Sponsors Link

12 Cara Fokus Terhadap Diri Sendiri

Sponsors Link

Dalam keseharian, tentu ada begitu banyak urusan atau kegiatan yang harus dilakukan, mulai dari diri sendiri, keluarga, orang tua, kewajiban seperti kuliah atau pekerjaan, dsb, namun sobat, semua hal itu tidak akan terlaksana dengan baik jika sobat tidak fokus pada diri sendiri, misalnya terlalu fokus pada sekitar hingga tidak fokus pada diri sendiri,

ads

dampaknya sobat mungkin akan sakit atau kekurangan sesuatu, jika hal tersebut terjadi, tentu sobat semakin tidak mampu fokus pada hal lain, nah sobat, sebab itu keseimbangan dimulai dari diri sendiri, bagaimana bisa memperlakukan diri sendiri dengan fokus dan seimbang, berikut 12 Cara Fokus Terhadap Diri Sendiri yang bisa sobat terapkan.

1. Ulangi Kegiatan Baik untuk Dri Sendiri Setiap Hari

Berusahalah mencari pikiran baik yang membuat Sobat merasa lebih baik dan ulangi setiap hari. Cara ini akan terasa canggung atau aneh pada mulanya, tetapi kebiasaan ini akan menanamkan pikiran baik sehingga Sobat mulai meyakininya, bahkan jika tadinya Sobat tidak percaya. (Baca juga mengenai penyebab galau menurut psikologi)

Kegiatan baik agar Sobat bisa fokus terhadap diri sendiri yakni: “Saya sempurna, saya orang yang berharga, dan saya menghormati, mempercayai, dan fokus terhadap diri sendiri atau pribadi saya”. Jika Sobat merasa tidak terbantu dengan kegiatan, cobalah menemui psikolog yang bisa membantu Sobat dengan berbagai cara yang lain. (Baca juga mengenai penyebab marah menurut psikologi)

2. Lakukan Kegiatan yang Membuat Sobat Merasa Bahagia

Pikirkan sesuatu sesuatu yang memberikan rasa bahagia secara fisik, emosi, dan rohani. Lakukan apa saja agar Sobat merasa bahagia dengan berbagai cara, mungkin dengan berolahraga, berfokus, dan membuat jurnal untuk mencatat sesuatu sesuatu yang baik. Buatlah jadwal kegiatan rutin yang bisa memberikan Sobat kebahagiaan dan jalankan dengan baik. (Baca juga mengenai penyebab imsomnia secara psikologi)

3. Lakukan Penilaian

Pada waktu Sobat menghabiskan waktu dengan fokus terhadap diri sendiri dan menghargai pribadi sendiri, akan ada manfaat yang Sobat rasakan dalam kehidupan Sobat. Coba perhatikan apakah Sobat merasa lebih berenergi atau lebih suka bertemu dengan orang lain. (Baca juga mengenai penyebab LGBT dalam psikologi)

Sobat juga akan merasa lebih bertanggung jawab atas setiap keputusan yang Sobat buat dan lebih bisa mengendalikan hidup Sobat. Ketahuilah tentang fokus cara fokus terhadap diri sendiri. Fokus membuat Sobat lebih mengasihi pribadi sendiri dan orang lain. Selain itu, fokus ini juga bisa menjadi sarana yang membuat Sobat lebih mampu konsentrasi. (Baca juga mengenai penyebab psikologi terganggu)

4. Terapkan Prinsip Prinsip dalam Fokus

Fokus ini melatih untuk tanpa pamrih atau tanpa syarat dan membuat Sobat mampu menilai (pribadi sendiri dan orang lain). Penilaian atas pribadi sendiri atau orang lain biasanya akan menimbulkan kesedihan dalam menjalin hubungan dengan orang lain atau di dalam pikiran sobat sendiri. Belajar fokus terhadap diri sendiri tanpa menilai berarti belajar fokus terhadap diri sendiri tanpa mementingkan pribadi sendiri.

5. Bernapaslah Dalam Dalam dan Pikirkan Apa yang Penting untuk Diri Sendiri

Mulailah dengan menarik napas panjang perlahan lahan dan dalam. Duduklah dengan nyaman di kursi dan biarkan dada Sobat terisi penuh oleh udara sambil mengembangkan diafragma. Lalu buanglah napas perlahan lahan sampai habis. Dukunglah pribadi Sobat dengan kegiatan baik. Sambil terus bernapas dalam dalam, mulailah memikirkan prioritas yakni apa yang memang penting untuk diri sobat sendiri.


6. Buat Rencana untuk Pribadi

  • Semoga saya bisa mencapai cita-cita saya, hidup bahagia dan damai.
  • Semoga saya mampu fokus terhadap diri sendiri orang lain dengan segenap hati saya.
  • Saya berharap agar pribadi dan keluarga saya terlindung dari bahaya.
  • Saya mengharapkan kehidupan yang sehat dan sejahtera untuk pribadi, keluarga saya, dan teman teman saya.
  • Semoga saya bisa mengampuni pribadi sendiri dan orang lain.

7. Kenali Tanggapan Negatif yang Muncul atas Kegiatan Baik

Jika ada pikiran pikiran negatif pada waktu Sobat mengucapkan kegiatan baik, coba pikirkan siapa yang memicu pikiran negatif ini. Ingatlah siapa saja yang sulit membuat Sobat melakukan cara fokus terhadap diri sendiri tanpa pamrih. Ulangi lagi kegiatan ini sambil memikirkan orang orang.

Pikirkan seseorang yang membuat Sobat merasa baik. Ulangi kegiatan baik ini sambil membayangkan orang yang membuat Sobat merasa baik. Pikirkan seseorang yang membuat Sobat merasa netral. Ulangi kegiatan baik ini sambil membayangkan orang yang membuat Sobat merasa netral.

8. Sekali Waktu Jangan Memikirkan Siapapun Selain Diri Sendiri

Biarkan kebaikan dari kegiatan ini mengisi pribadi Sobat sepenuhnya. Ulangi lagi kegiatan ini tanpa memikirkan siapa pun. Berfokuslah hanya pada kebaikan dari kegiatan ini. Biarkan perasaan baik memenuhi pribadi Sobat dan sebarkan perasaan baik dari dalam pribadi Sobat ke seluruh diri.

9. Pahami Kemampuan Diri

Ketahuilah yang bisa timbul karena ketidakmampuan fokus terhadap diri sendiri. Kurangnya kemampuan fokus terhadap diri sendiri bisa membuat Sobat mengambil keputusan yang merugikan pribadi sendiri. Kondisi ini biasanya sama dengan kurangnya perasaan berharga yang menimbulkan sabotase pribadi secara sadar atau tidak sadar dan membuat seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya yang paling mendasar.

10. Cara Menghadapi Masalah

  • Kurangnya kemampuan untuk fokus terhadap diri sendiri bisa menimbulkan masalah ketergantungan akan pengakuan orang lain. Orang orang sering kali mengabaikan kebutuhan sendiri hanya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain.
  • Kurangnya kemampuan untuk fokus terhadap diri sendiri juga bisa mencegah pemulihan gangguan emosi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang orang yang suka menyalahkan pribadi sendiri dan mengabaikan pribadi orang orang mendapatkan hasil yang kurang baik dalam menjalani kehidupan.

11. Ketahuilah Pentingnya Pengaruh Pengalaman Waktu Kecil Terhadap Kemampuan

Sobat fokus terhadap diri sendiri, Hubungan antara orang tua dan individu berpengaruh pada pembentukan karakter seumur hidup. Individu individu yang kebutuhan fisik, emosi, dan mentalnya tidak terpenuhi akan mengalami masalah dengan perasaan berharga dalam pribadinya seumur hidup.

12. Ketahuilah Efek dari Komentar Orang Lain Terhadap Kemampuan

Sobat pasti kadang akan menghadapi komentar tidak baik dalam kehidupan sehari hari. Kemampuan fokus terhadap diri sendiri tidak bisa dilatih dengan mengurung pribadi dalam kamar tanpa ada pengaruh dari komentar dan


karakter negatif orang lain. Oleh sebab itu, Sobat harus belajar menghadapi karakter negatif dari pasangan Sobat, atasan Sobat, atau bahkan orang yang Sobat temui di jalan sehingga bisa tetap fokus pada kebaikan dan hal hal positif yang ada pada diri sobat.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan berkualitas, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,