Sponsors Link

Ruang Lingkup Psikologi Kepribadian Kajian Lengkap

Sponsors Link

Psikologi kepribadian merupakan ilmu yang mempelajari upaya sistematis di dalam mengungkapkan serta menjelaskan pola-pola teratur yang berada di dalam pikiran, perilaku, dan perasaan nyata dari manusia yang dapat mempengaruhi kehidupannya. Tujuan dari adanya upaya ini adalah untuk menciptakan 3 konsep sederhana di dalam ilmu psikologi dengan mengungkap karateristik, jenis-jenis kepribadian, dan alasan perilaku manusia di dalam teori psikologi kepribadian

ads

Psikologi kepribadian merupakan bidang studi psikologi yang mana mempelajari mengenai tingkah laku manusia di dalam menyesuaikan dirinya sendiri kepada lingkungan tempat tinggalnya. Pskologi kepribadian memiliki interaksi dengan psikologi perkembangan dan sosial. Hal tersebut dikarenakan kepribadian dalam diri seseorang akan mengalami perkembangan yang mana dimulai dari psikologi perkembangan anak usia dini hingga perkembangnnya tersebut dipengaruhi hubungan sosialnya dengan lingkungan sekitarnya.

Teori Psikologi Perkembangan merupakan bidang psikologi yang mempelajari mengenai perkembangan manusia serta faktor-faktor yang membentuk tingkah laku dari manusia tersebut. Dari manusia tersebut lahir hingga tua nantinya. Bidang psikologi perkembangan tersebut memiliki kaitan yang erat dengan ilmu psikologi sosial. Hal ini dikaitkan dengan tingkah laku dari manusia tersebut. Dalam ilmu psikologi sosial, terbagi menjadi 3 ruang lingkup di dalamnya, antara lain adalah:

  • Di dalam ilmu psikologi sosial, mempelajari mengenai studi pengaruh sosial pada proses dari setiap individu. Semisal persepsi, motivasi, dan sifat.
  • Di dalam ilmu psikologi sosial, mempelajari mengenai proses individual bersama, semisal studi bahasa, konduite meniru, sikap sosial.
  • Mempelajari mengenai hubungan yang terjadi dalam kelompok, semisal kepemimpinan, komunikasi, kerja sama, dan persaingan.

Psikologi kepribadian akan sangat erat kaitannya dengan ilmu psikologi kejiwaan. Kepribadian ini merupakan cerminan dari jiwa seseorang. Kepribadian lah yang nantinya dibawa oleh individu ke dalam ruang lingkup sosialnya. Seseorang dapat mengenal kepribadian di dalam dirinya dengan cara beradaptasi dengan orang lainnya. Dari sanalah orang lain bisa menilai seperti orang lain di sekitarnya.

Konsep Psikologi Kepribadian

Secara sederhana, konsep psikologi kepribadian dapat dijelaskan sebagaimana berikut ini:

1, Karakteristik Manusia

Psikologi kepribadian mengungkapkan karakteristik manusia dengan cara melakukan pencatatan mengenai karakter manusia serta mencari tahu tentang hubungan antara karakter satu dengan yang lainnya. Pemahaman mengenai perbedaan karakter-karakter pada manusia ini lah yang merupakan hasil dari penelitian yang mana memetakan tentang perbedaan karakter didalam diri manusia satu dengan yang lainnya.

2. Penentu Kepribadian

Psikologi kepribadian akan mencari tahu lebih lanjut mengenai penentu kepribadian manusia. Kajian di dalamnya adalah dengan cara melihat dari latar belakang keluarga, pendidikan, sosial, agama, dan hal lainnya. Kepribadian manusia akan sangat tergantung dari kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya. Meskipun terkadang faktor bawaan dari lahir tidak dapat dihilangkan namun kemudian kepribadian tersebut akan dikembangkan sesuai dengan kondisi dari lingkungan tempat tinggalnya.


3. Alasan Perilaku Manusia

Psikologi kepribadian merupakan sebagia darn kajian ilmu psikologi khusus yang mana batasan dari kajiannya memang difokuskan pada individu. Sehingga konsep mengenai perilaku akan mengkaji dari alasan-alasan yang memicu perilaku dari manusia tersebut. Perilaku tersebut bisa saja unik dan berbeda ataupun memiliki kesamaan perilaku dengan manusia lainnya.

Ketiga konsep kepribadian diatas ditujukan untuk mengungkap hal-hal yang mana menjadi penyebab seseorang manusia dapa bertingkah, berpikir, serta merasakan sesuatu. Melalui konsep tersebut nantinya manusia dapat mampu menjawa pertanyaan mengenai siapa dirinya, apa yang diinginkannya, serta apa yang harus dilakukannya. Bahkan lebih jauh lagi, seorang manusia memiliki kemampuan dalam memberikan penilaian mengenai manusia laiinya melalui cara berbicara, , bertindak, serta cara berpikirnya.

Teori Psikologi Kepribadian

Berikut ini adalah beberapa teori yang menyangkut psikologi kepribadian, antara lain:

1. Tahapan Pengembangan Kognitif

Teori Jean Piaget ini menjelaskan mengenai perkembangan kognitif. Hal ini memang paling sering dikutip dalam ilmu psikologi, meskipun sudha menjadi subjek kritik yang cukup. Banyak asepk teori yang tidak teruji dengan waktu, namun inti dari teori tersebut tetap menjadi yang penting saat ini. Mempelajari teori ini akan membuat anda memahami mengenai terobosan dan kontribusi penting yang digunakan dalam pengembangan kepribadian.

2. Tahapan Pembangunan Psikoseksual

Tak hanya menjadi yang terbaik dalam pengembangan kepribadian, Sigmund Freud juga menjadi yang paling kontroversial dalam psikologi kepribadian. Tahapan teori ini terkenal akan teori perkembangan psikoseksual. Freud menjelaskan jika kepribadian berkembang bertahap berkaitan dengan zona zona erotis tertenty. Kegagalan dalam menyelesaikan tahapan ini akan menyebabkan masalah dalam kepribadian seseorang di masa yang akan datang.


3. Struktural Model Kepribadian

Konsepan ini mengenai id, ego, superego yang memang sudah populer dalam ilmu psikologi kepribadian. Meskipun kurang dukungan serta skeptisismen yang besar dari kebanyakan peneliti. Menurut Freud, ada 3 unsur mengenai kepribadian yaitu id, ego, superego yang mana bekerja sama dalam menciptakan perilaku manusia kompleks.

4. Tahapan Pembangunan Psikososial

Teori psikososial erikson ini menjelaskan mengenai 8 tahapan mengenai perkembangan manusia. Erikson lebih memfokuskan dalam menjelaskan mengenai pentingnya hubungan sosial di dalam pengembangan kepribadian.

5. Tahapan Pembangunan Moral

Teori ini memiliki fokus pada pertumbuhan pemikiran moral. Bangunan dalam proses 2 tahap yang diusulkan Piaget sebelumnya kemudian diperluas oleh Kohlberg dengan meliputi 6 tahapan yang berbeda. Namun teori ini telah banyak dikitrik dikarenakan adanya alasan-alasan yang berbeda, termasuk kmungkinan jika Kohlberg tidak mengakomodasi pad ajenis kelamin berbeda serta budaya yang sama.

Nah itu tadi penjelasan mengenai psikologi kepribadian dan ruang lingkup di dalamnya. Dengan adanya ilmu psikologi kepribadian, tentu saja akan mempermudah orang untuk bisa mempelajari karakteristik dirinya sendiri maupun orang lain di dalamnya.

Sponsors Link
, , , ,