Sponsors Link

5 Keuntungan Mempunyai Self Awareness Yang Dapat Berdampak Positif

Sponsors Link

Dalam ilmu psikologi kepribadian, kita mengenal istilah yang disebut sebagai Self Awareness. Menurut tata bahasanya, Self Awareness dapat diartikan sebagai kesadaran diri. Jika diartikan lebih mendalam lagi, Self Awareness adalah kemampuan seorang individu untuk dapat menyadari secara utuh terkait perilaku, perasaan, dan piikiran yang dimiliki oleh individu tersebut serta dampaknya bagi orang lain disekitarnya terkait aktivitas bersosialisasi yang berkaitan dengan psikologi sosial.

ads

Self Awareness merupakan kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh setiap individu dikarenakan adanya keuntungan atau manfaat yang baik ketika individu tersebut memilikinya. Seseorang yang memiliki tingkat Self Awareness tinggi memiliki kondisi yang lebih sukses di kehidupannya dibandingkan mereka yang tidak memperdulikan kesadaran penuh terhadap diri sendiri tersebut. Berikut ini beberapa keuntungan mempunyai Self Awareness yang perlu diperhatikan diantaranya seperti :

  1. Lebih percaya diri

Seseorang yang memiliki kemampuan Self Awareness baik pasti terlihat lebih percaya diri dibandingkan dengan orang lain. Sikap percaya diri tersebut menjadikan seorang individu akan lebih berani dan tidak minder meskipun dihadapi dengan situasi bagaimanapun dalam kehiudpannya. Kemampuan percaya diri tersebut muncul karena individu dengan kemampuan Self Awareness yang baik dapat memiliki pertimbangan saat akan berbicara, bersikap, dan juga mengungkapkan pendapatnya. Kepercayaan diri yang lebih tersebut karena adanya kecerdasan emosional dalam psikologi.

  1. Kemampuan komunikasi yang baik

Keuntungan mempunyai Self Awareness selanjutnya adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik dibandingkan orang lain. Kemampuan komunikasi menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh manusia modern untuk dapat sukses dan berkembang dikehidupannya. Komunikasi menjadi kunci banyak keberhasilan dalam beraktivitas. Kemampuan komunikasi yang baik akan dapat membangun relasi yang luas dan menguntungkan.

  1. Mampu menahan diri dan tidak mudah sakit hati

Kemampuan menahan diri untuk tidak mudah tersakit hatinya menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk dimiliki ketika seseorang tidak mempunyai Self Awareness. Dengan memahami dirinya sendiri maka seseorang tidak akan mudah tersinggung atau sakit hari karena memang menyadari adanya kekurangan yang dimiliki oleh dirinya sendiri yang layak untuk selalu mendapatkan perbaikan sehingga akan dapat dengan mudah menerima kritikan untuk lebih membangun dirinya. Seseorang yang seolah olah mampu menahan diri masih saja dapat memiliki peluang mengalami teori gunung es dalam psikologi.

  1. Memiliki kreatifitas yang baik

Kreatifitas merupakan salah satu kemampuan individu yang harus dimiliki dalam era modern sekarang ini dan individu dengan kemampuan kreatifitas yang tinggi akan dapat bertahan serta selalu sukses dikehidupannya. Seorang individu yang memiliki kemampuan Self Awareness tentu akan dapat menjadi lebih kreatif dibandingkan dengan orang lain. Keikhlasan untuk menerima saran dan kritik menjadikan sesorang dapat membuat perubahan yang kreatif dalam dirinya atau dalam pekerjaan yang dilakukannnya.

  1. Karir akan menjadi lebih sukses 

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam karir tentu ada usaha yang harus dilakukan dan pastinya tidak mudah. Namun dengan mempelajari dan memiliki Self Awareness yang baik maka jalan untuk menuju karir yang lebih sukses tentu akan terbuka dengan lebar. Hal ini dikarenakan, individu dengan Self Awareness yang baik memiliki kemampuan yang dibutuhkan dalam membantunya meniti karir serta sikap untuk terus berubah dan berbenah merupakan langkah yang tepat dalam tujuan mendapatkan karir sukses. Seseorang dengan self awareness yang tinggi tentu tidak memiliki gejala gangguan mental.

Itulah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan terkait keuntungan mempunyai Self Awareness dalam kaitannya dengan kemampuan diri dan kesempatan untuk mendapatkan karis yang lebih sukses.

Sponsors Link
, , ,