Sponsors Link

15 Cara Menjaga Persahabatan Jarak Jauh

Sponsors Link

Menurut Shaffer mengatakan jika persahabatan bisa diartikan sebagai hubungan kuat dan bertahan lama antara dua individu yang saling memiliki kesetiaan dan saling menyayangi. Sedangkan menurut Santrock, persahabatan merupakan bentuk hubungan dekat yang melibatkan penerimaan, kesenangan, saling membantu saling respect, saling berbagi rahasia dan juga pengertian. Inti dari persahabatan adalah hubungan yang sangat dekat dan terdapat banyak unsur dari setiap individu dengan individu lain.

ads

Namun karena satu dan lain hal, terkadang hubungan persahabatan harus mengalami kendala yakni terpisah dengan jarak seperti karena kelulusan, pindah rumah, tuntutan pekerjaan dan sebagainya sehingga agar terasa sulit untuk mempertahankan jalinan persahabatan tersebut. Lalu, apa saja cara menjaga persahabatan jarak jauh yang bisa dilakukan agar bisa memelihara persahabatan tersebut agar tidak renggang?, berikut ulasan selengkapnya.

  1. Luangkan Waktu Berkomunikasi

Meski terpisah dengan jarak, tidak berarti anda juga harus mengurangi komunikasi dengan sahabat. Salah satu cara mudah untuk tetap menjalin komunikasi secara baik adalah dengan meluangkan waktu untuk menelepon, mengirim email atau teks pada sahabat.

Frekuensi kontak yang tepat dan bervariasi ini akan menjaga jalinan persahabatan sambil mengingat semua waktu yang pernah dihabiskan bersama. Komunikasi juga sangat penting untuk cara menguatkan mental bagi sahabat agar melewati segala masa masa sulit yang sedang dialami seperti kehilangan seseorang atau sesuatu, perceraian dan sebagainya.

  1. Kunjungi Saat Ada Waktu

Agar persahabatan bisa terjaga dengan baik, maka luangkan juga waktu untuk saling mengunjungi antara satu sahabat dengan sahabat yang lain yang juga menjadi cara menghilangkan sifat egois pada diri sendiri.

Cara terbaik bagi kedua belah pihak untuk bisa saling bertemu adalah dengan memilih dan mengatur titik temu antara kedua jarak. Pilih satu lokasi yang berada di tengah tengah untuk bisa bertemu yang sangat baik dilakukan sebagai pengingat jika meskipun terpisah dengan jarak, namun sahabat tetap menjadi prioritas utama dalam hidup anda.

  1. Hindari Memperlihatkan Kedekatan Dengan Teman Lain

Saat sahabat sudah berada cukup jauh, ada kalanya kita memiliki teman baru di sekitar. Saat ini terjadi, maka segala cara harus dilakukan dengan baik agar tetap bisa menjalani pertemanan baru tersebut tanpa harus mengabaikan sahabat yang sedang berada cukup jauh.

Karena terpisah dengan jarak, maka hal yang terjadi adalah kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman baru yang letaknya lebih dekat dan hal ini bisa menimbulkan perasaan cemburu dari sahabat dan berpikir jika anda sudah melupakan persahabatan tersebut. Untuk itu, hindari memamerkan kedekatan anda bersama teman baru dengan sahabat anda agar perasaan cemburu itu tidak terjadi yang sekaligus juga merupakan cara membangun sikap kritis dalam bersosialisasi supaya lebih baik.

  1. Berikan Kejutan Sederhana

Sahabat yang baik adalah orang yang mengerti betul tentang segala kesukaan sahabatnya. Untuk memupuk persahabatan, berikan kejutan kecil menyenangkan untuk sahabat sesekali. Jika anda memiliki sahabat yang senang membaca, maka kirimkan hadiah berupa novel atau komik kesukaan sahabat anda. Jika anda baru saja pergi berlibur, maka kirimkan juga oleh oleh untuk sahabat dan akan lebih menyenangkan jika hadiah tersebut anda bawa langsung saat mengunjungi sahabat anda.

Sponsors Link

  1. Luangkan Waktu Untuk Face Time

Kemajuan dunia teknologi saat ini membuat jalinan persahabatan jarak jauh sebenarnya tetap bisa dilakukan dengan mudah. Ada banyak sarana yang bisa anda gunakan untuk melakukan face time bersama sahabat seperti skype, video call dan sebagainya sehingga tetap bisa berkomunikasi sambil melihat ekspresi wajah sahabat anda. Ini juga menjadi cara ampuh untuk mengobati rasa rindu anda dengan sahabat.

  1. Lakukan Liburan Bersama

Saat sedang libur atau memiliki waktu luang, sempatkan diri untuk saling bertemu dengan melakukan liburan bersama. Melakukan liburan dan travelling bersama sangat baik dilakukan untuk memupuk persahabatan yang mungkin sempat renggang karena jarang bertemu sekaligus cara menghilangkan beban pikiran. Pilih juga tempat liburan yang mungkin pernah anda kunjungi bersama teman agar bisa bernostalgia sambil mengingat masa masa menyenangkan saat bersama sama dulu.

ads

  1. Saling Mengerti

Melakukan pertemanan jarak jauh lebih menuntut kedua belah pihak untuk bisa saling memahami dan mengerti tentang kesibukan masing masing orang. Perasaan untuk selalu bisa dekat dan bercerita tentang apapun memang tidak bisa disingkirkan begitu saja sehingga anda seringkali menghubungi sahabat lewat pesan singkat atau sejenisnya. Namun sebenarnya hal tersebut bisa saja mengganggu waktu sahabat.

Berikan waktu untuk sahabat anda agar bisa melakukan kesibukan sebab setiap orang tetap membutuhkan privacy yang tidak selamanya harus diceritakan dengan orang lain termasuk pada sahabat. Selain ini, dengan tidak terlalu sering mengganggu sahabat lewat pesan atau chat, maka bisa lebih meningkatkan perasaan kangen dengan sahabat dan akhirnya akan mencari waktu untuk bisa bertemu dan cara menghilangkan rasa kangen dengan sahabat anda.

  1. Meet Up

Pertemanan jarak jauh bukan menjadi alasan untuk tidak memiliki waktu bertemu. Anda bisa mengatur waktu bersama sahabat agar bisa saling bertemu meskipun hanya sebentar seperti sekedar makan atau minum kopi bersama yang sudah cukup mengobati rasa rindu dengan sahabat anda. Pilih juga tempat yang menyimpan banyak kenangan antara anda dengan sahabat supaya tali persahabatan bisa terjalin erat.

  1. Selau Ada Untuk Sahabat

Meski tidak bisa hadir setiap waktu di samping sahabat, namun anda tetap harus selalu ada untuk sahabat saat ia sedang membutuhkan dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan alat telekomunikasi. Meski anda sedang sibuk, sisihkan sedikit waktu untuk mendengarkan segala cerita dan keluhan yang sedang dialami sahabat sebab mereka sangat membutuhkan dukungan khususnya dari sahabat dekat yang juga penting dilakukan dalam cara menjaga hubungan jarak jauh. Dengan ini, maka persahabatan bisa dipastikan tetap terjalin dengan sangat baik meski terpisah oleh jarak yang cukup jauh.

  1. Jangan Terjebak Masa Lalu

Mengingat kenangan bersama sahabat memang hal yang sangat menyenangkan khususnya saat dulu berada di kota yang sama dan saling melakukan banyak hal secara bersama. Namun untuk menjaga persahabatan jarak jauh supaya tetap kuat, maka anda harus mengerti tentang kehidupan satu sama lain yang sedang dijalani saat ini.

Alih alih membatasi diri anda dengan memori masa lalu, akan lebih baik untuk saling berkomunikasi tentang keluarga, persahabatan atau rencana akhir pekan yang sudah anda buat yang merupakan cara meningkatkan persepsi antar pribadi terbaik.

  1. Kirim Cerita Panjang Lewat Email

Email menjadi salah satu media medium yang sangat menyenangkan untuk tetap saling berhubungan tanpa mengganggu rutinitas sahabat seperti saat dilakukan lewat telepon atau mengirim pesan singkat.

Lewat email, anda bisa menuliskan cerita panjang dengan detail yang menarik mengenai pekerjaan baru dan berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan anda tanpa perlu mengganggu waktu yang dimiliki sahabat anda sebab email bisa dibaca kapan pun dan begitu juga bisa dibalas kapan saja.

  1. Tonton Acara Yang Sama

Agar bisa mengobati rasa rindu dan merasa sahabat yang berada di daerah berbeda tetap terasa dekat, hal yang bisa anda lakukan adalah menonton sebuah acara bersama lewat berbagai acara favorit secara online.

Saat ini, banyak situs online yang juga menyediakan media acara nonton bersama sambil melakukan percakapan dengan orang lain untuk mengobati rasa rindu anda dengan sahabat sekaligus bisa digunakan sebagai cara mengatasi gangguan mood dalam psikologi.

  1. Kirim Tulisan Tangan

Teks dan email memang menjadi cara yang mudah untuk tetap saling berhubungan.Namun mengirimkan sebuah tulisan tangan dalam surat adalah harta yang sangat berharga dan berarti untuk sahabat karena memiliki nilai tersendiri. Luangkan waktu untuk menulis surat dan kirimkan pada sahabat yang juga bisa disertai dengan foto kebersamaan anda yang sekaligus merupakan cara menjadi pribadi yang menyenangkan untuk sahabat.

  1. Tag Dalam Social Media

Saat anda memposting sesuatu dalam media sosial, jangan lupa untuk tag teman anda seperti saat mengirim video lucu, resep makanan yang menggugah selera atau meme lucu yang tentunya akan membuat teman anda tersenyum dan menjadi cara kecil yang bagus dilakukan agar tetap bisa terhubung dengan sahabat saat kesepian.

Selain itu, posting juga foto kebersamaan dengan sahabat khususnya foto dengan masa yang indah atau foto lucu bersama sahabat yang akan mengembalikan anda pada nostalgia bersama dengan sahabat.

  1. Bermain Bersama

Agar hubungan anda dengan sahabat tetap utuh, sesekali anda juga bisa bermain bersama lewat game online. Cara ini tidak hanya ampuh untuk membuat anda merasa dekat dengan sahabat, namun juga sangat ampuh untuk mengembalikan mood anda, cara membahagiakan diri sendiri, menghilangkan stress dan tertawa bersama sahabat meski tidak berada dalam wilayah yang sama.

Cara menjaga persahabatan jarak jauh sebenarnya bisa tetap dilakukan dengan mudah khususnya dengan dukungan teknologi yang ada saat ini. Komunikasi menjadi kunci terpenting agar persahabatan tetap bisa terjalin dengan baik dan awet meski terpisahkan oleh jarak.

Jangan sampai persahabatan yang sudah terjalin cukup lama bisa luntur hanya karena terpisah dengan jarak sebab sahabat menjadi salah satu hal yang sangat berharga dalam hidup sehingga sudah selayaknya untuk dipertahankan dan diutamakan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial