Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Rasa Iri Berlebihan

Sponsors Link

Perasaan iri hati atau dengki merupakan sebuah perasaan yang tidak pernah senang melihat kebahagiaan yang dimiliki oleh orang lain, perasaan cemburu juga merupakan sebuah sifat yang terkadang dimiliki oleh manusia dan merupakan faktor psikologis masalah sosial yang memang selalu menjadikan diri seseorang tersebut tidak nyaman dan senang dengan kebahagiaan atau kesenangan yang dimiliki orang lain.

ads

Sifat iri hati ini memang tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa saja, namun perasaan ini terkadang juga dimiliki oleh anak-anak, balita dan juga mereka yang masih usia remaja, sehingga tidak melihat dari sisi usia. hal yang biasanya menjadi latar belakang dari sifat iri hati ini terkadang bisa terjadi karena dipengaruhi dari cara gaya hidup yang bisa lebih buruk ataupun yang lebih baik. persoalan rasa iri hati ini memang bukan merupakan masalah yang di dapatkan dari luar saja, karena masalah tersebut berhubungan erat dengan masalah diri sendiri yang terdapat di dalam hati setiap orang.

Lalu yang saat ini menjadikan perhatian dan juga titik fokus dari masalah yang ada adalah bagaimana cara mengatasi rasa iri hati yang memang terkadang datang menghampiri pada setiap perasaan di dalam diri kita, untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas mengenai berbagai cara mengatasi rasa iri yang terkadang datang menghampiri.

  1. Bersyukur

Rasa iri hati terkadang datang dikarenakan sifat manusia yang memang kurang bersyukur dengan hidupnya. Rasa syukur ini bisa kita lakukan dari hal yang terkecil sekalipun, bersyukur maish bisa diberikan nafas, bersyukur masih bisa diberikan pekerjaan yang baik dan juga bersyukur mengenai hal-hal kecil lainnya, namun dengan bersyuk pada apa yang kita miliki tenyata sangat bermanfaat dan dapat mengatasi perasaan iri yang ada di dalam hati. Karena kita sellau merasa cukup dengan apa yang kita miliki.

  1. Mengubah pola pikir

Dengan mengubah pola pikir kita terhadap sesuatu juga bisa dijadikan sebagai cara untuk bisa mengatasi rasa iri yang terkadang datang di dalam diri kita. Hal tersebut juga sangat bermanfaat agar kita bisa mengisi otak dan fikiran kita dengan hal yang lebih positif, karena daripada kita terus berfikiran negative lebih baik membuat perubahan dengan cara berfikir kita yang terdahulu.

  1. Menerima kenyataan

Terkadang hal yang paling sulit di dalam hidup ini adalah menerima kenyataan yang terjadi pada diir kita, padahal hal tersbeut sangat berguna agar bisa menghilangkan perasaan iri dan juga dengki yang ada di dalam hati. Menerima kenyataan tentang apa yang sedang terjadi pada diri kita juga merupakan yang snagat baik, dna jangan pernah anda sekalipun terobsesi pada beberapa hal yang slelau mebuat anda emosi, dna mengontrol perasaan yang ada di dalam diri kita juga akan jauh lebih baik.

  1. Mencari hal yang positif

Membuat diri anda iri hati dengan hal-hal yang dimiliki oleh orang lain merupakan sebuah perasaan yang sangat tidak baik, untuk bisa menghindari hal yang seperti itu ada baiknya juga anda mencari siis positif yang ada pada diri anda, sehingga drai hal tersbeut akan mengubah pandangan dan juga cara berfikir anda selanjutnya, dan rasa iri pun tidak akan pernah muncul lagi.

  1. Berfikir logis

Tanpa kita sadari saat kita memiliki perasaan iri hati, entah itu iri hati dengan kehidupan orang lain ataupun perasaan iri hati yang terjdi akibat ingin menjadi seperti orang lain, namun sayangnya tanpa kita sadari kita pun tidak mengetahui kehidupan seseorng tersebutt yang sebenarnya, belum tentu hal-hal yang membuat kita iri tersbeut merupakan keinginan yang sesungguhnya dingingkan oleh orang tersebut. ibarat pepatah rumput tetangga memang selalu lebih hijau. Untuk itu mencoba berfikir logis merupakan langkah dan juga cara yang terbaik bisa dilakukan. 


  1. Mencari kesibukan

Biasanya perasaan iri itu datang saat kita tidak memiliki kesibukan yang berarti, sehingga kita sibuk mengomentari atau melihat kehidupan yang orang lain miliki, untuk itu ada baiknya carilah kesibukan yang biasanya membuat anda bahkan tak punya waktu untuk memiliki rasa iri atau menginginkan memiliki kehidupan yang orang lain miliki. karena draipada focus dengan kehidupan orang lain sebaiknya mencari  cara focus pada diri sendiri saja akan jauh lebih baik.

  1. Mengubah emosi negative menjadikannya positive

Draipada merasa iri dengan orang lain lebih baik kita merubah perasaan yang kita miliki menjdi sebuah motivasi, kita bisa mencari tahu bagaimana orang tersebut sehingga perasan emosi yang negative menjaid sebuah hal yang positif, lebih baik banyak bersyukur juga dengan apa yang sudha kita miliki dan juga sudha kita capai.

  1. Fokus dalam pengembangan diri

Saat kita merasa iri hati dengan orang lain dikarenakan kita membandingkan kehidupan kita dengan orang lain tersebut, ketika kita maerasa menjadi inferior atau dibawah tentu hal tersebut akan jauh lebih mudah untuk diri kita merasa sensitive dan juga iri hati. Untuk itu lakukan pengembangan diri dengan focus agar kita pun bisa menjadi seperti yang orang lain miliki.

  1. Mengeluarkan emosi

Hal buruk dan juga fikiran negative terkadang menajadi pemicu rasa iri yang kita miliki, karena fikiran tersebut kita simpan di dalam hati sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan efek negative seperti rasa iri yang berlarut-larut. Dengan mengeluarkan emosi yang kita miliki misalnya dengan melalui tulisan, suara atau hal apapun sehingga perasaan iri hati tersebut akan hilang.

  1. Memiliki komitemen yang kuat

Apabila kita memiliki komitemen yang kuat pada diri sendiri sehingga rasa cemburu atau iri hati pun bukanlah menjadi sesuatu yang mungkin terjadi. hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari cara tegas terhadap diri sendiri Karena hati kita memang memegang teguh tentang komitmen bukannya malah sibuk dengan perasaan iri hati dengan keberhasilan yang dimiliki oleh orang lain.


  1. Menyegarkan fikiran anda

Di dalam fikiran manusia terdapat seuah sistem yang bisa mengarahkan hati dengan sang khalik, ketika anda sedang merasa iri hati atau kecemburuan dengan kehidupan orang lain segarkanlah fikiran anda dengan cara berdoa kepada tuhan, agar anda pun sennatiasa dijauhkan dari perasaan iri atau dengki yang sesungguhnya sangat merugikan diri anda sendiri.

  1. Jujur

Terbukalah dan juga mencari cara jujur pada diri sendiri, setiap manusia tentu dianugrahi dengan kelebihan dan juga kekurangan yang dimilikinya, apabila kita sedang ada pada posisi tertentu sebaiknya menerima kelebihan akan jauh lebih baik daripada menghindari perasaan tersebut, jangan pernah berburuk sangka dan selalu berfikiran postif dengan orang lain akan jauh lebih baik.

  1. Menerima kekurangan dan kelebihan

Saat kita sulit menerima kelebihan yang dimiliki orang lain secara tidak sadar perasaan iri dan juga dengki akan muncul, untuk itu belajar menerima kelebihan orang lain dan juga mengakui akan jauh lebih baik agar bisa membuat hati kita tetap bersih dan juga terjaga dari perasaan iri hati yang terkadang datang menghampiri.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial