Sponsors Link

9 Hakikat Kesadaran Dalam Psikologi Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Dalam psikologi luas bahasannya mengenai manusia dan sekitar lingkupnya. Manusia sendiri memiliki pembahasan yang luas dan juga kaya, salah satunya adalah bagaimana makhluk hidup mempertahankan kesdaran mereka tanpa masalah dan juga kesalahan. Mengingat kesadaran merupakan hal utama dalam kehidupan manusia.

ads

Kesadaran termasuk salah satu menakjubkan dalam hidup manusia namun sukar dipahami. Sebagian orang bisa dengan sembarang dapat mengerti apa yang terjadi dan sejenisnya. Dalam psikologi sendiri yang memang menjadi payung ilmunya sulit untuk menspesifikasikan apa dan bagaimana definis itu kesadaran. Faktanya sangt banyak pengalaman emosional yang bergantung pada keawasan kesadaran anda.

Seorang ahli yakni William james menggambarkan pikiran sebagai arus kesadaran agar orang lain mudah memahami teori atau pemahamannya. Aliran yang terus menerus dari sensasi, citra, pikiran dan perasaan yang terus berubah dan bisa jadi berbeda dalam waktu yang singkat. Anda tentu pernah mendengar kasus bahwa ia baik-baik saja namun keesokannya berubah menjadi seseorang yang depresi. Pikiran manusia sering terpacu dari satu topik ke topik lainya seperti :

  • Keadaan fisik dan psikis anda hari ini, terutama fisik
  • Strategi yang anda buat untuk melewati hari esok
  • Seseorang atau lingkungan yang mendekati anda
  • Tempat dan target yang telah anda buat atau anda tuju

Relasi Antara Kesadaran dan Otak

Otak dapat menerima informasi dari tubuh dan dunianya tanpa perlu lagi pilot dalam tubuh. Jelas bahwa manusia memang memiliki kelebihan itu dibanding yang lain dan faktanya kelebihan ini yang membuat dia manusia gemilang. Otak dapat mengubah menjadi dunia kesadaran dimana didalamnya kita sadar dan tahu akan hal tersebut. Suatu sistem pengolahan yang terbesar dan terpisah yang berhubungan untuk menghasilkan kesadaran.

Dalam kesadaran ada beberapa tingkat yang anda harus pahami, diantaranya adalah :

Jenis-jenis Tingkatan Kesadaran

  1. Kesadaran tingkat tinggi dimana anda tahu harus melakukan apa dan bagaimana
  2. Kesadaran tingkat rendah namun tetap dalam fase kesadaran
  3. Keadaan kesadaran terubah
  4. Kesadaran bawah sadar yang tidak diatur
  5. Tidak ada kesadaran

Berikut ini hakikat kesadaran dalam dunia psikologi, apa saja ?

Teori Kesadaran Menurut Carl  G Jung

  1. Ego

Hakikat pertama adalah ego, dimana ego merupakan jiwa sadar manusia yang terdiri atas persepsi, ingatan pikiran dan perasaan yang jelas sadar. Ego dapat bekerja dalam tingkat conscious dan biasanya ego lahir merupakan ego perasaan identitas dan kontinyuitas atau secara terus menerus yang dimiliki seseorang. Cara Menghilangkan Sifat Egois dalam Diri tidak bisa dilakukan hanya bisa diredam.

Ego seseorang bisa menjadi gugusan tingkah laku yang biasanya dimiliki dan selalu ditampilkan secara sadar oleh mereka dalam sebuah lingkungan di masyarakat. Ego juga merupakan bagian dari manusia yang bisa membantunya sadar akan siapa dirinya dan bagaimana introspeksi seharusnya berjalan.

  1. Personal Unconscious

Struktur piskis ini merupakan wilayah yang berdekatan sekali dengan poin sebelumnya dari kesadaran yakni ego. Dimana personal unconscious terdiri dari pengalaman yang pernah disadari namun ternyata dilupakan dan diabaikan dengan cara repression dan juga suppresion. Pengalaman yang kesannya lemah dan dilalui secara cepat juga disimpan kedalam personal unconscious dan akan bangkit jika ada stimulannya. personal unconscious dapat dilakukan oleh diri sendiri jika secara mekanik, namun karena butuh stimulan maka harus ada desakan dari pihak luar yang berkuasa dan kuat untuk menekan.

Selain itu, kelompok yang terorganisir oleh perasaan, pikiran serta ingatan-ingatan yang ada dalam personal unconscious biasa disebut sebagai kompleks. Setiap kompleks ini memang memiliki inti yang bisa dikatakan menarik dimana intinya akan membantu mengumpulkan berbagai pengalaman yang ternyata memiliki kesamaan secara tematik. Semakin kuat daya tarik inti jelas akan semakin besar pengaruh terhadap tingkah laku yang dilakukan secara sadar. Kepribadian dengan kompleks tertentu akan didominasi oleh ide atau gagasan yang dikandung oleh kompleks itu sendiri.

  1. Collective Unconscious

Poin ini bisa dikatakan gudang bekas ingatan, mungkin jika anda pernah menonton kartun dan menjelaskan bahwa anda memiliki gudang ingatan maka collective unconscious tempatnya menurut Carl Jung. Ingatan yang diwariskan dari masa lampau oleh leluhur seseorang yang tidak hanya meliputi sejarah ras manusia saja namun para nenek moyang.

Sponsors Link

Collective unconscious memiliki beberapa archetype yang merupakan ingatan ras akan suatu bentuk pikiran ataupun universal yang diturunkan secara otomatis dari generasi ke generasi. Beberapa rchetype yang dominan sekana terpisah dari kumpulan lainnya dan sayangnya membentuk satu sistem sendiri. Namun untuk collective unconscious masih belum bisa dijelaskan secara detail dalam hakikat kesadaran karena masih terjadi pro dan kontra.

