Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Stress Saat Menganggur

Sponsors Link

Stres adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh masyarakat perkotaan. Banyaknya tekanan hidup dan pekerjaan yang berat dan  berbagai masalah kehidupan di perkotaan  menjadi faktor utama dari stress. tidak hanya bagi para pekerja saja yang mengalami stress, tapi yang pengangguran pun bisa terkena masalah mental ini.

ads

Stres yang dialami oleh para pengangguran terlebih lagi saat mereka sudah menganggur dalam waktu yang cukup lama sementara rekan-rekannya yang lain sudah bisa menghasilkan. Kondisi seperti itu tentu akan memicu munclunya stres terlebih lagi saat mereka sudah mulai kehabisan tabungan sementara kebutuhan hidup semakin lama semakin meningkat. (Baca juga mengenai pengaruh pendidikan karakter terhadap jiwa anak).

Jika anda mengalami hal seperti ini, berikut ulasan cara menghilangkan stress saat menggagur. Untuk mengatasi stres karena menganggur Anda bisa melakukan beberapa cara, antara lain: (Baca juga mengenai pengaruh permainan terhadap perkembangan jiwa anak).

1. Terima Keadaan Anda

Hal yang paling pertama harus Anda lakukan untuk mengatasi stres yang Anda alami adalah memahami kondisi Anda saat ini, dengan memahami diri maka Anda akan menjadi pribadi yang bisa mengatasi rasa iri terhadap rekan-rekan Anda yang sudah bekerja, (Baca juga mengenai cara mengatasi stress pada anak usia dini dengan tepat).

dengan begitu Anda bisa mengatasi dan menekan rasa sakit hati Anda. Tidak dapat dipungkiri menjadi pengangguran memang sangat tidak mengenakkan dan bisa menimbulkan rasa iri hati yang bisa memicu stres. (Baca juga mengenai ciri ciri anak kurang konsentrasi dan cara mencegahnya).

2. Berhenti Meratapi Diri Anda!

Saat Anda susah mendapat pekerjaan, kebanyakan orang mulai menyalahkan diri mereka sendiri. Bahkan beberapa diantaranya mulai meratapi nasibnya sebagai pengangguran. Sebaiiknya Anda mengatasi perasaan tersebut karena hal seperti itu justru akan memicu diri Anda untuk tidak merubah kondisi menjadi lebih baik.

Maka dari itu untuk mengatasi tekanan batin Anda, hal mutlak yang Anda lakukan adalah berhenti meratapi diri Anda. Lakukanlah langkah yang terbaik demi perubahan dalam diri Anda. (Baca juga mengenai cara menghilangkan stres pada anak).

3. Berbagi Kisah Dengan Orang Terdekat Anda

Menganggur memang akan membuat Anda mengalami banyak tekanan yang bisa memicu stres. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa sedikit berbagi kisah dengan orang-orang terdekat Anda, baik itu bersama sahabat maupun keluarga Anda. Dengan begitu mereka akan lebih memahami kondisi Anda, bahkan mereka juga bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

4. Sibukkan Diri Anda

Sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan selama menganggur. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah Anda, sibukkan diri Anda dengan berbagai macam kegiatan yang positif sembari Anda merencanakan karir Anda. Tidak menutup kemungkinan pula dalam kegiatan Anda ada orang lain yang ternyata butuh tenaga Anda.


5. Sampaikan Perasaan Anda Dengan Orang Terpercaya – Keluarga Dan Teman. 

Kita terlahir sebagai mahluk sosial. Kita tidak hanya membagikan hal-hal yang menyenangkan, tetapi juga sebaliknya. Kita dapat membagikan ketakutan dan kekuatiran kita kepada orang-orang yang benar-benar kita percayai.

Ketika Anda membagikan perasaan, jangan berpikir bahwa itu membuat  Anda tampak lemah di depan orang lain. Karena Anda juga pasti melakukan hal yang sama. Anda memberi telinga untuk mendengar dan bahu untuk bersandar ketika orang lain mengalami kesusahan.

7. Hadapi Ketakutan Anda Secara Langsung. 

Salah satu cara yang baik untuk mengurangi kecemasan Anda adalah untuk memperjelas apa yang Anda paling takuti, dan kemudian berusaha mengatasi rasa takut. Misalnya bahwa Anda tidak akan menemukan pekerjaan lain. Sebagaimana ungkapan terkenal bahwa hal terbesar yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri – dan bila Anda membiarkan ketakutan menguasai pikiran, maka ketakutan itu sendiri akan melumpuhkan Anda.

8. Hindari Orang-Orang  Yang Suka Berpikir Negatif. 

Karena Anda sedang menghadapi masalah PHK mungkin saja orang memberikan berbagai macam komentar. Bila orang lain cenderung berkomentar negatif dan menyalahkan keadaan Anda, hindari percakapan dengan orang seperti itu.

Lebih baik Anda dekat dengan orang-orang yang percaya diri dan mereka mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang positif. Berbicaralah dengan orang-orang yang memiliki ide-ide dan saran yang membangun. Perhatikan sisi positif dari selama Anda pengangguran dan nikmati sembari berusaha, misalnya Anda lebih banyak waktu untuk keluarga dan melakukan hobi.

9. Jaga Kesehatan Anda. 

Kesehatan sama berharganya dengan hidup. Tidur, olahraga, relaksasi dan gizi yang baik harus benar-benar Anda pertahankan seperti sebelumnya selama menjadi pengangguran. Sewaktu mengganggur, maka waktu Anda untuk olahraga akan semakin banyak. Gunakan waktu tersebut, bisa saja dengan semakin baiknya stamina Anda semakin mudah Anda menghadapi masalah, semakin semangat Anda mencari pekerjaan atau menemukan ide baru untuk berwiraswasta. Jangan menggunakan obat-obat penenang dan alkohol untuk mengatasi stress. Lakukan terus usaha Anda untuk menemukan pekerjaan baru, sisanya gunakan istirahat dan tertawa bersama keluarga.

10. Kerja Sosial

Jangan hanya mendekam di rumah, menyesali nasib. Sebaliknya, habiskan waktu Anda dengan melakukan kegiatan positif, termasuk menjadi sukarelawan di bidang sosial yang membantu anak-anak putus sekolah. Jaringan sosial Anda makin luas, keahlian Anda bersosialisasi terasah, daftar pengalaman di CV makin menarik.

11. Menjelankan Hobi

Mumpung belum bekerja saatnya Anda menekuni hobi, apalah yang bisa mendatangkan penghasilan. Bagi Anda yang suka fotografi, coba deh, kemampuan Anda dengan membidikkan objek-objek menarik di dekat tempat tinggal. Kalau punya imajinasi luas, tuangkan menjadi cerpen. Setelah itu kirimkan ke majalah. Syukur-syukur dimuat dan Anda dapat honor.

12. Bereksperimen Untuk Wirausaha

Sambil menunggu diterima bekerja, Anda bisa mengisi waktu luang Anda dengan bereksperimen wirausaha. Banyak jenis wirausaha yang bisa Anda pelajari dan coba. Seperti halnya artikel tipsanda.com sebelumnya yakni Tips Jitu Memulai Wirausaha. Siapa tahu usaha Anda berkembang pesat sehingga dapat memberikan penghasilan yang besar, sehingga Anda tidak perlu lagi melamar perkerjaan ke sana kemari.

Menganggur memang bikin stress, tapi jangan dibiarkan terus menerus yang nantinya berdampak pada psikologi diri. Ubah pola pikir dan coba untuk menghilangkan stress tersebut dengan cara-cara di atas. Jangan terus diperkirakan dan tenggelam dengan rasa pasrah. Banyaknya waktu luang jadikan kesempatan untuk memperbanyak pengetahuan  dan wawasan. Jadilahyang optimis dan tetap berusaha agar keadaan menjadi lebih baik.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan yang bermanfaat. Terima Kasih

Sponsors Link
, , , , ,