Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Frustasi Dalam Psikologi

Sponsors Link

Gejala Depresi Pada AnakCiri-Ciri Depresi Terselubung, dan Cara Mengatasi Stres dan Depresi Ringan merupakan artikel yang cukup banyak dicari ditengah masyarakat Indonesia. Tentu hal ini membuktikan bahwa masyarakat sebenarnya cukup tertekan dan bermasalah. Dalam kesehariannya mungkin banyak hal yang membuat masyarakat Indonesia merasa tertekan sampai akhirnya putus asa atau menyerah.

ads

Sebenarnya setiap manusia memiliki kelemahan dan kelebihan. Selain itu masing-masing orang memiliki permasalahannya tersendiri. Namun ada beberapa orang yang merasa bahwa dirinya tidak sanggup dibebani masalah dan akhirnya menjadi frustasi.Apa sebenarnya arti kata frustasi ?

Frustasi mungkin terdengar menakutkan, dan memiliki konotasi yang sangat mendalam. Frustasi sebenarnya mengacu pada reaksi subyektif terhadap blocking atau penghalang tingkah atau motivasi yang penting sehingga mengakibatkan terganggunya penyesuaian diri. Jika seseorang atau anda mengalami frustasi bagaimana cara tepat mengatasinya ?

1). Nyatakan

Pertama cara yang ampuh untuk menghilangkan frustasi yaitu nyatakan. Dalam psikologis cara ini disebut eksplosif. Dimana, semua energi yang terdapat dalam diri individu diledakkan atau dihabiskan dengan jalan melakukan perbuatan atau ucapan yang bersifat eksplosif. Sehingga tidak ada lagi tekanan yang mengganggu dan juga menekan anda. Terutama jika itu masalah atau beban besar.

2). Seimbangkan Batin

Ketika anda sedang mengalami frustasi, maka anda harus mencegah terjadinya permasalahan baru. Bagaimana caranya ? anda harus menjernihkan pikiran dan juga menyeimbangkan batin. anda harus mencegah kemungkinan terjadinya pertentangan batin yang mungkin merisaukan diri seumur hidup, misalnya salah memilih atau menentukan keputusan yang harus anda ambil. Karena itu batin harus diseimbangkan atau diselaraskan agar bisa tetap tegak.

3). Kendalikan Kekecewaan

Terkadang manusia memiliki ekspektasi yang tinggi. Jika membicarakan mengenai sukses, memang sukses itu membutuhkan rasa optimis. Namun jika anda ingin menjadi orang sukses anda pasti melewati yang namanya rasa frustasi, gelisah, jengkel, dan berbagai kekecewaan yang lain. Karena dalam hidup semua kekecewaan itu tidak bisa dihindari. Jika anda kecewa saja tidak bisa dihadapi dan sudah frustasi bagaimana permasalahan lainnya ? jelas anda tidak akan pernah menapaki kesuksesan bukan.

4). Cari Pembelaan

Melakukan pembelaan (rationalisasi), yaitu usaha yang dilakukan untuk mencari alasan yang masuk akal bagi tindakan yang sesungguhnya tidak masuk akal. Sebenarnya ini seringkali dilakukan beberapa orang untuk menghindari masalah, namun untuk anda yang frustasi hal ini bisa dilakukan. Bukan menghindar tapi lebih kepada tidak menitikberatkan masalah untuk sendiri dan mencari pembelaan agar orang lain bisa ikut melihat masalah anda.

5). Pengendalian waktu yang baik

Jika anda ingin sukses tentu anda harus memiliki kesadaran yang tinggi, termasuk dalam mengatur  waktu. Seringkali seseorang merasa frustasi bukan karena masalah namun karena banyaknya pekerjaan dan tidak bisa ditangani dengan baik. Sehingga pengendalian waktu mungkin bisa membantu anda keluar dari rasa frustasi.

Sponsors Link

6). Mental Sehat

Sukses adalah persoalan mental, dimana seseorang seringkali merasa bahwa ia siap sukses namun tidak siap gagal. Nah jika seperti ini maka akan banyak orang yang mau usaha namun tidak siap menerima hasilnya. Mental yang sehat menjadikan seseorang bisa menghadapi berbagai masalah dan akhirnya tidak mengalami frustasi. Cara Memelihara Kesehatan Mental Anak termasuk cara mudah sejak dini yang bisa anda terapkan.

7).  Kembangkan Daya Berpikir

Seseorang harus mengembangkan daya pikir yang kreatif dengan berlandaskan tujuan hidup yang telah anda tetapkan sebelumnya. Anda harus ingat bahwa hidup memang seperti roller coster dimana akan ada turun dan naik permasalahan dan kebahagiaan. Coba lihat dari berbagai sisi jangan dari satu sisi saja, sehingga anda tidak akan menemukan kata frustasi dan permasalahan dalam batin sendiri.

8). Efisiensi Diri

Frustasi tidak hanya karena masalah saja namun juga bisa karena sikap atau kegiatan atau keputusan yang memang terjadi karena kesalahan anda. Efisiensi energi yang anda lakukan bisa menjadi solusi menghindari frustasi. Anda bisa melakukan suatu pekerjaan tanpa harus mengorbanan atau memboroskan banyak energi karena kamu telah bertindak cerdas dengan apa yang harus kamu lakukan.

9). Tingkatkan Iman

Psikologi Agama menyatakan bahwa spiritual seseorang memiliki hubungan dan kesehatan mental. Anda tidak ingin frustasi maka tingkatkan iman anda. Dimana banyak sekali orang yang hanya ingat spiritualnya lemah ketika sedang hancur saja. Coba anda tingkatkan iman saat anda sedang baik atau tidak baik, maka anda tidak akan merasa sendiri dan frustasi.

10). Mencatat Kemajuan Diri

Kadang-kadang kita merasa bahwa hal-hal bergerak cukup lambat,  atau mungkin salah atau mungkin anda tidak berguna untuk hidup dan tidak menghasilkan apa-apa. Nah bisa jadi itu hanya perasaan anda saja, dimana anda mungkin sebenarnya berhasil mencapai banyak target namun tidak terasa karena jalannya waktu yang lambat. Lakukan check list dan lihat bagaimana perkembangan anda atau target hidup anda apakah tercapai atau tidak.

Sponsors Link

11). Stop Menyalahkan Diri

Anda menyesal, salah atau mungkin baru menyadari apa yang anda lakukan merupakan hal yang benar-benar tidak anda harapkan. seringkali manusia seperti itu dan hal ini menjadikan kita sebagai seseorang yang penuh penyesalan. Mungkin penyebab frustasi anda adalah sesuatu dari perbuatan anda sendiri. Wajar jika seorang manusia mengalami hal yang mungkin salah dan tidak sesuai keinginan namun jangan menyalahkan diri sendiri akan hal itu yang ada anda tidak akan berubah dan berkembang.

12). Jangan Marah

Frustasi pasti akan mengaitkan anda pada kemarahan yang tinggi, padahal marah bukan solusi yang pasti. Marah diperbolehkan untuk melepaskan penat atau takanan bukan untuk menyalahkan orang lain. Hal ini dapat diarahkan baik pada diri kita sendiri maupun sesuatu yang menyebabkan frustasi dan juga rasa tertekan itu hadir. Silahkan anda menghibur diri dengan menonton film lucu atau membaca komik kesukaan anda. Intinya di sini adalah untuk meminimalkan rasa marah sehingga anda dapat berpikir jernih dan mendapatkan solusi yang baik.

Itulah 12 cara mengatasi frustasi yang bisa anda lakukan dengan ringan. Tidak perlu membutuhkan psikiater, psikolog dan sebagainya. Intinya pengendalian dirilah yang paling bisa berperan dalam menenangkan pikiran dan jiwa anda. Ingatlah bahwa semua orang pernah salah, mengalami kekurangan, masalah dan sebagainya namun mereka bisa bangkit dan maju. Jadi kenapa anda tidak ?

Sponsors Link
, , ,
Oleh :