Sponsors Link

13 Perubahan Sifat Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Sponsors Link

Kehamilan bagi wanita merupakan sebuah proses yang cukup panjang, karena selama 9 bulan dia harus mengalami berbagai perubahan yang terjadi pada tubuhnya, mulai dari perubahan fisik dan hormonal. Karena periode ini merupakan periode yang krisis bagi ibu hamil untuk kedepannya.

ads

Semua perasaan menjadi satu, mulai dari kebahagian, kecemasan, kekhawatiran dalam mengahadapi masa kehamilan pasti terjadi pada semua wanita yang sedang hamil, berbagai perubahan ini terjadi begitu cepat bukan hanya fisik tetapi secara psikologis. sebenarnya banyak juga cara mengatasi gangguan psikologis pada ibu hamil yang harus dipahami suami.

Meningkatknya hormon progesteron menjadi salah satu alasan perubahan yang terjadi pada wanita hamil, hal ini juga dipengarungi oleh faktor lingkungan, kenyamanan dalam kondisi maupun kehidupan rumah tangga. Perubahan yang terjadi biasanya sudah mulai dirasakan wanita hamil semenjak trimester pertama kehamilan, dimana saat itu semua wanita hamil harus menyesuaikan dirinya terhadap perubahan hormon yang terjadi.

Berikut penjelasan mengenai beberapa perubahan yang terjadi saat wanita sedang hamil.

1. Membutuhkan Perhatian lebih

 Setiap wanita hamil pasti akan terlihat lebih manja dari pada biasanya, ini bukan tanpa alasan, karena biasanya pada awal kehamilan, semua perasaan menjadi satu mulai dari rasa bahagia dan kecemasan menjadi satu, karena merasa ada seorang janin yang dia kandung sehingga harus lebih ekstra hati-hati dalam melakukan berbagai kegiatan, sehingga terlihat lebih banyak dan butuh perhatian lebih dari suami.

2. Lebih sensitif dari biasanya

Hormon progesteron menjadi penyebab ibu hamil menjadi lebih sensitif, mudah marah dan tersinggung. Perubahan hormon ini lah yang menjadikan alasan dari perubahan yang terjadi pada ibu hamil, sehingga para suami seharusnya lebih menjaga perasaan dari istrinya itu.

3. Menjadi mudah cemburu

Mungkin perubahan fisik yang terjadi pada wanita hamil menjadi salah satu alasan dirinya menjadi lebih cemburu pada suaminya, kurangnya rasa percaya diri karena perubahan fisik yang terjadi membuat sebagian ibu hamil menjadi lebih cemburu pada seuaminya, karena takut suaminya pergi dan lebih memilih wanita lain di luar sana yang jauh lebih cantik. Seharusnya untuk anda para suami, berikanlah penjelasan kepada istri anda, bahwa hal yang selama ini dia fikirkan itu salah, dan jangan lupa sering memuji istri anda untuk meningkatkan rasa percaya diri pada dirinya, sehingga dapat menurunkan rasa cemburu pada suami.

4. Lebih sering merasa lapar

Hal ini berkaitan erat dengan janin yang ibu hamil kandung saat ini, karena semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu, bukan hanya dinikmati untuk diri sendiri akan tetapi berdua bersama janin yang dikandung, hal ini menyebabkan ibu menjadi sering merasa lapar dan nafsu makan menjadi meningkat, hal ini sangat lah normal, akan tetapi sebaiknya pilihlah jenis makanan yang akan dikonsumsi untuk kesehatan ibu dan janin, perbanyak serat dan makanan yang mengandung folat.

5. Merasa malas

Untuk para suami jangan berfikir istri anda menjadi malas tanpa alasan ya, karena ini memang terjadi secara hormonal yang sedang dialami wanita hamil, jadi tidak ada salahnya untuk sementara menggantikan peran istri anda seperti membereskan tempat tidur, mencuci piring atau sekedar menjemur pakaian.

6. Menjadi mudah lelah

Semakin bertambahnya usia kehamilan, semakin bertambah pula berat badan ibu hamil, sehingga hal yang terjadi adalah ibu mudah sekali merasa lelah, disinilah peran suami yang harus mulai mengerti posisi ibu hamil, bantu lah istri anda ketika dia membutuhkan bantuan walau hanya sekedar membuatkan sarapan dan menyapu lantai, karena kondisi ibu hamil yang bertambah berat akan menjadikan dirinya sangat mudah merasa lelah meski dalam melakukan pekerjaan yang ringan sekalipun.


7. Lebih peduli terhadap masalah kesehatan

Sadar akan janin yang dikandungnya membutuhkan lebih banyak nutrisi dan asupan vitamin serta makanan sehat sejenis, ibu menjadi lebih perduli akan kesehatan dirinya dan janin yang dia kandung. Untuk sebagian ibu lebih memilih berkonsultasi kepada dokter kandungan mengenai asupan yang harus dia konsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi, sehingga ibu hamil menjadi lebih memilih dalam hal makanan dan tidak sembarangan mengkonsumsi makanan yang menurutnya enak saja.

8. Menjadi mudah gelisah

 Hal ini biasanya terjadi pada ibu hamil pada usia kehamilan trimester ke tiga, dimana ibu menjadi lebih gelisah bahkan sampai terserang stres ringan, yang mengakibatkan menjadi sulit tidur lebih awal, kondisi seperti ini biasanya dipengaruhi oleh masa kehamilan dan persiapan melahirkan nantinya. Ibu menjadi lebih khawatir tentang rasa sakit yang akan dia rasakan ketika akan melahirkan nantinya. Untuk itu perlunya support anda sebagai suami agar kondisi psikologis istri anda menjadi lebih tenang.

9. Sulit tidur/ Insomnia

Perubahan ini memang tidak terjadi pada semua wanita hamil dan hanya terjadi pada beberapa kasus saja. namun bila dirasakan perlu sebaiknya ibu berkonsultasi pada dokter agar mengetahui cara mengatasi insmonia yang tepat.

Emosi yang meledak-ledak. Perubahan ini terjadi secara hormonal bukan tanpa alasan, karena kondisi perubahan yang terjadi pada wanita hamil, membuatnya menjadi lebih emosi dan sulit untuk mengontrol kadar emosinya, untuk mengatasi emosi pada ibu hamil, sebaiknya ibu harus lebih rilex dan mengurangi berfikir yang terlalu berat sehingga dapat menganggu janin. maka tugas anda sebagai suami harus bisa mengetahui cara mengendalikan emosi pada wanita dan membuat istri anda jauh lebih bahagia agar tidak mudah stress dalam menghadapi masa kehamilannya.


10. Kecemasan karena berat badan naik

Hal ini mungkin yang menjadi faktor kecemasan yang luar biasa bagi ibu hamil, seiring dengan bertambahnya berat badan ibu hamil, mungkin rasa percaya diri ibu akan hilang, karena merasa tidak menarik lagi, hal ini yang mengakibatkan rasa cemas pada setiap wanita yang sedang hamil, seharusnya para suami harus lebih dapat meyakinkan sang istri kalo dia masih menarik meski bentuk tubuhnya tidak selangsing saat sebelum hamil, hal ini setidaknya dapat mengurangi rasa cemas pada ibu hamil.

11. Memiliki rasa empati yang luar biasa

Pada dasarnya seorang wanita adalah mahluk yang penuh kasih sayang, dan perubahan sifat tersebut akan semakin terlihat sejak anda dinyatakan hamil, hormon oxytocin atau biasa disebut “hormon kasih sayang” menjadi alasan dari perubahan sifat wanita hamil, dengan kondisi ini ibu hamil akan merasakan perbedaan sifatnya yang jauh lebih keibuan, lebih penyayang dan lebih perhatian.

12. Selalu minta yang aneh-aneh (nyidam)

Para suami mungkin harus memaklumi perubahan sifat wanita yang satu ini, meskipun nyidam masuk kedalam kategori mitos, namun tidak ada salahnya apabila anda mengikuti kemauan istri selama masih sanggup dilakukan.

Demikian penjelasan terkait beberapa perubahan sifat yang terjadi pada ibu hamil yang bisa kamu pahami agar bisa mengerti kondisi psikologis ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,