Sponsors Link

Prinsip Dasar Dalam Modifikasi Perilaku

Sponsors Link

Modifikasi perilaku. Nah sobat semua sudah pernah mendengar perilaku dimodifikasi atau belum nih sobat? Atau sebelumnya ketika mendengar kata modifikasi apa yang terlintas dalam benak anda. Sudah pasti yang anda bayangkan adalah modifikasi kendaraan motor atau mobil anda tentunya ya sobat.

ads

Tetapi ternyata bukan hanya kendaraan kesayangan anda yang bisa di modifikasi ya sobat tetapi juga salah satu hal atau aspek yang sangat berpengaruh dalam hidup anda dan juga saya tentunya, yaitu perilaku. Pada awalnya tentuya tidak menyangka ya sobat kalau ternyata perilaku yang memang seyogianya bukan sesuatu yang berwujud tetapi bisa di modifikasi. Baca juga mengenai pendekatan kelompok dalam psikologi klinis.

Nah sobat semua penasaran kan apa dan bagaimana modififkasi perilaku tersebut, mari kita simak bersama –  sama dalam ulasan berikut ini. Modifikasi perilaku melibatkan penilaian dan modifikasi peristiwa – peristiwa lingkungan yang secara fungsional berhubungan erat dengan perilaku seseorang.

Prinsip Dasar Dalam Modifikasi Perilaku

Pada umumnya perilaku manusia umumnya dikendalikan oleh peristiwa – peristiwa yang terjadi pada lingkungannya dan modifikasi perilaku ini bertujuan untuk mengindentifiaksi peristiwa –  peristiwa tersebut. Baca juga mengenai pendekatan fenomenologi dalam psikologi klinis.

Adapun pengertian modifikasi perilaku itu sendiri adalah salah satu teknik yang didasarkan pada pendapat bahwa perilaku terbentuk berdasarkan prinsip  –  prinsip operant conditioning atau stimulus repon melalui modelling yang semakin diperkuat oleh reinforcement baik positif maupun negatif.

Berdasarkan prinsip –  prinsip inilah para ahli psikologi perilaku mencetuskan metode modifikasi perilaku ini yang berfungsi untuk meningkatkan efektivitas kehidupan seseorang. Pada umumnya metode ini lebih banyak dikenal dan  digunakan oleh masyarakat dari apda metode psikoterapi, karena memang dapat dilakukan sendiri oleh seseorang yang berkepentinagn dengan modifikasi perilaku tersebut tanpa harus bergantung pada psikoterapis. Baca juga mengenai pendekatan psikologi dalam belajar bahasa.

Sebagai suatu metode yang memang banyak digunakan oleh masyarakat yang mengerti akan modifikasi perilaku, tentunya hal ini memiliki sasaran tertentu. Adapun sasaran utama dari modifikasi perilaku ini adalah untuk mengubah perilaku secara lahiriah secara keseluruhan dalam setiap aspek kehidupan setiap indvidu.

Maksudnya adalah untuk menghilangkan gejala – gejala kelainan, bukan hanya untuk mencapai insight mengenai penyebab perilaku tersebut. Namun telah disadari oleh para pengembang metode modifikasi perilaku ini bahwasanya mengabaikan dasar atau penyebab perilaku adalah tindakan yang memang tidak masuk akal. Baca juga mengenai pendekatan psikologi dalam membentuk pribadi anak.


Namun sobat, insight mengenai dasar dan penyebab masalah tersebut bukanlah tujuan utama dilakukannya modifikasi perilaku, melainkan perhatian utamanya adalah pada perilaku subjek sekarang ( here and now ), dan bukan pada saat usul berlaku.

Tetapi sobat sebelum melakukan langkah modifikasi perilaku tersebut ada hal yang harus sobat ketahui terlebuh dahulu mengenai prinsip dasar modifikasi tersebut. Karena pada umumnya jika kita sudah mengerti dan mengetahui apa psinsip dasar pada sesuatu yang akan kita kerjakan atau lakukan akan mempermudah kita untuk menjalankannya serta mengontrol kita agar tidak keluar dari zona apa yang akan kita kerjakan.

Begitupun dengan modifiasi perilaku sobat, ada prinsip – prinsip yang harus kita ketahui terlebh dahulu. Modifikasi perilaku mempunyai prinsip khusus dengan menonjolkan pendekatan secara behavioristik, adapun prinsip yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  • Adapun objek kajiannya harus fokus pada perilaku seseorang yang sedang dan akan di modifikasi perilakunya. Jangan keluar dari zona ini ya sobat.
  • Harus menekankan pengaruh belajar dan lingkungan. Pastikan apa saja yang akan didapat atau dipahami oleh orang yang perilakunya sedang anda modifikasi jika anda menekankan pengaruh belajar dan linkgungan kepadanya.
  • Menggunakan pendekatan ilmiah. Bagi seseorang yang sedang melakukan modifikasi terhadap seseorang tertentu, ada baiknya anda melakukan pendekatan secara ilmiah agar proses modifikasi yang anda lakukan bisa berlangsung dan berhasil semaksimal mungkin dan sesuai dengan yang anda harapkan.
  • Pastikan anda dalam modifikasi perilaku tersebut menggunakan metode aktif dan pragmatik, yang bertujuan untuk mengubah perilaku objek anda secara maksimal.

Nah sobat itulah beberapa prinsip dasar yang harus anda ketahui sebelum melakukan modidiaksi perilaku ya sobat. Selain itu, anda juga tentunya harus mengetahui apa tujuan anda melakukan modifikasi perilaku tersebut. Karena segala sesuatu yang kita perbuat dan kita lakukan haruslah memiliki tujuan tertentu ya sobat.

Seperti yang udah penulis jelaskan diatas, adapaun tujuan dari modifikasi perilaku ini adalah untuk mengubah perilaku seseorang kearah yang lebih baik. Untuk tujuan spesifik atau detailnya adalah sebuah usaha untuk menerapkan proses belajar di segala aspek dan juga prinsip psikologi hasil dari eksperiment.

Dalam metode ini memandang perilaku maldaptif sangat perlu dirubah atau dihilangkan dan diganti menjadi perilaku yang adapatif. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dengan memodifikasi perilaku ini nih sobat, yaitu antara lain :

  • Tahapan perencanaan dapat dengan mudah direncanakan, dibicarakan, dan meminta persetujuan dari klien yang alan di modifikasi perilakunya.
  • Rangkaian pelaksanaan modifikasi perilaku dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan
  • Ketika pada saat evaluasi dan ternayat diketahui hasilnya kurang baik atau bahkan gagal sama sekali, maka dapat diganti segera dengan teknik yang lain agar tujuan yang diinginkan tercapai.
  • Teknik modifikasi perilaku dapat diterangkan sekaligus bisa diatur secara rasional sesuai keinginan.
  • Untuk melakukan perubahan perilaku, membuuhkan waktu yang relative lebih singklat tentunya.Hanya sebagai tambahan informasi aja nih sobat, modifikasi perilaku memanfaatkan penelitian – penelitian yang cermat mengenai cara – cara lingkungan mempengaruhi perilaku manusia terutama penelitian yang menggunakan prinsip proses belajar yang telah teruji dan terbukti dapat mengubah perilaku seseorang.

Oke sobat semua yang terkasih, sampai disini dulu pembahasan artikel kali ini mengenai modifikasi perilaku ya sobat. Terima kasih bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat, tentunya dengan materi yang tidak kalah menarik buat sobat semua. Sampai jumpa dan modifikasi perilaku ya sobat semua.

Nah bagaimana sobat semua, apakan anda tertarik juga untuk melakukan modifikasi perilaku ini sobat? Jika anda melakukannya denagn tujuan untuk mendapatkan perilaku yang semakin baik dan terpuji sah – sah saja ya sobat.

Sponsors Link
, , , , ,