa mempengaruhi dari hasil pengukuran psikoologis.

  • Adapun berbagai isu budaya yang dipengaruhi dalam pengkuran psikologis yaitu berupa komunikasi non verbal, komunikasi verbal beserta standar evaluasi.
  • Terdapat dorongan yang dilakukan culture spesific test revisi dan juga alat-alat dengan mengisolasi variabel budaya di dalam alat tes
  • Biasanya penggunaan alat tes hanya dapat digunakan untuk budaya tertentu tetapi bisa digunakan di dalam penggunaannya untuk budaya lain
Sponsors Link

Psikologi assesment

Terdapat  macam macam skala pengukuran dalam psikologi  dan proses pengumpulan data-data yang di dalamnya etrkait dalam aspek psikologis yang biasa digunakan dalam melakaukan evaluasi dalam psikologis tertentu:

  • Studi kasus
  • Test
  • Interview
  • Studi kasus
  • Instrumen dalam serangkaian prosedur pengukuran.
  • Perilaku

Psikometri juga merupakan bagian dari psikologi dimana di dalamnya mengharuskan di dalam sebuah pennaganan sebuah masalah dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip psikometri. (reliabilitas, tidak bias dan juga standarisasi, karena di dalamnya terdapat cakupan pengukuran psikomteri yang bisa dibilang cukup luas.

Semenjak tahun 1980 an dimana di dalamnya  terdapat pengembangan tes untuk mengukus kebutuhan sesuai dnegan kebutuhan perusahaan dalam hal ini mengukur tingkat kemampuan

Tipe-tipe di dalam psikometri  bisa dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya Achievement tes dimana dalam hal ini dapat mengukur seustu kemampuan dalam berhitung, melakukan penalaran verbal dan juga berbagai aspek yang di dalamnya berkaitan dnegan kognitif. di dalamnya juga berbentuk mutiple dengan berbagai pilihan karena hanya ada satu saja jawaban yang benar.

Untuk tipe yang kedua adalah aptitude test, yang merupakan  jenis tes, di dalamnya melakukan pengukuran terhadap otensi yang di dalamnya dapat mengatasi berbagai masalah psikologi sosial mengenai pengambilan keputusan, berfikir secara cepat dan juga aspek lainnya mengenai potensi.

Dan tipe yang berikutnya adalah metode dalam psikodiagnostik paling lengkap dalam personality questionnaire/ personality yang merupaka pengukuran kepribadian di dalam tes dilihat daei kesesuaian kandidat yang bersangkutan, dengan berbagai persyaratan perusahaan. kuesioner tersebut juga diberikan jawaban yang benar salah. apabila anda menentukan jawaban yang baik. jawaban tersebut merupakan hal yang disesuaika dnegan diri anda.

Sponsors Link

Dalam penelitian yang dilakukan galton juga merupakan salah satu kegiatan yang pertama dalam melakukan penerapan statistik. yang di dalamnya menggunakan angka sehingga dapat di deskripsikan  berupa hasil pengukuran yang dilakukan sebagai proses dalam bentuk angka dan juga bilangan. karena di dalam bidang psikologis memang cukup besar dan seimbang dalam pengukuran kualitatif dan juga di dalam tes projektif.

Seperti kita ketahui bahwa di dalam psikometri juga terdapat hakikat asesmen psikologi dalam konseling dan juga prediksi yang digunakan melalui psikodiagnostika atau juga bisa lebih dikenal sebagai diagnosis dan prognosis. istilah etrsebut di dapatkan dari kesamaan makna ddengan suatu prognosis.

Namun dalam hal ini juga terdapat perbedanannya yang digunakan pendekatan dalam pemahaman sikap dan tingkah laku manusia. karena di dalam psikometri bisa dikatakan  bertitik tolak melalui proses behavioristik dan juga usaha yang dilakukan oleh manusia dalam memahamai hal tertentu.

Jenis pengkuran di dalam psikometri psikologis bisa dibagi emnjadi berbagai ukuran

  • Objektif, dimana dalam hal ini mengentahui siapa, kapan dan juga hal yang ukurannya relatif sama
  • Kuantitatif yang merupakan hal yang ditunjukan dalam berbagai jenis angka dimana dilakukan perbandingan yang satu dnegan yang lain
  • Komunikasi merupakan hal yang sangat mudah didapatkan
  • Ekonomis. dalam hal ini bisa menghemat waktu biaya dan juga tenaga.

Demikianlah penjelasan terkait sejarah psikometri dalam psikologi selengkap -lengkapnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Faal