Sponsors Link

13 Cara Meningkatkan Keberanian Pada Anak

Sponsors Link

Memiliki sikap keberanian tentu harus ditanamkan sejak dini oleh semua orang tua. karena dengan sikap berani juga bisa mennadakan bahwa anak dapat berkembang dengan mandiri dan juga baik. sehingga anak akan jauh lebih mudah untuk menghadapi dunia, agar tidak menjadi ank yang pemalu.

ads

Mendidik anak menjadi berani juga perlu bantuan dan peran serta dari orang tua. psikologi lingkungan tempat tinggal pada anak juga dapat membantu agar dapat tumbuh dengan baik nantinya.

Sebenarnya ada cara dan juga langkah-langkah yang perlu dilakukan orang tua kepada anak, sehingga anak nantinya bisa memiliki sikap yang berani dan menjadi lebih percaya diri berbicara di depan umum. sehingga nantinya akan lebih mudah juga untuk anak dapat bersosialisasi dengan lingkungan dan juga tempat baru yang dia singgahi.

Adanya dukungan dari orang tua, lingkungan dan juga pendidikannya juga bisa menjadi sumber utama agar melatih anak memiliki sikap yang berani.

Biasanya anak yang tidak memiliki sikap berani dikarena rasa percaya diri yang rendah, sehingga sebagai pendidik dan orang tua kita perlu untuk menumbuhkan mental dan memberikan motivasi agar anak menjadi lebih percaya diri. untuk itu memang dibutuhkan berbagai treatment yang tepat untuk menumbuhkan jiwa berani pada anak. diantaranya cara yang harus diterapkan agar anak menjadi berani:

  1. Mengajarkan anak berfikir positif

Dengan mengajarkan anak agar sellau berfikir positif, kita juga dapat menerapkan ilmu dan memebrikan pengalamn baru pada anak. Dalam hal ini agar anak dapat menciptakan fikiranny yang positif agar memiliki sifat yang pembernai. Karena apabila anak selalu berfikir yang negative, dengan begitu mental anak akan jatuh, dan anak pun akan sulit untuk menumbuhkan keberanian pada diirnya.

  1. Mengasah kemampuan anak

Setiap anak pasti diberikan keistimewaan masing-masing dan diberi kelebihan yang memang dia kuasasi. Nah sebagai orang tua sebaiknya kita ebih mengasah kemampuan dan kelebihan anak tersebut, dalam hal ini akan akan lebih memiliki sikap percaya diri yang tinggi sehingga kebernaian pada dirinya pun akan tumbuh dnegan sendirinya.

  1. Menumbuhkan rasa sikap percaya diri.

Percaya atau tidak sikap percaya diri akan emnumbuhkan rasa keberanian pada seorang anak. Untuk itu sebagai orang tua melalui lingkungan psikologi keluarga perlu menumbuhkan rasa percaya diri anak untuk itu anak dengan sendirinya akan merasa memiliki keberanian untuk tampil di depan umum. Atau juga menumbhkan rasa berani untuk kehidupannya yang akan datang.

  1. Mencoba hal baru

Sebagai orang tua untuk dapat menumbuhkan mental berani pada anak adalah dengan mendorongnya agar mau mencoba hal yang baru. Dalam hal ini rasa keberanian pada anak akan muncul dengan sendirinya. Taamkan juga pada anak, bahwa dia tidak usah khawatir dengan apapun resiko yang nanti akan dihadapinya.


  1. Memberi kesempatan untuk jadi pemimpin

Kita bisa menumbuhkan rasa kepemimpinan anak sejak dini. Misalnya dengan menyuruhnya untuk memimpin barisan saat di sekolah, atau juga untuk dapat memimpin doa saat ada di rumah atau dis ekolah. Sehingga dengan sendirinya aka nada mental pemberani pada diri anak tersebut. anak pun tidak menjadi pemalu dan mau berbicara di depan umum.

  1. Melakukan aktivitas luar ruangan.

Untuk menumbuhkan rasa keberanian pada anak memang tidaklah mudah. Untuk itu sebagai orang tua kita pun harus ikut serta untuk mengajarkan anak agar lebih memiliki sikap pemberani.

Salah satunya seperi elalu mengikutsertakan dirinya pada kegiatan aktivitas diluar ruangan, salah satunya seperti kegiatan aoutbound, karena dalam kegiatan tersebut akan meningkatkan adrenalin anak serta psikologi sosial nya. Dari kegiatan tersebut anak pun bisa lebih termotivasi untuk selalu mencoba hal yang membuatnya jaug lebih berani.

  1. Memberikan tanggung jawab.

Saat orang tua sedang melakukan pekerjaan tertentu, misalnya dalam hal bersih-bersih rumah, anda bisa mengikutsertakan anak dalam hal ini. Misalnya dengan meberinya tanggung jawab untuk menyapu halaman rumah ataupun sekedar membersihkan permainan yang telah dia mainkan.

Untuk itu anak akan merasa diberi tanggung jawab, sehingga dalam hal ini akan menumbuhkan rasa berani terhadap anak nantinya.

  1. Menghargai diri sendiri.

Sebagai orang tua, sebaiknya jangan pernah membandingkan anak dengan anak yang lainnya. Dalam hal ini anak akan diajarkan agar lebh dapat menghargai dirinya sendiri. Sehingga nantinya dia akan bisa menumbuhkan rasa keberanian pada dirinya sendiri, tanpa harus mneyombongkan sikap yang ada pada dirinya.

  1. Rajin berkomunikasi dengan anak.

Komunikasi antara orang tua dan anak sangatlah penting, selain menumbuhkan mental percaya diri pada anak. Anak juga akan dilatih agar dapat memiliki sikap berani. Dalam hal ini tentu peran penting orang tua  dan juga guru yang ada di sekolah sangatlah memiliki pengaruh yang cukup besar.

Memberikan ruang pada anak untuk berkeluh kesah juga bisa membuat anak lebih nyaman pada lingkungannya sehingga dnegan sendirinya akan timbul rasa berani tersebut.

  1. Tunjukan pada anak bukan sekedar teori.

Anak biasanya akan mencontoh orang tua, untuk itu sebagai orang tua sebelum memebritahukan anak mengenai sifat berani yang perlu dimilikinya, kita juga wajib mencontohkan pada anak untuk dapat memiliki sikap pemberani.

Sehingga dalam hal ini bukan hanya teori saja yang kita berikan, namun dengan mencontohnya sikap tersebut di hadapan anak. sehingga dalam hal ini memperlihatkan anak cara meingkatkan kepercayaan diri

  1. Membebaskan anak untuk memililih hal yang disukai nya.

Anak akan merasa nyaman apabila dia berada di suatu temat atau lingkungan yang memang dia sukai. Untuk itu kita juga perlu memberi kebebasan pada anak namun dengan terus mengawasinya. Untuk itu anak pun akan merasa nyaman dan dengan sendirinya akan tumbuh rasa percaya diri pada anak.

  1. Memberikan nasihat yang membangun

Memberikan nasihat dan teori kepercayaan diri yang membangun dan mengandung motivasi juga sangat penting. Karena dalam hal ini anak juga akan merasa terdorong dengan adanya motivasi dari orang tuanya. Sehingga dengan sendirinya dia akan merasa lebih berani untuk bertindak dan juga melakukan sesuatu yang memang benar-benar dalam hal positif nantinya.

  1. Jangan melarang anak.

Kebanyakan orang tua sellau melarang-larang anaknya. Padahal sikap ini justru akan membuat anak merasa tidak percaya diri dan kehilangan rasa keberanian dalam dirinya.

Untuk itu sebaiknya anda sebagai orang tua membebaskan anak anmun dalam batas yang sewajarnya. Seperti memberinya kebebasan bermain namun di luar jam sekolah, atau memberikannya kebebasan untuk bermain permainan yang dia sukai.

Demikian 13 cara meningkatkan keberanian pada anak agar bisa diterapkan orang tua untuk membuat anaknya lebih aktif dalam bersosialisasi.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Anak