Sponsors Link

Pengertian, Jenis Serta Kelebihan dan Kekurangan Teknik Observasi

Sponsors Link

Di dalam psikologi, observasi merupakan salah satu proses yang dilakukan secara sistematis dengan menggunakan pola manusia di dalamnya. Serta adanya kejadian atau cara komunikasi seseorang dengan adanya subjek tertentu. Dalam observasi yang namanya proses dalam bekerja membuat adanya fakta menjadi sebuah data. Penggunaan observasi dalam psikologi Dengan adanya observasi yang bisa membuat kita lebih mudah dalam melakukan pengukuran, khususnya dengan menggunakan alat- alat ukur dalam psikologis.

ads

Beberapa prosedur biasanya juga dilakukan untuk mengetahui cara sistem observasi, diantara berbagai prosedur yang dilakukan memang seringkali ditanggapi dengan tidak serius. Hal ini juga berbeda dengan ketika mengalami hal- hal yang dilakukan dalam observasi orang dewasa. Dalam sebuah observasi juga memungkinkan si pewawancara mendapatkan hal- hal yang memang dilakukan secara terbuka. Karena observasi ini juga termasuk ke dalam cara paling kuno dan cukup lama dilakukan. Khususnya dalam metode dasar psikologi dan juga kegiatan observasi lainnya. adanya bentuk penelitian kuantitatif dan juga kualitatif akan membuat aspek observasi berlangsung dengan baik.

Sebenarnya Apa Tujuan Dilakukannya Observasi

Adanya sebuah observasi tentunya memiliki tujuan tertentu, bisa dalam mengetahui ciri dari luasnya inter relasi elemen dari tingkah laku yang diperlihatkan oleh manusia dan juga adanya sebuah fenomena yang dilakukan dengan cara cukup singkat. Biasanya observasi juga akan mengarah dan membahas mengenai identifikasi dan juga cara seseorang menyelidiki sesuatu. Ketahui pula etika melakukan penelitian observasi dalam psikologi yang harus diterapkan.

Sehingga pemahaman dalam psikologis akan bisa ditegaskan dan diagnosis secara tepat. Observasi juga bisa dilakukan dengan tujuan lainnya dan fungsi observasi dalam psikodiagnostik yaitu dengan mendapatkan sebuah gambaran dari sebuah kehidupan sosial, dimana dalam penelitian yang dilakukan belum diketahui secara penuh mengenai metode penelitian lainnya yang dilakukan.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

a) Observasi Menurut Kartono (1980:42)

Dimana dalam metode yang satu ini, atau yang dimaksud adalah metode observasi mendefinisikan sebagai sebuah studi yang memang secara sengaja dilakukan dengan sistematis dan juga digunakan dengan adanya sebuah fenomena sosial,dan gejala- gejala psikis dengan pengamatan serta pencatatan yang tepat.

b) Observasi Menurut Patton (1990:21)
Dalam definisi yang dilakukan mengungkapkan bahwa observasi adalah sebuah metode atau cara pengumpulan data esensial dalam sebuah penelitian, apalagi penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan observasi juga bisa memberikan data yang akurat dan sangat bermanfaat, observasi juga digunakan sebagai sebuah metode ilmiah yang memang harus dilakukan oleh peneliti yang sudah melewati latihan- latihan yang sangat memadai. Serta digunakan dalam mengadakan berbagai persiapan yang teliti dan juga lebih lengkap.

c) Nawawi dan Martini
Observasi merupakan sebuah kegiatan sekaligus mencatat unsur- unsur yang muncul dalam sebuah objek penelitian, pencatatan yang juga dilakukan secara berurutan dan juga disusun dengan sistematis berdasarkan adanya kaidah yang sudah berlaku

d) Kerl Welk
Definisi dari adanya observasi ini merupakan serangkaian proses pengamatan yang memang dilakukan dengan cara mencatat, memilih dan juga menyusun adanya hal- hal yang memang berkaitan dengan sebuah objek penelitian.

Jenis- jenis observasi

Observasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya:

• Observasi Partisipasi
Observasi yang satu ini biasanya dilakukan dengan cara melakukan pengamatan atau juga dilakukan pada orang- orang yang melakukan observasi dalam sebuah kehidupan yang berkaitan dengan objek. Adapun beberapa jenis observasi ini bisa digunakan untuk kebutuhan dan juga keperluan lainnya yang memang bersifat eksploratif. Adanya pengamatan yang dilakukan juga digunakan dalam observasi partisipasi, diantaranya observasi moderet dan juga observasi pasif.




• Observasi Sitematik

Dalam observasi yang satu ini digunakan dengan kerangka atau sebuah observasi yang dilakukan dengan menyiapkan kerangka terlebih dahulu. Dimana dalam adanya observasi yang satu ini digunakan faktor- faktor yang bisa dilakukan sesuatu untuk diamati.

• Observasi Eksperimental
Adanya observasi eksperimental ini merupakan sebuah cara yang dilakukan dengan uji coba, dimana adanya sebuah situasi yang dilakukan untuk bisa menyerupai dengan kondisi asli atau sebuah kondisi yang memang tidak diketahuinya. Dalam psikologi umumnya observasi memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Adanya metode- metode seperti ini memang tidak hanya menimbulkan efek positif saja, namun ada juga kekurangan yang bisa terlihat dari adanya teknik observasi tersebut.

Dengan adanya contoh observasi psikologi perkembangan, apalagi dalam psikologi sosial terdapat banyak aspek yang akan menghubungkan antara observasi beserta kekurangan dan juga kelebihan yang bisa kita lihat. Menurut Purnomo, bahwa terdapat kelebihan dan juga kekurangan dalam metode observasi yang dilakukan. Adapun keuntungan dan juga kelemahan yang bisa kita lihat diantaranya:

Kelebihan Observasi
• Adanya sebuah metode observasi yang sangat bermanfaat untuk bisa memenuhi rasa ingin tahu kita sehingga pada akhirnya dalam proses pembelajaran kita bisa memiliki makna yang tinggi dalam kehidupan.
• Dalam observasi nantinya bisa menyakinkan adanya sebuah media objek yang secara nyata memang tidak dapat dilakukan manipulasi.
• Dalam observasi ini akan sangat mudah dilaksanakannya.
• Dengan hadirnya metode observasi akan membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas dan juga kreativitasnya.
• Observasi bisa membuat seseorang lebih termotivasi dan juga memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar.
• Dalam metode observasi yang dilakukan bisa saja pengembangan dari adanya sifat ilmiah dan juga semangat pada siswa terjalin dengan baik.



• Observasi bisa dijadikan sebagai alat atau gejala yang dipakai untuk bisa melakukan berbagai macam penyelidikan.
• Dengan metode observasi nantinya memungkinkan dilakukan sistem pencatatan yang dilakukan secara serempak dan berlangsung cukup lama.
• Dengan menggunakan teknik observasi tuntutan yang dilakukan memang akan lebih sedikit.

Selain memiliki kelebihan yang bisa kita lihat, ternyata adanya metode observasi ini juga memiliki berbagai kekurangan. Diantara kekurangan yang bisa kita lihat adalah:
• Dalam metode observasi yang satu ini membutuhkan adanya persiapan yang cukup lama.
• Dengan kegiatan tersebut memang dibutuhkan biaya dan juga tenaga yang jauh lebih besar dalam melakukan proses observasi yang satu ini.
• Dalam observasi bisa dilakukan sebuah metode yang cukup kompleks dan juga apabila dikunjungi bisa membuat tujuan dalam pembelajaran semakin bertambah.
• Dengan metode observasi Terkadang memang cukup banyak kejadian yang bisa kita lihat dan juga tidak bisa dicapai hanya dengan teknik yang satu ini.
• Dengan adanya sistem atau teknik observasi yang satu ini memang akan menimbulkan sebuah kesan yang jauh lebih menyenangkan dan Terkadang terjadi juga sebaliknya.
• Observasi yang satu ini memang Terkadang dibatasi dengan waktu yang cukup lama.

Sponsors Link
, , , , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi