Sponsors Link

17 Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Efektif

Sponsors Link

Apakah diantara anda ada yang termasuk pendiam ? Macam-Macam Sifat Manusia termasuk mereka yang mungkin pemarah, ramah, pemalu, pendiam senang show off dan sebagainya merupakan sifat yang ada tanpa bisa dikatakan dia A, B atau C. Sifat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti lingkungan, fisik, dan sebagainya. Termasuk orang yang pendiam, dimana orang pendiam memang penuh dengan misteri yang tidak bisa ditebak orang lain dan sejenisnya.

ads

Siapa yang tahu dibalik sifat diam mereka ternyata mereka menyimpan bakat.  Mengingat setiap orang sudah jelas memiliki kelebihan dalam suatu hal yang membedakan hanyalah apakah kelebihan itu dominan atau tidak melekat pada orang bersangkutan. Ataupun apakah ia termasuk yang bisa  mengembangkan potensi atas kelebihannya tersebut atau justru menyerah, nah ada beberapa cara atau trik bagaimana menghilangkan sifat pendiam yang mungkin cukup menyulitkan.

  1. Bersosialisasi

Bersosialisasi merupakan cara utama, meskipun tidak bisa merubah 100% seorang sifat pendiam yang bisa berubah dengan cepat. Namun bersosialisasi merupakan cara yang paling ampuh dan biasanya tidak terasa bagi orang yang memiliki sifat pendiam tersebut. Kalau diubah dengan terpaksa mungkin akan sulit namun jika dengan bergaul, seseorang terkadang tidak terasa bahwa ia sudah berubah. Termasuk bersosialisasi dengan teman, maka carilah teman yang lebih bawel mungkin.

  1. Bernyanyi

Bernyanyi mungkin bisa menjadi salah satu cara agar bisa mengeluarkan suara. Buatlah orang lain terkadang mendengarkan suara indah, siapa tahu suara anda memang bagus dan bisa memunculkan rasa kagum atau hiburan bagi orang lain. Dengan begitu orang pendiam akan merasa lebih percaya diri jika sudah disanjung atau disebutkan bahwa ia memiliki kelebihan yang tidak dikira oleh orang lain.

  1. Ikut Lomba

Mengikuti lomba bisa melatih mental dan mereka yang pendiam untuk bisa berubah. Karena dengan mengikuti lomba memang agak sedikit “memaksa” merek amungkin untuk berubah dan membiasakan diri dengan keadaan yang tidak terlalu nyaman. Namun tidak ada masalah jika mereka bisa mengatasinya, meskipun akan sulit mengajak anak pendiam untuk mengikuti lomba.

  1. Fokus kepada lawan bicara

Ketika kita mendengarkan apa yang lawan bicara lakukan dan obrolkan tentu kita akan paham dan terpancing untuk mau membicarakan atau mengatakan apa saja yang harus dikatakan.

  1. Bercerita

Seperti halnya menyalakan api dalam air, mungkin agak sulit untuk memancing seorang anak pendiam untuk bercerita. Namun bukan berarti tidak pernah. Jika anda adalah orang tuanya dan sesekali ia bercerita maka anda harus peka dan terus memancing anak tersebut untuk bercerita lebih banyak dan mengatakan apa yang terjadi. Jangan dibiasakan dan didiamkan saja. Jika ia tidak bercerita, maka tanyakan apa yang sudah ia lakukan. Minimal pertanyaan umum seperti tadi bagaimana di sekolah, di tempat bermain dan sebagainya.

  1. Libatkan dalam Obrolan Kecil

Mengasah kemampuan berinteraksi bisa dilakukan dengan melibatkan diri dalam obrolan kecil-kecilan, mungkin dianggap tidak penting namun bisa mnejadi hal yang paling mudah yakni chat di media sosial saja yang mungkin bisa membangun anda untuk terlibat berbicara setelah itu baru terlibat untuk berbicara dengan orang lain secara langsung tanpa harus terkendala sifat pendiam anda.

Sponsors Link

  1. Perbaiki Bahasa Tubuh

Terkadang orang yang pendiam bisa menyampaikan pesan dengan tepat dengan menggunakan bahasa tubuh yang baik dan tepat. Dimana banyak orang pendiam pasti bingun menyampaikan informasi atau membuka pembicaraan dengan bahasa dan harus dengan kata apa. Agar tidak salah anda bisa memulainya dengan memperbaiki basa tubuh terlebih dahulu.

  1. Biarkan Obrolan Mengalir

apabila ada orang lain berbicara dan anda tahu mengenai obrolan tersebut kenapa tidak untuk menyambutnya atau mengatakan hal-hal pada mereka. Selain itu, apabila mereka mencoba memberi kesempatan anda untuk berbicara kenapa tidak untuk mengobrol dan juga membiarkan untuk obrolan tersebut bisa mengalir begitu saja.  Jika menyimak dengan baik,sebenarnya dapat dengan mudah membuat obrolan mengalir.. Mengobrol ya mengobrol saja tidak perlu berpikir dan takut menyakiti dan sebagainya. Sebagai contoh, jika seseorang mengatakan “Kemarin anak-anak nongkrong di kosan si Budi loh.” Dari sana jika sudah terbiasa akan mudah.

  1. Keluar Zona Nyaman

Payah deh jika anda tetap bertahan pada zona nyaman. Seperti yang kita ketahui bahwa zona nyaman hanya untuk mereka yang lemah dan tidak mau tahu apa keuntungan atau kelebihan dalam hal lainnya. Mereka yang zona nyaman merupakan orang-orang pengecut, termasuk anda yang berusaha menyamankan diri jika sudah pendiam maka lebih memilih menjadi orang diam saja. Nah ini jangan dibiasakan, jika terus menerus anda tidak akan bisa berkembang atau berubah.

Baca juga : Cara Mudah Bergaul Bagi Orang Pendiam

ads
  1. Cari Sahabat

Cobalah untuk mendekati teman-teman yang menurut anda bisa memberikan energi positif bagi anda. Bangunlah persahabatan yang baik dan cobalah untuk mempelajari hal-hal positifi dalam diri teman anda tersebut. Sehingga anda bisa belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik sebelum nantinya anda bergaul dengan lebih banyak orang. (baca: Tips Sukses di Usia Muda)

  1. Tenang

Terkadang banyak kasus dimana orang-orang pendiam sulit untuk mengendalikan diri sendiri, terutama jika dirinya sedang dalam situasi asing dan tertekan. Mereka akan merasa takut, cemas, salah tingkah, dan hal-hal lainnya yang menunjukkan ketekanan mereka. Hal tersebut sebenarnya dapat diatasi jika mereka yang memiliki sifat pendiam bisa rileks dan juga tenang.

Selain itu, beberapa orang pendiam mungkin terlihat tidak memiliki beban namun nyatanya mereka bingung harus memikirkan masalah A kemudian dilanda kepanikan B. hal ini akan berlanjut dan memicu permasalahan baru yang memaksa anda untuk lari dari masalah yang anda miliki. Coba hadapi dengan tenang dan orang lainpun tidak akan menghardik atau memaki anda.

  1. Bangun Empati

Ketika anda mulai mengenal banyak orang, cobalah untuk mulai membangun rasa empati pada orang-orang di sekitar anda. Berikan pertolongan dan bantuan bagi teman anda yang memang membutuhkan. Bangun kekeluargaan di dalam persahabatan yang anda jalin. Selain itu Tanya sesekali kabar mereka tidak akan merubah image anda menjadi buruk.

  1. Bangun Kepercayaan Diri

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang-orang yang pendiam terkadang memiliki kepercayaan diri yang kurang di dalam dirinya sehingga membuatnya tak mudah untuk berkomunikasi dengan orang-orang lain di sekitarnya. Jika anda memang ingin bergaul dengan mudah, maka tentu saja anda harus membangun kepercayaan diri di dalam diri anda. (baca: Cara Mengenali Potensi Diri)

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membangun kepercayaan diri tersebut, anda bisa bicara kepada diri anda sendiri jika anda adalah orang yang pemberani dan dapat berbicara dengan baik, dan anda jangan mudah menyerah. (baca juga: Karakater Phlegmatis)

  1. Latihan

Latihan berbicara minimal didepan cermin bisa mengatasi tingkah pendiam anda. Bukan tanpa alasan, dimana latihan didepan cermin mungkin akan membantu anda melatih diri untuk berbicara meskipun baru didepan diri sendiri. Jika anda benar-benar pendiam mungkin berbicara di depan cermin sudah sering dilakukan namun untuk di depan orang lain anda tiba-tiba kembali kaku dan takut. Nah latihan bisa mempermudahnya.

  1. Buka Obrolan

Memang yang membuka obrolan haruslah orang yang asik atau cerewet ? anda salah, dimana mereka yang sangat diam boleh kok membuka obrolan kenapa tidak. Membuka obrolan bisa mengubah sifat anda yang tadinya pendiam menjadi lebih aktif dan mencoba hal baru. Bagaiman jika yang anda ajak bicara adalah orang yang malas berbicara juga. Maka anda akan disuasana dengan sama-sama diam sepanjang hari, dan tentu akan melelahkan.

Sponsors Link

  1. Berani Tampil

Cobalah untuk sesekali berani tampil karena faktanya di dunia nyata akan ada banyak kejadian yang mengharuskan anda untuk tampil didepan umum. Bisa saja seperti anda harus sidang kuliah dan menghadapi 3 dosen atau 10 orang sekaligus sedangkan anda hanya berdiri sendiri didepan, ketakutan ini akan menjadikan anda sulit untuk melanjutkan dan terbiasa lari dari kenyataan nantinya.

Coba untuk biasakan sehingga ketika menemukan momen dimana anda benar-benar terpaksa harus berbicara anda tidak takut dan merasa siap. untuk berbicara didepan umum. Mungkin kamu perlu tahu  Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri agar berani tampil di depan orang banyak.

  1. Manfaatkan Dunia Maya

Saat ini jaman semakin modern dan membuat perkembangan teknologi semakin maju. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk bersosialisasi dengan teman-teman lainnya. Bersosialisasi sebenarnya dapat anda lakukan dimanapun dan kapanpun anda butuhkan. Gunakan sosial-sosial media saat ini untuk mendapatkan banyak teman. Jika anda masih takut coba dulu melalui telepon, kemudian melalui video pendek dan juga melalui berbagai fitur yang mendukung anda untuk tidak diam saja atau membatasi diri.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara menghilangkan sifat pendiam dan pemalu yang mungkin membuat kita susah untuk bersosialisasi dengan orang banyak, pun orang sekitar.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :