Sponsors Link

15 Cara Menghadapi Orang Bipolar

Sponsors Link

Apa pendapat anda tentang kelainan mental atau gangguan mental. Dimana gangguan mental cukup banyak menyerang orang lain termasuk salah satunya masyarakat yang ada di Indonesia. Pentingnya Kesehatan Mental Terhadap Diri Sendiri. Kelainan mental sendiri sebenarnya terbagi menjadi banyak pilihan, salah satunya adalah Bipolar. Banyak orang yang salah paham mengenai bipolar dimana seringkali orang tersebut menjauhi dan mencemooh bahwa Bipolar merupakan hal yang menakutkan.

ads

Nah, jika anda memiliki anggota ataupun saudara yang menderita gangguan bipolar tentu anda harus bersikap dengan tepat. Dimana jika anda bersikap salah tentu yang ada menambah penderitaan dan juga kesehatan penderita bipolar yang semakin buruk. Anda juga harus mendukung dan juga membantu mereka.

Bipolar disorder sendiri merupakan salah satu gangguan mood yang menyebabkan penderita merasakan aliran atau perasaan yang signifikan dan berbeda.  Berikut ini cara menghadapi mereka yang memiliki keluarga atau orang sekitar yang terkena bipolar :

  1. Perkaya Pengetahuan

Memperkaya pengetahuan anda bisa membuat anda lebih bisa menghadapi mereka yang mengalami bipolar disorder. Dengan pengetahuan anda tentu tahu Gangguan Mood Dalam Psikologi sehingga tidak asal dalam menilai orang lain termasuk mereka yang mengalami Bipolar. Apa salahnya menambah pengetahuan, tidak akan ada yang dirugikan. Justru anda akan diuntungkan karena semakin bertambah pengetahuan dan apa yang anda ketahui kan ?

2. Peduli

Untuk bisa menghadapi mereka yang memiliki gangguan bipolar anda terlebih dahulu harus peduli atau memiliki sifat peduli. Dimana mereka yang peduli pasti memikirkan bagaimana menghadapi mereka yang mengalami permasalahan pada bipolar namun juga berpikir dari sudut pandang penderitanya. Apa yang akan mereka rasakan ketika mereka merasa dijauhi hanya karena penyakit yang mereka sendiri tidak mau menanggungnya. Teori Cinta dalam Psikologi Sosial sangatlah penting termasuk ketika anda berinteraksi dengan mereka yang Bipolar.

3. Sabar

Sifat sabar tidak akan pernah menghasilkan hal negatif dan selalu positif. Apakah anda tahu bahwa mereka yang sabar tentu akan memiliki perasaan tenang dan bisa menyamankan orang lain. Ketika anda menghadapi orang yang terkena bipolar tentu anda diharuskan untuk bersabar. Mereka menjadi seseorang yang berbeda dengan tiba-tiba sedih namun tiba-tiba marah sebenarnya bukan keinginan dari diri mereka sendiri.

Bantu mereka dengan kesabaran anda agar bisa sembuh dan terlawan dengan baik. Cara Meredam Emosi Menurut Psikologi anda butuhkan ketika anda sedang bersama mereka yang bipolar. Karena bagaimanapun juga tidak mungkin anda benar-benar sabar ketika membantu mereka. Namun anda harus membantunya agar bisa sembuh.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Seringkali mereka yang menjadi penderita bipolar menjadi sangat aktif berbicara dan tiba-tiba merasa putus asa dan merasa tidak berharga. Ketika hal ini terjadi bukan disebabkan oleh diri mereka dan “gangguan mental” mereka saja. Terkadang sikap orang di sekitar mereka yang tidak peduli.

Meskipun terkadang obrolan mereka tidak masuk akal namun mereka sesungguhnya membutuhkan teman bicara untuk mendengarkan mereka. Sehingga permasalahan mental mereka tidak keluar atau muncul. Seringkali penderita bipolar memang memiliki masalah yang benar-benar ada bukan mengarang saja. Dengarkan saja tanpa perlu menceramahi mereka.


5. Tawarkan Bantuan

Ketika penderita sedang tidak dalam gangguan dan sehat walafiat, anda bisa menawarkan bantuan apapun pada mereka. Namun ketika mereka sedang kambuh jangan sekali-kali meninggalkan mereka, mengingat bantuan justru dibutuhkan saat seperti itu. Anda bisa langsung menawarkan bantuan jika ternyata mereka membutuhkan hal tersebut.  Perhatian-perhatian kecil tentu akan sangat berarti meskipun bagi anda adalah hal yang sepele. namun jangan memaksakan kehendak, jika mereka bilang tidak maka anda cukup mengiyakan tanpa meninggalkan mereka. Penderita bipolar sendiri bisa tersinggung kadang dengan bantuan.

6. Pahami Mereka

Semua orang membutuhkan waktu, bukan hanya orang bipolar saja namun mereka yang Gangguan Mental OrganikGangguan Kepribadian Skizotipal dan jenis lainnya bahkan orang normal sekalipun. Apa perasaan anda ketika merasa bahwa orang lain tidak mengerti anda ? maka akan kesal atau merasa tidak dipedulikan kan ? Untuk itu anda bisa mengerti jika mereka menginginkan A, B atau hidup seperti A.

Wajar mereka banyak menginginkan sesuatu karena penderita bipolar seringkali merasa tertekan dengan keadaan mereka.  Mungkin mereka terlihat seperti Fobia Sosial padahal mereka hanya ingin menenangkan diri.

7. Jangan Mengasihani Mereka

Kesalahan banyak orang, seringkali mengasihani mereka karena penyakitnya. Hal ini salah besar dan membuat banyak orang yang mengalami bipolar menjadi tersinggung dan mengucilkan diri. Anda salah, dimana mereka butuh dukungan bukan rasa kasihan yang membuat mereka menjadi terlihat buruk.

8. Berikan Waktu

Sebagai orang yang ingin menghadapi atau disekitar mereka anda harus bisa memberikan waktu yang baik pada mereka. Seringkali orang yang mengalami bipolar membutuhkan waktu yang tepat untuk menenangkan diri, mengontrol emosi bahkan untuk merenungkan sikap dan juga penyakit mereka. Memberikan waktu bukan berarti meninggalkan mereka atau bersikap acuh tak acuh kepada penderita.

9. Berikan Dukungan

Jika anda tidak bisa menyembuhkan mereka tidak masalah, namun yang dibutuhkan orang bipolar yang ada disekitarnya bukanlah rasa sedih dan takut ketika bertemu namun dukungan dan support. Terutama keluarga dimana merekalah yang dianggap paling dekat dan ada disekitar penderita. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak memang penting. Namun bukan hanya pendidikan saja tetapi material dan terutama moril yang sering dibutuhkan oleh anggota keluarga. Jangan biarkan mereka berpikir anda tidak pernah mendukung mereka.

Selain dukungan, saat fase depresi anda bisa menasehati, kemudian bertanya apa yang dirasakan atau apa yang membuat mereka merasa seperti itu. Jika nasihat atau pembicaraan pembualan saja hanya akan menambah penderita gangguan bipolar bisa marah. Saat fase depresi, lingkungan cukup melakukan hal-hal yang kira-kira mendukung atau memaklumi serta menyatakan bahwa hal tersebut bukanlah salah mereka atau membebani mereka.

10. Berikan Semangat

Memberi semangat merupakan cara selanjutnya jika anda berada di sekitar mereka dan menghadapi mereka yang termasuk penderita Bipolar. Bukan tanpa sebab, terkadang bohong jika mereka selalu semangat. Ada kalanya Cara Menyembuhkan Bipolar Disorder gagal dilakukan dan membuat mereka putus asa. Nah salah satu cara ampunya memberikan semangat yang tulus dan terus menerus pada mereka. Agar mereka tahu bahwa ada orang lain yang mendukung mereka.

11. Jangan Menyalahkan

Apakah anda pernah mendengar bahwa banyak orang yang menyalahkan atau menganggap adanya gangguan tersebut ditimbulkan oleh penderita dengan cara disengaja. Sehingga banyak keluarga yang menolak bahkan tidak ingin repot mengurus mereka. Salah jika anda melakukan tersebut, mengingat cara untuk menghadapi mereka yang bipolar dengan cara mengalah namun juga tidak membiarkan mereka menguasai apapun yang ada. Berikan kelonggaran dan jangan sekali-kali menyalahkan mereka dengan label “penyakitnya”.

12. Ajaklah Bersenang-Senang

Penderita bipolar seringkali dilanda perasaan yang buruk seperti perasaan stres dan perasaan cemas. Bahkan tak jarang berkembang menjadi cemas berlebihan. nah bersenang-senang menjadi  Cara Menghilangkan Kecemasan Berlebihan. bersenang-senang bisa membuat mereka merasa segar dan juga lakukan kegiatan positif agar mereka terinspirasi dan senang. Usahakan untuk menjauhkan mereka dari pikiran-pikiran yang sekiranya bisa menjadi negatif yang bisa membahayakan diri mereka sendiri. Terutama mereka memiliki hobi tersendiri.

13. Tawarkan Terapi

Orang bipolar seringkali dijauhkan. Namun daripada itu, semangat dan dukungan menjadi obat yang paling mujarab dibandingkan terapi. Namun demi kesembuhan dari pednerita, akan lebih baik jika mereka melakukan terapi. Sebagian penderita bipolar sering merasa malas dan juga gugup. Jika harus pergi berobat atau terapi cobalah untuk menemani mereka agar mereka merasa didukung dan merasa lebih tenang. Meskipun proses penyembuhan tentunya tidaklah instan dan bisa langsung namun jangan sering menyamakan orang bipolar dengan mereka yang gila.

14. Selalu Di Samping Mereka

Terkadang, ketika Gejala Gangguan Mental salah satunya adalah bipolar anda jangan pernah takut untuk menghadapi mereka. Karena yang mereka butuhkan adalah anda yang ada di samping mereka. Dimana mereka akan menghadapi masa sulit untuk sadar dan mengembalikan pikiran “waras” mereka dengan benar, karena gangguan itu bisa saja menguasai diri mereka. Andalah yang bisa membantu mereka kembali pada pribadi yang normal dan sehat kembali. Selalu di samping mereka dan jangan takut dengan penderita.

15. Tenang

Mereka yang menderita Bipolar seringkali terserang gangguan mood yang menyebabkan mereka tidak sadar dan tidak tahu mana batasan yang tepat. Nah anda yang memang ada disekitarnya dan menghadapinya haruslah tenang karena jika mereka melihat anda sama-sama panik dan ketakutan maka penderita tidak akan pernah percaya pada anda dan hanya membebani perasaan mereka saja. Usahakan untuk tenang dan juga tetap menata pemikiran anda agar tetap jernih.

Simak penjelasan lebih mendalam dengan Dokter Maria Irene Hendrata, Sp.KJ

Disekitar orang Bipolar berarti menandakan bahwa anda lebih mengerti dibanding orang lain yang hanya melihat saja. Mengingat siapa yang mau memiliki permasalahan bipolar, semua penderita pasti menginginkan mereka sembuh dan hidup secara normal.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial