Sponsors Link

11 Cara Mencari Bakat dalam Diri Kita

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui ya sobat, setiap manusia memiliki bakat atau kemampuan khusus yang merupakan anugrah dari Tuhan dan bawaan sejak lahir. Bakat umumnya ditandai dengan kemampuan lebih dalam hal tertentu dimana dapat menyelesaikan tantangan di bidang tersebut secara lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan orang lain.

ads

Bakat yang dimiliki ada yang terlihat secara tidak sengaja, ada juga yang harus dipancing atau diketahui melalui pembelajaran atau tes bakat khusus. Nah sobat, agar kita memiliki tujuan hidup yang jelas dalam hal pekerjaan dan keseharian, ada baiknya kita mengetahui apakah sesungguhnya bakat yang ada dalam diri kita, berikut Cara Mencari Bakat dalam Diri Kita.

1. Coba Sesuatu yang Mudah

Apakah yang terasa alami untuk Sobat? Apakah yang Sobat lakukan tanpa berfikir? Apakah yang Sobat sukai? Lihat ya sobat, kepada keinginan keinginan Sobat dan ketertarikan Sobat terhadap kemungkinan bakat itu. Jika Sobat suka menghabiskan waktu seharian dengan membuat (Baca juga mengenai teori bakat dalam psikologi)

gambar gambar, membaca, atau menari, maka tidak ada gunanya Sobat membuang buang waktu berharap Sobat memiliki bakat membuat kue. Perhatikan ya sobat, pada bakat yang Sobat miliki dengan sungguh sungguh pada apakah yang paling mudah bagi Sobat. (Baca juga mengenai hambatan dalam menyalurkan bakat)

2. Coba Lakukan Tantangan Tantangan yang Sulit

Apakah penampilan di panggung atau berbicara di depan umum menakutkan Sobat? Menulis sebuah cerita dan menyelesaikannya? Ambil ya sobat, mikrofon atau mulai  ya sobat, menulis. Lakukan apakah yang menakutkan bagi Sobat. Apakah yang menjadi bakat yang (Baca juga mengenai perbedaan bakat dan minat dalam psikologi)

Sobat idamkan? Apakah yang ingin Sobat dapat lakukan dengan alami, tanpa banyak usaha? Hadapi tantangan tantangan yang besar dan temukan apakah yang harus dilakukan untuk bisa mahir melakukannya. (Baca juga mengenai peran guru dalam mengembangkan bakat peserta didik)

3. Ikuti Keinginan

Apakah yang Sobat selalu bicarakan ke orang lain? Tantangan apakah yang tidak bisa melepaskan perhatian Sobat? Gunakan tantangan tantangan itu untuk menemukan kemampuan dan bakat yang mungkin tersembunyi. (Baca juga mengenai dasar biologis perilaku)

4. Catat Pencapaian Keberhasilan Terkecil Sekalipun

Jika Sobat merasa tanpa bakat, mungkin karena Sobat melewatkan keberhasilan Sobat. Coba  ya sobat, untuk memberi perhatian lebih terhadap keberhasilan itu, baik besar maupun kecil, untuk mengenali tantangan tantangan yang mungkin menjadi bakat alami yang Sobat miliki. Berfikir  ya sobat, dengan kreatif bagaimana keberhasilan keberhasilan kecil mungkin terhubung dengan bakat dan kemampuan lain yang lebih tinggi.

5. Tes dengan Kuis Kepribadian

Kuis kepribadian seringkali digunakan oleh kantor penyalur pekerjaan untuk mencoba menemukan kemampuan alami Sobat. Tantangan yang sama berlaku pada bakat. Mempelajari lebih banyak mengenai kecenderungan alami Sobat terhadap suatu pemikiran, tingkah laku, dan watak bisa membantu Sobat menemukan lebih banyak tentang bakat Sobat. Tes tes ini tidak langsung menunjukkan bakat bakat, namun bisa memberikan pengetahuan yang bisa membantu penemuannya.


6. Bicarakan dengan Keluarga Dan Teman

Cara terbaik untuk menemukan bakat tersembunyi Sobat, dengan membicarakannya dengan orang orang yang paling mengenal Sobat. Kita semua cenderung melihat rendah kemampuan kita semua dan menutupi bakat kita semua, melewatkan banyak tantangan yang menunjukkan kehebatan kita semua. Jika Sobat beruntung menemukan teman dan keluarga yang peduli dengan Sobat, mereka tidak akan ragu ragu menunjukkannya pada Sobat.

7. Lihat Kekuatan dan Kelemahan

Salah satu cara untuk menemukan bakat ada di dalam diri sobat ya sobat, yakni dengan menemukan bakat alami untuk melakukan sesuatu, untuk membuat tantangan ini terlihat mudah. Cara lainnya ada  ya sobat, dengan menemukannya sebagai bakat untuk menghadapi kesulitan.

8. Definisikan Bakat untuk Diri Sendiri

Beberapa orang menganggap Jimi Hendrix, pemain gitar terbaik sepanjang masa, namun ia tidak akan bisa memainkan musik klasik pada gitarnya untuk menyelamatkan dirinya, karena ia tidak bisa membaca partitur. Ia mungkin bisa, jika ia berusaha, namun musisi klasik

akan menganggap Hendrix sebagai orang yang tak berbakat. Jangan biarkan orang lain mengatakan pada Sobat bahwa menjadi pengendara skuter Razor yang ahli, sebuah bakat “asli”, atau bahwa bakat membuat roti panggang keju yang sangat enak tidah bisa diperhitungkan. Jangan terpengaruh pada orang lain, terus lakukan apa yang sobat bisa dan kembangkan.

9. Hargai Kerumitan Bakat

Mengembangkan bakat menjadi bakat dan bakat menjadi kemampuan akan menjadi tantangan yang tidak mudah. Semakin banyak Sobat belajar mengenai suatu subjek, tugas, atau kemampuan, maka semakin rumit pula jalannya. Komitmen saja  ya sobat, untuk mempelajari segala tantangan pada bidang Sobat dan tantang diri Sobat untuk menjadi ahli. Jadikan bakat Sobat menjadi sesuatu yang spesial. Buat  ya sobat, bakat Sobat menjadi kenyataan.

10. Berlatih

Bahkan jika Sobat tidak memiliki bakat bermain gitar, berlatih dua jam sehari akan menjamin Sobat menjadi lebih baik. Seseorang yang berlatih, baik dalam bidang olahraga, seni, atau bidang lainnya, akan selalu menjadi lebih berbakat daripada seseorang yang tidak pernah menyentuh alat musiknya, alat lukisnya, atau seseorang yang tidak pernah berlatih. Usaha yang keras selalu akan melebihi bakat.

  • Jangan pernah menyerah, bahkan jika Sobat gagal
  • 3 P dalam hidup…. Ambil  ya sobat, “Peluang” untuk membuat “Pilihan” yang membawa “Perubahan” dalam hidup Sobat.
  • Bersabar  ya sobat. Mungkin akan memakan banyak waktu dan awal yang salah  ya sobat, untuk menemukan tempat terbaik Sobat.
  • Berfikir  ya sobat, terbuka mengenai bakat Sobat. Mungkin tidak sesuai yang Sobat harapkan.
  • Coba ya sobat, untuk melakukan banyak tantangan yang berbeda dan membaca banyak tantangan lainnya. Jika sesuatu tidak cocok, beralih  ya sobat,  jika cocok, pelajari lebih dalam.

11. Temukan Motivasi

Seperti besi menajamkan besi, demikian individu yang berbakat akan menajamkan sesamanya. Jika Sobat memiliki suatu bakat, bahkan jika Sobat hanya berharap untuk mengembangkan bakat dalam suatu bidang, kelilingi ya sobat, yakni diri Sobat dengan individu berbakat lainnya dan teladani ya sobat, tingkah laku mereka, latihan rutin dan cara mereka menemukan bakat mereka. Pelajari seluruhnya dari orang yang berbakat sehingga bisa menjadi motivasi yang terbaik.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga kita semua menemukan bakat kita dan dapat menggunakan bakat tersebut untuk jalan kebaikan serta untuk menjadi orang yang lebih sukses di masa depan. Semoga ulasan yang disampaikan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,