Sponsors Link

10 Contoh Generalisasi Dalam Modifikasi Perilaku

Sponsors Link

Modifikasi perilaku merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk suatu perubahan yang ditujukan untuk perilaku individu. Misalnya saja dalam mengubah perilaku dan juga respon dari seorang individu pada sebuah stimulus,  dengan melakukan penguatan perilaku adaptif serta menghilangkan perilaku maladaptif melalui sebuah hukuman(punishment)  yang dilakukan agar perubahan perilaku seseorang dapat dilakukan secara tepat.

ads

Dalam beberapa acuan sumber pada eksperimen gangguan kepribadian psikologi klinis menyatakan bahwa pada tahap awal penggunaan kata modifikasi perilaku dalam melakukan rujukan teknik psikoterapi khusus, agar dapat menghilangkan perilaku maladiptif dan meningkatkan dari perilaku adaptif.

Dalam hal ini generalisasi memiliki definisi berupa munculnya sebuah perilaku seiring dengan datangnya stimulus yang serupa dengan stimulus pada awalnya hadir pada masa training, startegi yang dilakukan dengan mempromosikan perilaku yang dapat dirubah dengan pemberian penguatan saat perilaku digeneralisasikan  ketika memberikan penguatan tersebut kemudian dilakukan pada luar terapi ataupun training.

Untuk itu semua tahapan stimulus yang secara relevant dapat berkembang menjadi stimulus control yang individu yang memiliiki perilaku tersebut.  Hal lain yang dapat dilakukan dengan training keterampilan kontak natural kontingensi dengan memberikan strategi pada psikolog maupun seorang terapis agar dapat melakukan penguatan yang natural.

Beberapa modifikasi perilaku yang dapat dilakukan psikolog maupun terapis

  • Melakukan identifikasi perilaku yang diharapkan dan juga yang tidak diharapkan misalnya dalam hal melakukan pengerjaan tugas perilaku yang diinginkan dan membanting kursi (perilaku yang tidak diinginkan)
  • Melakukan identifikasi reinforcer perilaku yang diinginkan misalnya boleh tidak datang ke dalam suatu pertemuan , meskipun hal tersebut reinforce untuk perilaku yang tidak diinginkan namun tetap dilakukan karena memiliki reinforcer.
  • Mengacuhkan perilaku yang tidak diinginkan misalnya tidak membiarkannya mundur dari calon jabatan saat ia harus menjabat dan saat ia melakukan kegiatan maka diberikan reinforcement.
  • Intermittent reinforcement agar dapat mengeneralisasikan perilaku yang baru dipelajari

Seorang tokoh bernama eysenk memberi pengertian behavior modifikasi perilaku merupakan usaha yang dilakukan untuk melakukan perubahan perilaku manusia, sekaligus emosinya dengan cara yang menguntungkan berdasarkan teori modern proses belajar. Dari hal tersebut kita dapat melihat dan menarik sebuah kesimpulan dalam pendekatan pengkuran  yang terjadi pada perilaku yang ditunjukan oleh seorang individu.

Modifikasi perilaku memiliki pengertian

  • Penerapan prinsip cara belajar ataupun prinsip psikologi
  • Dalam memperbaiki perilaku dilakukan teknik empiris agar dapat mengubah perilaku tersebut, cara tersebut sebagai penguatan positif, penguatan negatif dan juga berupa hukuman.
  • Dalam mengubah perilaku maldaptif menjadi perilaku adaptif dapat dilakukan aplikasi prinsip yang sudah teruji
  • Cara atau sebuah proses dalam uapaya merubah perilaku seorang individu.

Adapun 10 contoh modifikasi perilaku antara lain:

  1. Modifikasi perilaku di lingkungan sekolah dasar

Adapun manfaat dari dilakukannya teknik ini dapat diterapkan pada sekolah umum, bukan rahasia lagi apabila murid sekolah dasar memang memiliki perilaku yang sulit diatur seperti selalu berteriak di dalam kelas hingga dalam hal konteks yang menganggu, untuk itu dapat dilakukan modifikasi perilaku dengan cara melakukan penguatan positif, untuk anak yg berbicara sopan dan tidak berteriak akan diberi hadiah, namun apabila masih ada anak yg tidak menuruti akan diberikan hukuman hal ini berkaitan juga dengan psikologi pendidikan.


  1. Modifikasi perilaku di pesantren

Seperti kita ketahui pesantren adalah bentuk sekolah umum yang dapat mengubah perilaku maldaptif menjadi perilaku adaptif, misalnya kita memberi contoh apabila masih ada siswa yang ketahuan memakai barang temannya tanpa ijin akan diberikan hukuman negatif atau positif.

  1. Modifikasi perilaku di rumah

Anak-anak pada umumnya harus dicontohkan terlebih dahulu untuk dapat melakukan hal yang positif, namun apabila dalam kasus membersihkan kamar sendiri atau tidak menaruh barang sesuai dengan tempatnya lagi akan diberi hukuman yang positif seperti membersihkan kamar mandi atau mengepel lantai dengan begitu anak pun akan lebih patuh terhadap aturan.

  1. Modifikasi perilaku sehari-hari

Misalnya seorang anak yang selalu mengganggu pekerjaan orang tuanya dialakukan pemberian hukuman prinsip negatif punishment dengan cara dilarang menonton tv atau tidak diberi uang jajan

  1. Modifikasi perilaku dalam bertetangga

Kehidupan sosial dalam bertetangga memang sangatlah penting, biasanya di dalam lingkungan masyarakat selalu diadakan kegiatan kerja bakti, dalam hal ini kita bisa menerapkan modifikasi perilaku sebagai contoh bagi masyarakat yang tidak mau mengikuti kerja bakti akan diberikan hukuman negatif berupa membayar denda

  1. Modifikasi perilaku dalam organisasi

Organisasi tentunya mencakup sekelompok orang, karena mengikuti cara kerja berbagai kepala pastinya tidak mudah maka harus diberikan modifikasi perilaku, misalnya dalam kehadiran rapat penting, apabila bagi setiap anggota yang tidak hadir tanpa alasan dapat diberi hukuman positif maupun negatif, agar dapat mengubah perilakunya.

  1. Modifikasi perilaku dalam kegiatan belajar

Belajar dan mengerjakan tugas tentunya tanggung jawab dari seorang siswa maupun mahasiwa, namun kerap kali banyak juga siswa yang tidak mengumpulkan tugas yang sudah diberikan, dengan hal ini kita dapat membuat modifikasi  perilaku agar siswa kapok untuk mengabaikan tugasnya.

  1. Modifikasi perilaku dalam bekerja

Terkadang beberapa karyawan selalu terlambat untuk datang ke tempat kerja tanpa alasan yang tidak masuk akal, untuk itu dapat dilakukan modifikasi perilaku dengan memberi hukuman kepada karyawan yang selalu telat datang ke kantor dengan psinsip negatif punishment memberi sejumlah denda.

  1. Modifikasi perilaku tanggung jawab

Terkadang seorang anak yang sudah kecanduan gadget akan sulit untuk dilepaskan dari pengaruh negatig gedget, untuk itu orang tua dapat melakukan modifikasi perilaku dengan memberikan hukuman negetif maupun positif agar anak mau melepaskan gadgetnya dan lebih memilih kegiatan belajar. Baca juga Metode Belajar Dalam Psikologi Pendidikan

  1. Modifikasi perilaku proses belajar anak

Dalam mebentuk karakter seorang anak memang hal yang tidak mudah apalagi saat mengajarkan sesuatu mungkin sebagi orang tua membutuhkan kesabaran yang lebih dan memberikan teori belajar dalam psikologi, semisal kita sedang mengajari anak untuk tidak mengompol saat di malam hari, dan apabila dia masih melakukan hal tersebut diberikan hukuman postif yang tidak menyakitinya namun membuatnya mengerti.

Dalam prinsip modifikasi perilaku kita dapat menonjolkan pendekatan yang secara pendekatan behavioristik pada psikologi klinis agar lebih mendapat pemahaman yang tepat di dalam modifikasi perilaku diantaranya

  • Objek kajiannya hanya terfokus pada perilaku. Baca juga Contoh Id dalam Psikologi Sastra
  • Kita dapat melakukan penekanan pengaruh belajar dan juga lingkungan
  • Dalam hal prinsip modifikasi dapat dilakukan dengan cara pendekatan ilmiah
  • Prinsip dasar modifikasi perilaku dengan metode lain yang dapat digunakan adalah motode aktif dan juga pragmatik dalam mengubah perilaku

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Klinis