Sponsors Link

Hubungan Self Awareness Dengan Kedisiplinan Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Ilmu psikologi merupakan suatu ilmu pengetahuan terapan yang menurut beberapa orang sangat menarik karena mempelajari tingkah laku dan mental sesorang secara ilmiah. Dalam ilmu psikologi kepribadian, kita mengenal beberapa istilah yang dapat dipahami maknanya, salah satunya adalah Self Awareness. Secara arti kata, Self Awareness merupakan istilah yang artinya kesadaran diri.

ads

Jika didefinisikan secara mendalam, Self Awareness merupakan kemampuan individu untuk dapat mengenali dirinya sendiri berkaitan dengan perilaku, perasaan, dan pikiran termasuk dampaknya bagi individu lain. Ada banyak keuntungan mempunyai Self Awareness yang baik dan salah satunya berkaitan dengan Kedisiplinan. Berikut penjelasan mengenai hubungan self Awareness dengan kedisiplinan dalam ulasan di bawah ini.

  • Pengertian kedisiplinan dan pentingnya hal tersebut

Teori disiplin dalam psikologi merupakan suatu sikap dimana individu dapat berkegiatan secara teratur, tertib, dan, rapi, serta patuh dengan aturan aturan yang berlaku. Kedisiplinan menjadi suatu hal yang wajib untuk dimiliki seorang individu dalam aktivitasnya baik bersekolah maupun bekerja. Melalui sikap dan perilaku disiplin tersebut, sesorang dapat dengan mudah mencapai atau setidaknya mendekatai keberhasilan dari apa yang dikerjakannya sejauh ini. 

Sikap disiplin menjadi sangat penting terutama untuk menjaga individu dari keinginan untuk tetap mencapai tujuan keberhasilan. Seseorang yang memiliki sikap disiplin lebih mudah diatur dan diberikan saran atas apa yang telah dilakukannya karena kesadaran akan aturan yang berlaku di dalam suatu organisasi dimana individu tersebut berada. Memiliki sikap disiplin memang suatu yang harus diusahakan oleh individu itu sendiri meskipun ada juga pengaruh dari orang lain. Kedisiplinan juga bergunan untuk melatih diri dan membantu lingkungan yang kondusif karena ketaatan pada peraturan.

  • Hubungan Self Awareness dengan kedisiplinan

Sikap kedisiplinan itu datang dari diri sendiri dan sikap individu memang merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi apakah seseorang dapat memiliki sikap disiplin atau tidak. Dalam kaitannya dengan siswa sekolah, kesadaran terhadap diri sendiri dapat menciptakan sikap disiplin pada siswa dalam menerima peraturan yang ada dan mampu belajar dengan baik. Seorang siswa dapat dinilai baik dalam belajar sebagai tujuan sekolah karena kesadarannya akan akan pentingnya aturan dan program pendidikan yang ditetapkan. 

Sikap disiplin seorang siswa atau peserta didik sangat dipengaruhi oleh kesadaran terhadap dirinya sendiri dan menjadi faktor yang mempengauhi konsep diri. Kemampuan untuk mengenal dan mengendalikan kelebihan maupun kekurangan yang disadari secara utuh melalui sikap Self Awareness yang tinggi memang akan menjadikan seorang individu lebih optimis dalam menyikapi hidup dan menjadi bekal untuknya berhasil pada setiap aktivitas yang dijalani. Mendisiplinkan seseorang tanpa adanya kesadaran dalam dirinya sendiri menjadi sangat mustahil untuk berhasil dilaksanakan.

Melihat pembahasan yang diuraikan diatas terkait hubungan Self Awareness dengan kedisiplinan dapat disimpulkan bahwa antara kesdaran diri dan sikap disiplin saling berhubungan. Kondisi kesimpulan tersebut banyak dibuktikan dalam karya karya ilmiah maupun skripsi di berbagai Univesitas yang dapat diakses dengan bebas, kedisiplinan dan kesadaaran diri memang selalu ada kaitannya. Dengan kesadaran diri yang tinggi maka orang akan peka dengan aturan yang ada disekelilingnya terutama ketika seseorang memiliki kecerdasan emosional dalam psikologi.

Sponsors Link
, , ,