Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Minder dalam Pergaulan

Sponsors Link

Bersosialisasi di tengah masyarakat termasuk dalam salah satu kebutuhan manusia. manusia merupakan makhluk sosial yang dituntut untuk bisa bersosialisasi dengan baik dan bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kita pasti tidak bisa menghindari keberadaan manusia lain di sekitar kita karena keberadaan mereka termasuk kebutuhan untuk kita.

ads

Lalu, apa jadinya jika kita merasa minder dan tidak percaya diri untuk berada di tengah masyarakat? Tentu hal ini akan mengganggu pergaulan kita karena kita akan cenderung menarik diri dan memilih sendiri. Untuk itu, cara mengatasi minder dalam pergaulan merupakan hal yang harus diketahui untuk bisa menghadapi rasa minder dan lebih bisa membawa diri dalam pergaulan. Berikut ini pembahasan lengkapnya:

  1. Perbaiki penampilan

Memang, penampilan luar bukanlah segalanya dan sifat diri sendirilah yang lebih penting. Namun, seringkali rasa minder muncul berawal dari rasa tidak percaya diri pada gaya penampilan. Anda mungkin merasa kurang menarik atau tidak bisa memilih gaya berpakaian yang tepat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai belajar mengenali kekurangan dan kelebihan tubuh Anda.

Baca juga:

Cobalah untuk menyesuaikan pakaian sesuai bentuk tubuh Anda. Hal yang terpenting adalah pastikan Anda memakai pakaian yang memang nyaman untuk Anda dan Anda merasa percaya diri memakainya. Jangan ragu untuk sedikit memoles wajah dengan make up yang akan membuat wajah Anda lebih segar. Dengan cara ini Anda mungkin bisa merasa lebih menarik dan lebih bisa percaya diri bergaul dengan lingkungan sekitar.

  1. Terima diri apa adanya

Selanjutnya, Anda harus bisa menerima diri Anda apa adanya. Bukan berarti Anda pasrah dan tidak mau memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik, namun sebaiknya Anda menerima bahwa ada hal-hal yang mungkin Anda memang kurang jika dibandingkan dengan orang lain. Pahami diri Anda, apa yang Anda suka dan tidak suka. Pahami juga apa yang selama ini mencegah Anda dari pergaulan yang positif dan menyenangkan. Cobalah untuk memperbaiki diri terus menerus. Dengan begitu, Anda akan bisa melihat dunia dengan lebih positif. Selain itu, dengan Anda menerima diri sendiri, Anda akan merasa nyaman dan bisa mengatasi minder dalam pergaulan yang selama ini Anda rasakan.

  1. Hargai diri sendiri

Sebaiknya Anda jangan menekan diri Anda sendiri untuk bisa bergaul sebaik mungin dan memiliki teman sebanyak-banyaknya. Memaksa diri sendiri untuk hal yang tidak Anda suka hanya akan menambah rasa minder jika usaha yang Anda lakukan tidak memberi hasil yang sesuai harapan. Akan lebih baik jika Anda berteman dengan teman yang memang Anda nyaman bersamanya atau melakukan hal yang memang Anda suka melakukannya. Ini adalah salah satu cara menghargai, sekaligus cara membahagiakan diri sendiri, yang akan membuat Anda tidak lagi minder menjadi diri Anda sendiri. (Baca juga: Cara Mencintai Diri Sendiri)

  1. Banyak membaca

Untuk bisa bergaul dengan baik tentu kita membutuhkan topik pembicaraan yang menyenangkan. Kita perlu untuk bisa memberi tanggapan atau komentar yang sesuai untuk bisa membuat pembicaraan terus bergulir dan berjalan menarik. Untuk bisa melakukannya, tentu kita perlu untuk mengetahui topik-topik yang umum dibicarakan atau menarik untuk dibicarakan. Maka, kita perlu untuk selalu meng-update pengetahuan, salah satunya dengan membaca. Dengan begitu, kita akan bisa lebih nyambung dan percaya diri untuk bergabung dalam pergaulan.

Sponsors Link

  1. Cari teman yang mengerti Anda

Lingkungan sekitar dan dukungan orang yang terdekat memiliki pengaruh yang cukup besar untuk perkembangan diri kita, termasuk kepribadian kita. Maka, sebisa mungkin cari teman yang mengerti diri Anda dan bisa terus mendukung Anda untuk menjadi orang yang lebih baik. Dengan memiliki teman yang mengerti diri Anda, akan lebih mudah untuk Anda bangkit dari rasa minder dalam bergaul.

  1. Kembangkan kelebihan Anda

Setiap manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kedua hal ini pasti ada dan tugas kita adalah untuk mengembangkan potensi atau kelebihan diri kita. Begitu pula salah satu cara mengatasi minder dalam pergaulan adalah dengan mengoptimalkan kelebihan yang Anda miliki. Hal ini pasti akan meningkatkan rasa percaya diri, hingga nantinya Anda akan lebih mudah bergaul dengan lingkungan di sekitar Anda. (Baca juga: Cara Mengetahui Bakat Diri Sendiri)

  1. Selalu berpikiran positif

Seringkali rasa minder yang dirasakan dalam pergaulan bermula dari pikiran-pikiran buruk atau negatif yang muncul. Misalnya, rasa khawatir tidak diterima oleh lingkungan pergaulan ataupun kebiasaan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Hal ini perlu dihilangkan jika Anda ingin mengatasi rasa minder dalam pergaulan. Cobalah penuhi pikiran Anda dengan pikiran-pikiran positif. Jangan mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi dan hentikan kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. (Baca juga: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri)

  1. Beri bantuan ke orang lain

Orang yang suka membantu tentu lebih disukai dibanding orang yang sombong dan tidak empati dengan kesulitan orang lain. Maka, biasakan diri untuk menjadi sosok yang ringan tangan. Bukan untuk mencari pujian, namun semata-mata untuk meringankan beban orang lain. Ketulusan yang Anda berikan akan dirasakan oleh orang di sekitar Anda dan membuat Anda merasa lebih berharga dan bermanfaat. Perasaan ini akan bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda untuk berada di tengah-tengah masyarakat.

  1. Tersenyumlah

Tersenyum bisa memberi energi positif di pikiran Anda. Selain itu, dengan tersenyum Anda akan bisa merasa lebih tenang dan menghilangkan rasa gugup di diri Anda. Lawan bicara Anda pun akan lebih suka berbicara dengan Anda yang cemberut, dibandingkan jika Anda berwajah masam atau datar tanpa ekspresi. (Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Gugup)

  1. Banyak-banyak berinteraksi dengan orang lain

Meskipun rasa minder belum sepenuhnya hilang dari diri Anda, tetap paksakan diri Anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Bukan berarti Anda memaksakan diri hingga membuat diri Anda merasa tidak nyaman, namun jika Anda memang ingin mengatasi rasa minder, ada baiknya Anda berani untuk keluar dari zona nyaman yang selama ini menjadi tempat Anda bersembunyi. Banyak berinteraksi dengan orang lain juga akan menjadi ‘latihan’ untuk Anda agar perlahan-lahan bisa mengatasi rasa minder yang selama ini Anda rasakan. (Baca juga: Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri)

Sponsors Link

  1. Olahraga

Olahraga secara tidak disadari akan memberi dampak yang sangat positif untuk kondisi psikologi kita, lho! Selain bisa menyehatkan tubuh, olahraga bisa membuat jiwa kita lebih sehat dan fresh. Dengan berolahraga, kita bisa membuang energi negatif dan pikiran-pikiran yang selama ini membuat diri kita jenuh. Maka, dengan Anda berolahraga, Anda bisa memenuhi pikiran Anda dengan hal yang lebih positif dan lebih percaya diri. (Baca juga: Psikologi Olahraga)

  1. Perbanyak bersyukur

Bersyukur akan membantu kita merasa lebih tenang dan jauh dari pikiran-pikiran buruk. Dengan banyak bersyukur, kita akan merasa bahwa begitu banyak hal baik yang kita miliki sehingga tidak ada lagi tempat untuk kita membanding-bandingkan yang kita punyai dengan yang dimiliki orang lain. Dengan begitu, kita akan lebih percaya diri dan tidak minder di tengah-tengah pergaulan. (Baca juga: Cara Mengatasi Stres dan Depresi)

  1. Visualisasikan kondisi jika Anda percaya diri

Coba Anda bayangkan hal-hal apa yang bisa Anda capai jika Anda bisa lebih percaya diri dalam pergaulan. Dengan cara ini Anda akan bisa lebih termotivasi untuk melakukan cara mengatasi minder dalam pergaulan karena Anda terpacu untuk memperoleh hal-hal yang Anda visualisasikan tadi.

Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial