Sponsors Link

17 Cara Eksplorasi Anak Yang Dapat Diterapkan Para Orang Tua Dirumah

Sponsors Link

Kreativitas merupakan salah satu hal yang sangat penting dan juga perlu di eksplorasi oleh setiap pendidik dan juga orang tua. Karena tidak hanya pendidikan saja yang membuat seorang anak bisa berhasil, namun yang namanya kreativitas juga merupakan salah satu hal yang sangat penting. Nah, untuk bisa membantu kreativitas anak pastinya ada hal- hal yang memang perlu dilakukan. Sebagai orang tua, kita juga bisa meminta bantuan lembaga kreativitas anak agar nantinya anak- anak bisa lebih mengeksplorasi berbagai hal yang ada di sekitarnya. Pentingnya pola asuh pada anak usia dini juga akan sangat mempengaruhi cara kita mengajarkan anak.

ads

Pada usia keemasan anak, memang seharusnya kita membantu anak lebih tereksplorasi dengan berbagai kegiatan yang bisa dilakukannya. selain itu sebagai orang tua juga harus tahu cara meningkatkan motorik anak. Apalagi saat anak sudah memasuki usia 1 tahun, dimana pada usia tersebut ada banyak hal- hal yang mulai bisa ditiru oleh anak, misalnya saja dengan meniru bunyi- bunyian dan juga membantu anak bisa berkembang lebih optimal lagi. Sehingga sebagai orang tua kita juga harus rajin memberikan stimulus pada anak. Rupanya pengaruh psikis ibu menyusui terhadap bayi juga perlu diketahui untuk menambah wawasan sang ibu. melatih imajinasi anak dan juga dengan kegiatan sehari- hari yang bisa mengembangkan eksplorasi yang lebih anak, sehingga anak bisa terhindar dari rasa bosan. Untuk itu berikut hal- hal atau cara eksplorasi anak.:

1. Membantu Anak Mengenal Warna
Saat anak memasuki usia 1 tahun sebagai orang tua, anda bisa mulai memperkenalkan anak mengenai jenis warna- warna. Agar nantinya anak tidak bingung ajarkan satu persatu jenis warna misalkan kenalkan terlebih dahulu warna merah dan hijau, setelah anak mulai menghafalnya, ujilah pengenalan warna tersebut. kemudian anda bisa mulai mengenalkan jenis warna lainnya.

2. Mengenal Alam
Cara eksplorasi lainnya yaitu dengan mengenalkan anak dengan alam. Dimana anda bisa mulai mengenali jenis jenis binatang, pohon, daun, bunga. Selain kosakata anak bisa bertambah, nantinya anak akan bisa mulai mengembangkan imajinasinya menjadi lebih baik setelah melihat yang ada di sekitarnya.

3. Bermain Dengan Pasir
Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengenalkan berbagai permainan yang membuat anak lebih tereksplorasi. Salah satunya mengajak anak bermain pasir saat sedang ada di pinggir laut. Dengan media pasir nantinya si kecil bisa belajar mengenai tekstur, menulis diatas pasir dan mengembangkan kreativitasnya.

4. Mengenal Aneka Benda
Berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengenalkan anak dengan macam- macam benda yang ada di sekitarnya. Misalnya peralatan rumah, jenis sayuran, makanan, atau hal lainnya di rumah. Sehingga kosakata akan bertambah dan pengetahuan anak akan semakin banyak.

5. Bermain Dengan Lego
Salah satu jenis permainan yang bisa membantu eksplorasi anak lainnya adalah dengan bermain lego. Permainan yang satu ini sangat menarik, karena dengan lego anak akan membongkar dan menyusun kotak- kotak yang akan dijadikan sebuah bangunan, sehingga perkembangan otak anak pun akan jauh lebih baik.

6. Bermain Dengan Jari
Melakukan permainan jari ini sangat mudah, ibu bisa mulai menggambarkan bentuk wajah pada jari anak, dimana dengan cara permainan bisa mulai bermain peran. Selain imajinasi anak akan berkembang, cara ini juga bisa melatih imajinasi dan juga bahasa anak lebih baik lagi.

7. Bermain Kepingan Gambar
Melakukan permainan puzzle atau dengan gambar akan sangat membantu kreativitas anak, dimana anda bisa memilih jenis gambar puzzle yang termudah terlebih dahulu, selain itu warna warni yang cerah akan menarik untuk anak. Selain bisa melatih motorik anak, cara eksplorasi yang satu ini bisa membuat otak anak melatih imajinasi dan juga mengajarkan cara penyelesaian masalah.


8. Eksplorasi Dengan Objek Benda Di Rumah
Cara berikutnya anda bisa memanfaatkan berbagai benda yang ada di rumah. Misalnya dengan membuat tenda dari selimut dan juga membuat meja yang dijadikan tenda- tenda. Ibu juga bisa mengeksplorasi benda lain yang ada di rumah sehingga anak bisa mulai mengembangkan segala kreativitasnya.

9. Belajar Merangkai
Kegiatan merangkai atau meronce bisa anda ajarkan untuk anak- anak perempuan, misalkan ibu mengajarkan anak merangkai gelang- gelang dari benang wol yang diberi manik- manik warna- warni. Dengan merangkai seperti ini, dan menyatukan warna manik yang sama, anak akan diajarkan mengembangkan motorik halusnya. Sehingga cara berpikir anak pun akan terlatih dari sini.

10. Observasi
Cara eksplorasi yang satu ini memang akan jauh lebih mudah, karena pada awalnya anak akan mengamati apa saja yang ada disekitarnya. Misalnya ketika melihat ibunya mencuci sayuran, memotong sayuran, sedang memasak bahkan ketika melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu dan pel. Sehingga dengan apa yang dilihatnya nantinya anak akan meniru.

11. Bermain Imajinasi

Cara ini bisa dilakukan dimana saja. Misalkan ketika sedang dalam perjalanan di dalam mobil lalu anda membuat cerita- cerita sederhana yang membuat anak berimajinasi dengan baik. sehingga cara ini juga akan melatih otak dan serta motorik halus secara tidak langsung.

12. Bermain Adonan Lilin
Bermain menggunakan lilin warna warni memang sangat menyenangkan, apalagi selain bisa lebih mengenalkan anak dengan jenis- jenis warna. Cara eksplorasi yang satu ini akan mengembangkan kemampuan si kecil dengan daya imajinasi dan juga motorik kasarnya.

13. Bermain Petak Umpet

Bermain petak umpet akan membuat anak mempelajari motorik kasar dan halus nya. Lakukan permainan ini saat anak berusia sekitar 8 bulan, selain bisa melatih anak merangkak, nantinya anak juga bisa bermain yang menyenangkan di rumah.

14. Bermain Pesawat Terbang
Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan bermain pesawat terbang. Cara ini bisa ibu lakukan saat usia anak mulai 10 bulan

15. Bermain Dengan Gambar Bergerak
Cara permainan ini bisa dilakukan dengan bola, misalnya mengelindingkan bola dan juga bermain mobil-mobilan, cara yang satu ini akan membuat hubungan ibu dan anak lebih dekat dan juga melatih koordinasi halus dan kasar pada anak, meningkatkan eksplorasi anak dan juga kemampuan dari koordinasinya.

16. Bermain Kuda- kudaan
Cara permainan ini dapat meningkatkan kemampuan interaksi anak dengan lingkungannya, serta hubungan orang tua dengan bayi bisa lebih melekat, selain itu bayi juga akan terlatih untuk bekerja sama karena dalam permainan ini harus melatih mengontrol diri dan termasuk jenis kontrol diri dalam psikologi.

17. Bermain Cilukba

Jenis permainan eksplorasi ini bisa dilakukan saat usia anak 1 sampai dengan 12 bulan. Dalam jenis permainan melatih koordinasi dan eksplorasi bayi ini tidak membutuhkan peralatan apapun. Permainan cilukba ini akan bisa mengajarkan bayi mengenai konsep hilang da nada. Selain itu bayi akan mempelajari mengenai bentuk- bentuk emosi yang diperlihatkan melalui ekspresi wajah.

Nah demikianlah 17 cara mengeksplorasi anak yang dapat para orang tua terapkan. Baca juga dasar-dasar biologis perilaku manusia yang mempengaruhi tumbuh kembangnya. Dengan demikian orang tua pun akan semakin mengenali bakat anak dan memahami kemauan anak. Karena sejatinya perkembangan persepsi motorik pada anak itu berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Anak