Sponsors Link

5 Cara Mengontrol Diri Saat Jatuh Cinta Agar Diri Tetap Terkendali

Sponsors Link

Cinta merupakan salah satu perasaan yang dimiliki oleh manusia terhadap individu lainnya yang memiliki ketertarikan tertentu. Cinta menjadi salah satu bagian dari indahnya dunia dan hubungan antar manusia yang sampai sekarang selalu rumit untuk dijelaskan. Berkaitan dengan cinta, seseorang dapat menyukai lawan jenisnya pada momen tertentu yang disebut dengan kondisi jatuh cinta. Seseorang yang jatuh cinta terkadang menjadi sangat antusias, senang, bahagia yang bisa jadi terlalu besar sehingga tidak dapat mengontrol dirinya sendiri sebagai bagian dari fakta psikologi tentang jatuh cinta. Berikut beberapa cara mengontrol diri saat jatuh cintah yang perlu diperhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Jangan terus terpaku pada urusan cinta

Seseorang yang jatuh cinta seringkali tengelam dalam perasaannya dan tidak bisa mengendali emosi serta keinginannya untuk tersebut dekat dengan orang yang dicintai. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak terkendali sehingga membutuhkan upaya yang tepat dalam mencegahnya. Salah satu hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan tidak terus menerus sepanjang hari hanya terpaku pada urusan cinta dan menyibukan diri dengan aktivitas lain yang menyenangkan serta menyita waktu untuk mencegah hal yang terjadi pada tubuh saat jatuh cinta terutama yang buruk.

  1.  Hilangkan bayangan dari indahnya cinta

Pengendalian diri terhadap kondisi jatuh cinta memang hanya dapat dilakukan oleh individu itu sendiri. Kebiasaan membayangkan sesuatu yang akan terjadi menjadi salah satu hal yang sebaiknya dihilangkan dalam cara mengontrol diri saat jatuh cinta. Seseorang yang terus membanyakan hal indah yang akan terjadi biasanya tidak mampu mengendalikan emosinya dan akan terpengaruh besar terhadap sikapnya sehari hari. Lakukan berbagai macam cara mengendalikan emosi dan pikiran negatif.

  1. Gunakan rencana jika dan maka

Seseorang yang sedang jatuh cinta memang seringkali sulit melupakan sejenak saja orang yang dicintainya sehingga dapat mengabaikan aktivitas lain yang seharusnya dijalani atau menjadikan aktivitas tersebut berlangsung dengan kurang baik. Untuk dapat menahan diri dan tidak tenggelam pada kondisi jatuh cinta yang terlalu dalam dapat dicegah menggunakan rencana jika dan maka. Pembuatan rencana jika dan maka ini harus dilakukan jauh jauh hari dan memang harus sudah ditetapkan. Contohnya rencana jika dan maka tersebut seperti “jika sedang ingin terus bertemu maka lebih baik membaca buku”. Seseorang yang jaruh cinta juga harus memiliki cara mendewasakan diri dalam menghadapi masalah.

  1. Luangkan waktu bersama orang lain

Cara mengontrol diri saat jatuh cinta lainnya adalah dengan meluangkan waktu bersama orang lain. Aktivitas bersama orang lain akan menjadi hal yang lebih menyenangkan dan dapat mencegah seseorang terlalu tenggelam dalam cinta sehingga tidak dapat mengendalikan dirinya. Selama meluangkan waktu dengan orang lain seperti keluarga dan sahabat dekat, usahakan tidak terlalu sering juga memberikan kabar karena akan menjadikan aktivitas meluangkan waktu bersama orang lain tersebut menjadi sia sia.

  1. Beri batasan yang jelas 

Mencintai seseorang merupakan hak bagi setiap individu namun memang jatuh cinta sering membuat orang lupa dan hilang kendali. Untuk dapat mencegah terjadinya kondisi diri yang tak terkendali maka selalu beri batasan yang jelas dan saling memberikan pengertian antara pasangan untuk dapat mengingatkan agar tetap fokus pada aktivitas sehari hari serta tidak tenggelam dalam cinta.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengontrol diri saat jatuh cinta menurut psikologi yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar dalam kaitannya agar pengendalian diri tetap dimiliki dan tidak tenggelam dalam cinta.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Cinta