Sponsors Link

12 Contoh Penggunaan Teori Peluang dalam Ilmu Psikologi

Sponsors Link

Peluang merupakan sebuah ilmu matematika yang sudah dipopulerkan oleh blaise pascal, dan kemudian mulai dikembangkan kembali oleh pieree de fermat pada abad ke 17.

ads

Perlu anda ketahui banyak sekali aplikasi dari ilmu peluang atau hubungan psikologi dalam matematika yang dapat berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari, salah satunya adalah ilmu peluang.

Salah satu pengaplikasian ilmu peluang di dalam dimana di dalam psikolohi biasanya memang kebanyakan mempelajari yang namanya kehidupan, tingkah laku manusia dan juga hewan.

Sedangkan untuk ilmu pasti seperti mata pelajaran matematika merupakan suatu ilmu yang di dalamnya membahas mengenai suatu bilangan, lalu bagimana ilmu matematika bisa berhubungan dengan ilmu psikologi, ternyata banyak juga yang sudh mmepertanyakan hal tersebut.

Dalam ilmu matematika dan metode penelitian dalam psikologi kognitif, memang cukup banyak yang sudah dilakukan dalam penerapan sebuah ilmu psikologi, dna sayangnya masih cukup bayak juga yang tidak menyadari hal tersebut, karena secara langsung memang tidak bisa disadari bahwa sesuatu yang kita lakukan tersebut memiliki hubungan erat dengan ilmu psikologi.

Salah satunya adalah metode peluang yang termasuk ke dalam ilmu statistika, dalam metode tersebut terdapat bagian metodenya yang digunakan di dalam ilmu psikologi.

Lalu bagaimana peneran ilmu tersebut, berikut akan kami jelaskan secara detail emngenai contoh penggunaan teori peluang dalam ilmu psikologi.

1. Dapat membantu dalam sebuah pengambilan keputusan.

Salah satu contoh penggunaan teori peluang dalam ilmu psikologi adalah hubungan teori belajar dalam psikologi pendidikan yang bisa membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat, yang dimaksud disini adalah bahwa di dalam sebuah keputusan tidak ada hal yang pasti, khususnya di dalam kehidupan mendatang, dimana kita bisa memprediksi dari sebuah kepastian yang dimulai dari sekarang.

Seperti kita ketahui juga di dalam sebuah informasi yidak ad ayang sempurna, sehingga bisa menggunakan ilmu peluang agar bisa mencari kemungkinan-kemungkinan, sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat.

2. Dapat memperkirakan hal apa yang dapat terjadi

Dalam kehidupan memang tidak semua hal bisa kita prediksikan, hanya beberapa saja yang bisa kita prediksikan, karena segala sesuatu yang ada di dunia memanglah kehendak yang maha kuasa.

Nah jika kita memiliki prediksi di masa akan datang, untuk itu kita bisa mempersiapkan hal tersebut bisa memprediksikan dengan cukup baik. Misalnya kita memperkirakan datangnya hujan, atau ketika kita akan pergi keluar rumah dan melihat langit mendung, sehingga tidak jadi pergi ke luar.

3. Dapat Mengurangi terjadinya kerugian.

Dengan adanya ilmu peluang ternyata bisa mengaplikasikan untuk bisa meminimalisir terjadinya kerugian, dimana dalam hal ini bisa memprediksi dengan hal yang selanjutnya bisa terjadi dan akan dilakukan, sehingga tindakan pencegahan nantinya bisa diprediksi.

Misalkan saat kita menjual buah-buahan di pasar, tentunya kita memiliki prediksi yang bisa dilakukan agar bisa meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan, dalam hal ini bisa diselesaikan dengan konsep ilmu peluang.


4. Peluang suatu kejadian

Dengan adanya ilmu peluang, kita bisa juga memprediksikan mengena hal-hal yang akan terjadi, atau kejadian apa yang bisa terjadi meskipun belum bisa ketahui untuk kedepannya, misalnya kita memprediksikan dengan sebuah kejadian apa yang akan terjadi jika kita bermain api, tentunya akan terbakar.

5. Digunakan di dalam sebuah ilmu ekonomi.

Aktuaria merupakan sebuah ilmu dimana dalam ilmu tersebut gabungan diantara ilmu peluang dan juga statistika, serta ilmu keuangan.

Dalam hal ini mempelajari mengenai asuransi jangka panjang. Mislanya saja asuransi kesehatan, dalam hal ini bukan bermaksud untuk mendahului kehendak tuhan, namun untuk berjaga-jaga saja, karena di dalam akturia terdapat berbagai rumus mnegenai kapan pasien bisa melakukan klaim asuransunya.

Sehingga dalam rumus tersebut bisa menghitung nilai besaran premi yang akan dicairkan, dan tentu saja perhitungannya menggunakan ilmu peluang matematika.

6. Memprediksikan tindakan kriminal.

Dalam memprediksikan tindkaan criminal ternyata bisa juga menggunakan konsep ilmu peluang dimana dalam hal ini dilakukan analisis kriminologi,

Dan rumus aktuaria yang digunakan tentunya bisa mendeskripsikan adanya peluang drai pelaku criminal tersebut.

7. Digunakan dalam ilmu psikologi.

Ilmu psikologi memang erta kaitannya dengan ilmu sosial atau psikologi social.

Namun dalam hal ini ternyata tidak berarti taka da kaitannya dengan ilmu matematika, karena boasa digunakan dalam sebuah ilmu statistik, namun dalam hal ini bisa dijabarkan dalam sebuah ilmu peluang yang memang sudha kita pelajari saat amsih duudk dibangku sekolah.

8. Frekuensi harapan

Dalam ilmu pleuang ada yang namanya frekuenasi harapan, dimana dalam hal ini adanya banyaknya suatu kejadian yang bisa diharapkan bisa saja terjadi dalam suatu hal atau percobaan.

Karena di dalam kehidupan tentunya kita bisa mencapai berbagai impian dan juga sebuah harapan yang memang kita inginkan, meskipun hal tersebut sangat kecil, namun akan ada banyak hal yang kita coba.




9. Dapat melakukan evaluasi

Dalam ilmu peluang terdapat yang namaya sebuah evaluasi, dan evaluasi juga seringkali digunakan dalam mengatasi sebuah perbandingan di dalam ilmu psikologi, mislakan saat kita melakukan evaluasi dalam penerapan mengetahui sebuah gejala depresi dalam ilmu psikilogi.

10. Membuat suatu perencanaan

Dalam ilmu statistik ada berbagai teori yang berkaitan dengan perencanaa, dan dalam hal ini pula lah yang secara tidak sadar berkaitan erat dengan ilmu psikologi, dimana ketika kita melakukan perencanaan hidup di masa depan atau hal lainnya yang berkaitan dengan perencanaan dalam ilmu psikologi.

11. Melakukan analisis data

Dengan ilmu peluang dalam psikologi juga kita bisa melakukan analisis data, mislakan kerika kan merekrut karyawan baru.

Dimana dalam hal ini tentunya harus dilakukan berbagai evaluasi perekrutan karyawan baru, agar nantinya bisa menemukan karyawan yang memang pas dan sesuai dengan keinginan perusahaan.

12. Survey

Dalam statistika terdapat yang namnya eksperimen dna juga survey, secara tidak langsung hal tersbeut juga seringkali kita lakukan dapam penerapan ilmu psikologi misalnya dalam hal pengumpulan data.

Dimana dengan dilakukannya survey bisa diketahui berbagai analisis kebutuhan, dna juga pengambilan suatu kesimpulan yang jauh lebih akurat lagi. Nah, berikut ulasan mengenai contoh ilmu peluang yang memiliki erat hubungannya dengan ilmu psikologi, smeoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Teori Psikologi