Sponsors Link

17 Cara Pengendalian Emosi Diri yang Memuncak

Sponsors Link

Emosi sendiri merupakan sebuah dinamika perasaan yang ada di dalam hati manusia. Emosi memang tak bisa dihilangkan atau ditimbulkan namun bisa anda kelola dan kontrol dengan baik agar tidak memberikan dampak buruk terhadap orang lain. Jika sifatnya negatif, maka emosi akan muncul dengan bentuk seperti marah, kesal, dan juga kecewa. Sedangkan jika emosi yang positif maka diekspresikan dengan bentuk bahagia, senyum dan sejenisnya. Perilaku yang biasanya keluar ketika anda sedang marah yang sering diekspresikan seseorang adalah berteriak dan membentak.

ads

Bagi anda yang sulit mengendalikan emosi, anda bisa menerapkan tips berikut ini :

1. Luapkan

Pertama yang bisa anda lakukan yaitu meluapkan emosi khusunya emosi jelek seperti marah. Jenis Emosi pada manusia sendiri beragam, namun apapun jenisnya harus anda luapkan agar terasa lega. Meluapkan bisa jadi hal yang bagus terutama untuk mereka yang tidak bisa memendam perasaan. Sehingga anda bisa mencari tempat tenang dan sepi untuk bisa meluapkannya. Jangan sampai mengenai orang lain terutama mereka yang tidak salah. Dimana, meluapkan mungkin akan menjadi bahan acuan atau pengingat bagi anda sendiri apakah emosi anda sudah keterlaluan atau belum.

2. Pikirkan Perasaan Orang Lain

Ketika anda marah maka anda tidak bisa berpikir jernih dan menyebabkan siapapun akan terkena dampaknya. Namun jika anda melakukan hal tersebut maka anda melakukan hal yang sama dengan orang yang membuat anda “merasa emosi/marah”. Layaknya anda pernah merasa disakiti, maka anda juga seharusnya bisa memperhatikan perasaan orang lain terutama mereka yang sebenarnya memperhatikan dan memahami anda selama ini.

3. Hari Ini Hari Terakhir Anda Hidup

Bagaimana ternyata jika hari ini adalah hari terakhir anda hidup ? apakah anda merasa bahwa anda akan menyesal karena membuat permasalahan atau membawa rasa bersalah dalam kehidupan anda. Hal ini cukup ampuh untuk mereka yang sulit untuk mengontrol emosi. Anda bisa menganggap hari dimana anda marah atau emosi sebagai hari terakhir Anda hidup. Nantinya emosi Anda akan mereda dengan sendirinya karena Anda ingin pergi dengan keadaan yang lebih baik bukan dengan keadaan marah atau dengan emosi yang menggebu.

4. Jangan Mengambil Keputusan

Kesalahan banyak orang ketika sedang emosi adalah mengambil keputusan atau menentukan keputusan.Hal ini juga terjadi pada orang tua yang marah dan akhirnya mengambil keputusan untuk anaknya tanpa berpikir apa Dampak Anak Sering Dimarahi.

Bahkan terkadang keputusan mereka berbahaya dan menakutkan, misalnya anak yang menyebabkan orang tuanya marah dan akhirnya orang tuanya memutuskan untuk mengusir anaknya dari rumah. Padahal kesalahannya tidak seberapa. Hal seperti ini yang dihindari oleh banyak orang.

Jika anda sedang merasa emosi, maka keputusan terbaik adalah lari dari tempat kejadian yang ada dan juga . Jauhkan atau asingkan diri Anda. Buat keputusan untuk tidak membuat apa-apa sehingga Anda dapat rasakan perasaan marah tersebut tidak terlalu menguasai Anda.

5. Cari Hiburan

Mencari hiburan merupakan hal yang wajar ketika anda mencoba untuk mencairkan suasana emosi atau suasana kesal. Sehingga anda tidak perlu cape atau lelah untuk mengendalikan emosi anda. Terutama untuk anda yang mudah terhibur akan hal-hal kecil.

Sponsors Link

6. Catat atau Tuliskan

Menurut anda berapa banyak cerita yang berawal dari sebuah rasa kesal atau cerita pengalaman pribadi ? rasanya sangat banyak cerita dibuat karena pengalaman pribadi. Hal ini bermula dari seseorang yang tidak ingin emosinya diketahui namun ia juga tidak ingin memendamnya.

Mencatat atau menuliskan rasa kesal yang anda miliki akan berbuah manis dan bisa membantu anda mengendalikan emosi. Mencatat atau menceritakan dengan menulis juga akan mengurangi rasa kesal anda dan mengurangi pembicaraan seperti menceritakan aib orang lain dari anda. Sehingga kesal hilang rahasiapun tersimpan dengan baik.

7. Tenangkan Diri

Menenangkan diri bisa dengan cara apa saja dan bagaimana saja tergantung masing-masing orang. Ada yang justru menjauhi keramaian karena semakin emosi atau marah. Ada juga yang sengaja mencari teman. Apapun caranya sebaiknya anda tenangkan diri anda dengan baik.

ads

8. Ceritakan Pada Orang Lain

Menceritakan kekesalan anda pada orang lain akan membuka pemikiran atau pandangan anda tentang masalah yang sedang dihadapi. Dimana anda bisa memahami apakah masalah tersebut memang memberatkan anda atau tidak. Karena orang lain tidak terlibat maka mereka bisa berpikir lebih jernih dan bisa memberikan pendapat.

9. Meditasi

Meditasi merupakan cara selanjutnya untuk bisa menenangkan diri dan bisa mengendalikan emosi anda. Meditasi seringkali menjadi Cara Meredam Emosi Menurut Psikologi, yang baik dan juga aman. Sehingga meditasi ini merupakan salah satu obat juga bagi mereka yang tidak hanya sulit mengendalikan permasalahan atau emosi dan juga menenangkan jika mereka merasa gelisah.

10. Memaafkan

Terkadang anda yang merasa emosi disebabkan oleh perasaan yang berlebihan. Padahal faktanya adalah seseorang yang memang memiliki permasalahan atau membuat anda emosi tidak separahnya. Nah cara yang paling ampuh tentu adalah memaafkan rasa marah yang ada. Sulit memang namun seperti melepaskan hal mengganjal yang tidak anda inginkan dengan sukarela memang tidak mudah. Cobalah untuk memaafkan mereka yang membuat masalah dan rasa emosi itu terus ada.

11. Introspeksi Diri

Introspeksi merupakan cara yang baik dan juga tepat untuk bisa menghilangkan rasa emosi. Tentu setiap orang tidak akan sempurna, mereka akan mengalami kekurangan atau mengalami hal yang membuat orang lain marah. Namun jawaban dari hal tersebut adalah apakah wajar anda marah secara berlebihan ? mengingat jika anda introspeksi maka anda juga mungkin memiliki sikap yang jauh lebih bisa membuat orang lain marah.

12. Perhatikan Efeknya

Ketika anda mencoba meampiaskan emosi yang meluap-luap dan mungkin menyakitkan orang lain biasanya hal ini membuat anda tidak memiliki rasa empati dan hanya memikirkan perasaan yang buruk saja. Jika perlu anda bahkan memukul, berteriak, memaki, atau merusak barang-barang yang ada. Padahal jika anda sadari banyak orang yang terluka karena mungkin terkena dampak emosi anda. Selain itu, anda juga tidak memperhatikan efek yang ada sehingga menimbulkan efek negatif dan mungkin berkepanjangan.

13. Bernafas Panjang

Nafas panjang bisa menolong anda untuk mengendalikan emosi atau perasaan yang memuncak. Dimana anda bisa menghitung dan mencoba mengendalikan nafas dari angka satu sampai sepuluh. Ini dapat membantu meredakan rasa marah dan juga rasa memuncak yang ada dalam kepala anda. Selain itu anda bisa mengontrol diri dan juga anda bisa mendapatkan oksigen untuk menenangkan pikiran anda dan tentunya jantung yang berdebar kencang karena rasa emosi.

14. Olahraga

Psikologi Olahraga menyatakan bahwa gerakan positif seperti olahraga bisa menyelesaikan rasa emosi atau mengalirkan hal negatif yang ada pada tubuh ke arah yang lebih baik. Melalui kegiatan fisik ini secara tak langsung membuat anda berkeringat dan melampiaskan tenaga anda yang digunakan untuk emosi.

Sponsors Link

Meskipun hanya jalan kaki atau lari pelan, atau meluangkan waktu melakukan aktivitas fisik yang anda sukai. Atau mungkin bermain air seperti berenang atau rekreasi layaknya outbond. Aktivitas fisik merangsang berbagai hormon di otak untuk mengeluarkan hormon bahagia.

15. Lakukan Hobi

Melakukan hobi merupakan hal yang ampuh untuk menghilangkan rasa emosi yang memuncak.

16. Mendengar Musik

Mendengarkan musik merupakan cara ampuh untuk menenangkan diri termasuk ketika marah. Dimana musik bisa menimbulkan hormon yang memang akan membawa anda ke emosi lainnya misalnya lagu sedih maka anda akan merasa sedih dan sejenisnya. Namun setidaknya anda bisa bernyanyi bersama dan melampiaskannya ke hal positif dibandingkan hal negatif yang ada. Jangan takut untuk bisa meluapkan emosi dengan benar dibandingkan dipendam dan akhirnya menyakiti anda.

17. Selesaikan Masalah

Terakhir untuk bisa meredakan emosi yaitu menyelesaikan masalah secara langsung. Perlu diingat bahwa beberapa orang merasa mengganjal atau tidak suka dengan masalah yang belum beres sehingga membawa mereka dengan perasaan yang kesal dan marah. Nah adanya solusi ini diharapkan bisa membantu anda meredakan rasa emosi seperti kesal, marah, malu dan sebagainya. Anda juga bisa segera memperbaiki hubungan dan juga komunikasi anda.

Itulah 17 cara yang bisa anda gunakan atau ciri mengendalikan emosi diri dengan baik. Banyak yang bilang bahwa siapapun yang sudah bisa mengendalikan emosi dengan baik tentu akan lebih bijaksana dan tahu bagaimana caranya bersikap lebih dari siapapun.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :