Sponsors Link

12 Hubungan Antara Pembentukan Karakter Dengan Kecerdasan Spiritual

Sponsors Link

Di dalam kehidupan sosial tentunya akan berkaitan erat hubungannya dengan karakter seseorang, karena di dalam aspek sosial terdapat berbagai hubungan yang saling berkaitan.

ads

Dalam hal ini bisa berupa dengan psikologi lingkungan seseorang, maupun hubungan psikologi sosial orang tersebut dengan orang lain maupun orang yang ada di sekelilingnya.

Salah satu contoh yang paling bisa kita kaitkan adalah antara pembentukan karakter seseorang, dimana karakter akan mempengaruhi kecerdasan social di dalam masayarakat.

Misalnya saja seorang anak yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik di masyarakat, atau memiliki cara yang tepat untuk berinteraksi dengan orang yang ada di sekelilingnya, dimana dalam pembentukan karakter tersebut berhubungan dengan kecerdasan spiritual seorang tersebut.

Dalam pengembangan diri seseorang akan bisa mengikuti hal-hal yang memiliki nilai positif, karena di dalam ajaran agama pun hal-hal positif yang semacam itu memang harus dilakukan, seperti kehidupan beragama di masyarakat yang berkaitan dengan hal-hal yang baik.

Dan untuk kecerdasan tersebut tentunya harus memiliki sikap peduli di masyarakat dan juga memiliki rasa empati yang sangat kuat dalam hubungannya dengan masyarakat.

Untuk itu seorang anak yang masih memiliki belum memiliki karakter yang kuat memang perlu diajarkan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan spiritual yang baik pula.

Agar nantinya memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dan juga memiliki karakter yang baik. Diantara hubungan pembentukan karakter dengan kecerdasan spiritual diantaranya:

1. Cara seseorang dalam memecahkan masalah.

Seperti kita ketahui, cara seseorang untuk memcahkan masalah tentunya berbeda- beda, hal tersebut akan berkaitan dan juga behubungan dengan pembentukan karakter seseorang.

Apalagi jika dalam hal ini bisa berhubungan erat dengan kecerdasan spiritual yang dimilikinya, seperti dalam contoh modifikasi perilaku self manajement yang baik, apabila kita memiliki karakter yang baik dan juga positif, tentunya akan baik pula karakter yang kita miliki tersebut.

2. Hubungan manusia dengan lingkungan

Dalam hubungan antara pembentukan karakter dan kecerdasan spiritual tentunya akan berhubungan dengan yang namanya kehidupan social di masayarakat.

Salah satunya, setiap individu tentu akan sangat memiliki hubungan dengan masyarakat atau tetangganya, karena di dalam kehidupan masyarakat kita akan membutuhkan orang lain.

Sehingga jika kita memiliki kecerdasan spiritual yang baik juga akan sangat baik untuk diri kita dan juga untuk kehidupan social kita sendiri.

3. Dasar kecerdasan yang penting

Di dalam pembentukan karakter seseorang, misalnya saja seorang anak yang masih kecil, tentu akan berhubungan erat dengan kecerdasan yang dimilikinya.

Sehingga memang sangat penting memiliki kecerdasan spiritual agar nantinya bisa menjaid jauh lebih baik menghadapi kehidupan yang seperti ini, anda juga sebagai orang tua tentunya harus memiliki peranan yang membantu anak dalam membentuk kepribadiannya.


4. Gambaran kecerdasan seseorang

Karakter yang dimiliki tentu akan menentukan kecerdasan kita di dalam kehidupan, misalnya saja seorang anak yang memiliki karakter tegas dan juga disiplin, secara tidak langsung bisa menjadi contoh relaksasi dalam modifikasi perilaku di dalam kehidupan nya sendiri, sehingga anak tersebut bisa menjalani kehidupan dengan baik.

5. Prinsip di dalam kehidupan

Agama merupakan pondasi dan tentunya hal yang sangat penting di dalam kehidupan.

Sehingga hubungannya dengan pembentukan karakter ini haruslah kita kaji dan juga ditelaah agar nantinya bisa menajdi pribadi yang jauh lebih baik dna juga berguna di masayarakat kelak.

6. Sebagai dasar pembentukan spiritual

Tingkah laku dan juga sikap kita biasanya akan sangat berhubungan dan juga berkaitan dengan pembentukan spiritual yang dimiliki.

Sehingga dalam hal ini hubungan kecerdasan emosional dengan kecerdasan spiritual memang harus dijalani dan dimiliki, agar nantinya pembentukan karakter yang dimilikinya pun akan jauh lebih baik lagi.

7. Pemahaman agama yang pertama

Di dalam pembelajaran di dalam agama, tentunya kita akan diajari bagiaman membentuk pola tingkah laku dan juga kepribadian yang positif, atau yang memang seharusnya dimiliki oleh setiap orang.

Agar nantinya kehidupan kita di masa depan pun akan jauh lebih baik dan memiliki nilai baik pula. Sehingga sebagai manusia dapat berkembang ke arah yang jauh lebih baik lagi.

8. Dasar pemahaman kehidupan

Kehidupan merupakan hal yang memang bisa terbentuk dengan sendirinya, dimana sebagai manusia memang kita sangat membutuhkan yang namanya dasar-dasar kehidupan di dalam agama.

Agar nantinya dapat memebntuk pemahaman kehidupan kita kea rah yang jauh lebih baik pula, meskipun begitu sebagai manusia memang harus tetap bisa menjaid pribadi yang memiliki karakter positif.

9. Mudah dalam menjalani kehidupan.

Pembentukan karakter dengan kecerdasan spiritual tentunya akan mempengaruhi cara berfikir kita di masa yang akan datang.

Dimana hal ini juga bisa membentuk karakter kita dan mempengaruhi cara kita berpikir khususnya dalam mengatasi sebuah masalah atau persoalan yang sedang terjadi.




10. Pelajaran dalam sikap beragama

Di dalam sikap beragama memang akan mengajarkan mengenai semua hal-hal yang positif dan juga baik.

Untuk itu kita memang harus memiliki kemampuan khusus juga untuk bisa mengatasi berbagai macam hal yang memang berkaitan dengan pelajaran dan juga sikap beragama kita di kehidupan yang akan datang.

11. Memiliki manfaat di dalam kehidupan social

Kehidupan sosial tentu akan berkaitan dengan pembentukan karakter seseorang.

Jika kita memiliki karakter yang baik dan juga kecerdasan spiritual yang baik, tentunya akan jauh lebih mudah berbaur di kehidupan social atau di masyarakat.

Sehingga akan jauh lebih mudah pula memiliki relasi yang pas dan cocok untuk kita bekerja sama dalam membentuk Sesutu kehidupan kea rah yang jauh lebih baik lagi.

12. Menjadi individu pemimpin

Seorang pemimpin yang baik tentunya harus memiliki karakter yang baik pula, dan hal ini akan berkaitan dengan pembentukan karakter kita yang positif,untuk itu menjaid pribadi yang baik juga merupakan hal yang pelru dimiliki seorang pemimpin nantinya.

Dimana seorang pemimpin harus pula memiliki kecerdasan spiritual yang baik, agar nantinya bisa memimpin dengan bijak dan juga sesuai dengan ketentuan agama.

Dan dari hal itu semua pun akan menjadi jauh lebih mudah dalam menjalani kehidupan sebagai seorang pemimpin yang baik dan juga memiliki konsistensi yang tinggi di dalam kehidupan di tengah masyarakat.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Agama