Teori Sigmund Freud

Bagi sigmund teori mengenai kesadaran dibagi menjadi dua yakni pra sadar dan bawah sadar, dimana pra sadar merupakan kesadaran biasa atau normal yang dimiliki manusia. Sedangkan alam bawah sadar yang biasa mengatur Jenis Jenis Memori Dalam Psikologi Komunikasi berkaitan dengan kesadaran mengatur kebutuhan manusia seperti makan, merasakan pahit, trauma dan sebagainya. Ada beberapa hakikat kesadaran bagi Sigmund Freud, yaitu :

  1. Id

Selanjutnya adalah hakikat kesadaran yang dimulai dari Sigmund Freud. Dimana yang pertama adalah Id yang merupakan struktur paling mendasar dari kepribadian manusia atau seseorang. Mungkin tidak sepenuhnya tidak disadari dan bekerja sesuai dengan prinsip kesenangan. Namun tujuan kesadaran ini memang memenuhi kepuasan secara segera, jelas bahwa hal semacam ini dilakukan manusia dengan penuh kesadaran dan beberapa dalam kesadaran rendah.

  1. Ego

Sama seperti Carl Jung, ego tetap berada dalam poin kesadaran manusia. Dimana dalam struktur kepribadian yang mengontrol kesadaran dan mengambil keputusan atas perilaku manusia baik yang benar ataupun salah adalah ego. Seringkali manusia kalah Pengertian Karakter Menurut Para Ahli sangatlah luas namun dibandingkan dengan egonya dan akhirnya mereka menjadi manusia yang memiliki kesadaran tinggi namun tetap melakukan hal yang salah.

  1. Superego

Superego merupakan refleksi nilai sosial dan juga membantu menyadarka individu atas sebuah tuntutan moral, mengingat moral merupakan hal utama yang bisa dilakukan manusia dalam lingkungan dan atas kesadarannya. Apabila terjadi pelanggaran, maka superego inilah yang menghukum rasa ego dengan menimbulkan rasa bersalah dalam diri. Jelas kan mengapa terkadang meskipun sudah melakukan berbagai hal secara sadar namun anda tetap merasa ada yang salah bahkan merasa diri anda buruk.

Teori Maurice Bucke

Ada yang unik pada penggagas teori ini, dimana ia mengeluarkan teorinya setelah mengalami kejadian yang membuat kesadarannya terganggu. Sehingga maurice mengartikan ada beberapa teori yang harus ia kemukakan mengenai kesadaran, diantaranya :

Sponsors Link

  1. Sederhana-Kesadaran

Kesadaran jenis ini merupakan kesadaran yang sangat rendah, seperti kesadaran binatang. Dimana sederhana kesadaran hanya bisa tahu dan menerima informasi yang diterima oleh lingkungan tanpa mengentahui atau bisa menyadari kesadaran itu sendiri. Contohnya binatang yang bisa mencium bau suatu hal disekitarnya tetapi binatang tidak bisa menyadari apa yang dilakukan olehnya. Semua terjadi begitu saja secara otomatis, namun kita juga tidak bisa menyebut hal tersebut secara sadar.

  1. Kesadaran Diri

Kesadaran diri merupakan tingkat kesadaran sedang dimana levelnya lebih tinggi dibandingkan poin sebelumnya. Kesadaran ini menjadikan makhluk tersebut tahu dan sadar apa yang dilakukan olehnya. Kesadaran ini lebih merujuk ke arah manusia, dimana manusia tahu apa yang terjadi pada orang disekitarnya dan ketika ia mengambil tindakan ia tahu apa yang dilakukannya. Jika ada yang mengatakan bahwa ia tidak sadar dalam melakukan suatu hal, maka dia ada dalam posisi sederhana-kesadaran.

  1. Kesadaran Kosmik

Kesadaran kosmik merupakan poin terakhir yang ternyata dialami oleh Maurice dan deretan manusia lainnya. Uniknya kesadaran ini tidak bisa didapatkan oleh semua manusia, ini adalah kesadaran tingkat tinggi yang bisa digambarkan  layaknya pengalaman mistik seseorang yang aneh dan tidak bisa ditalar oleh logika. Kesadaran  kosmik berbeda jauh dengan kesadaran normal meskipun batasannya terlihat kabur, sebab kesadaran kosmik tidak dibatasi oleh subjek, kebutuhan, tujuan dan hal lainnya. Semua larut dalam kesatuan sehingga memberikan pengalaman yang aneh dan berbeda.

Dari sekian banyak teori mengenai kesadaran dan pembagiannya ada beberapa fungsi kesadaran terutama untuk manusia, Menurut Baars and Mc. Goven fungsi dari kesadaran adalah :

  • Fungsi kontak Setting dimana fungsi ini penting untuk sesama manusia
  • Fungsi adaptasi dan pembelajaran, untuk fungsi ini dilakukan tidak hanya manusia melainkan makhluk lainnya yang melakukan adaptasi dan pembelajaran
  • Fungsi prioritas dan juga akses, terutama manusia yang memiliki akal
  • Fungsi control dan juga rekrutmen terhadap diri sendiri dan orang lain
  • Fungsi pengambilan sebuah keputusan
  • Fungsi deteksi untuk diri sendiri, ataupun orang lain dan juga lingkungan
  • Fungsi monitor diri, bahan introspeksi, perbandingan dan hal sejenisnya
  • Fungsi organisasi dan juga fleksibilitas makhluk hidup terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungannya.

Baca juga :

Sponsors Link
, , ,
Oleh :