Sponsors Link

13 Cara Menghilangkan Depresi karena Putus Cinta

Sponsors Link

Putus cinta menjadi hal yang tidak diinginkan semua orang khususnya karena kondisi ini merupakan proses transisi dari hidup yang dijalani berdua menuju hidup yang dijalani sendirian. Ketika mengalami putus cinta, maka sangat wajar jika depresi terjadi karena tidak sanggup menerima kenyataan jika orang yang sebelumnya selalu hadir di sisi secara tiba tiba menghilang. Kesedihan, kemarahan dan depresi pasca melahirkan adalah emosi yang sangat nyata dan tidak bisa diabaikan. Jika hal ini yang dirasakan, maka beberapa cara menghilangkan depresi karena putus cinta berikut bisa anda gunakan.

ads
  1. Habiskan Waktu Dengan Orang Lain

Sesudah mengalami putus cinta, maka sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan bersama sahabat dan juga kerabat. Mereka semua merupakan sistem pendukung yang masih anda miliki. Pastikan kerabat dan sahabat terdekat anda mengetahui apa yang sudah terjadi dan jika perlu minta juga kesediaan mereka untuk mendukung dan membantu anda melewati masa masa sulit depresi dalam psikologi tersebut.

  1. Akui Rasa Sedih Tersebut

Hubungan yang dijalin dan sudah berakhir sebaiknya harus diterima meski rasa kehilangan tersebut memang sangat dirasakan. Rasa sedih yang merupakan gangguan mood dalam psikologi tersebut harus diikuti namun jangan biarkan diri sendiri tenggelam dan tersesat di dalamnya dan jangan dilawan. Terima rasa sedih tersebut seperti apa adanya yakni gelombang perasaan yang bisa mengantarkan anda untuk melalui kondisi yang tidak menyenangkan dan pada saat yang bersamaan bisa memberikan rasa tenang di hati agar bisa pulih karena sebenarnya kesedihan merupakan bagian dari penyembuhan.

Meski tidak ada orang di sekitar anda yang mengetahui apa yang sedang dialami, namun anda tetap harus mengakui perasaan tersebut pada diri sendiri. Pada saat merasa sedih, maka sebaiknya anda mengambil jeda dan katakan pada diri sendiri jika bersedih tidak mengapa dan nantinya akan membaik.

  1. Bersabar

Mengatasi depresi karena putus cinta memang membutuhkan waktu dan memang ketika sedang berusaha untuk memulihkan diri, maka akan ada hari hari yang terasa lebih berat untuk dijalani. Jangan menghukum diri karena merasa sedih jika sebenarnya sudah ada kemajuan yang anda alami. Memikirkan mantan kekasih memang sangat wajar terjadi namun sebaiknya katakan pada diri sendiri untuk berhenti memikirkan orang tersebut.

  1. Tidur Cukup

Tidur menjadi cara terbaik untuk mengatasi stres dan menghindari depresi sesudah putus cinta meski bisa terhalang dengan tekanan emosional. Raas sakit, kesedihan dan kemarahan akan menyulitkan untuk bisa tidur nyenyak. Apabila memang anda bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur kembali, maka catat untuk mengidentifikasi tema yang berulang. Ini akan sangat membantu untuk mengetahui cara mengendalikan stres dan juga kemarahan pada siang hari.

Cobalah untuk menjaga jadwal tidur teratur yakni tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Nantinya, anda bisa merasa lebih segar dan bersemangat dibandingkan tidur dalam jumlah jam yang sama namun dengan waktu yang berbeda. Ciptakan rutinitas tidur yang santai dan lakukan juga olahraga teratur serta teknik relaksasi seperti pernapasan dalam dan relaksasi otot progresif yang bisa meningkatkan kualitas tidur berbeda dengan cara mengatasi gejala depresi pada anak.

  1. Olahraga

Melakukan olahraga seperti berlari atau jalan cepat sangat baik dilakukan untuk mengatasi stres. Sebuah studi menunjukkan jika latihan kardiovaskular sangat baik dilakukan untuk mengatasi kecemasan dan depresi ringan sampai sedang sebagai anti depresan.

  1. Bicara Dengan Mantan

Seorang psikolog klinis di Denver, Colorado mengatakan jika salah satu mengatasi depresi terbaik sesudah putus cinta adalah dengan berkunjung ke ahli terapi atau psikolog seperti cara menghilangkan trauma dalam cinta. Akan tetapi, masih ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit yang dirasakan tersebut seperti salah satunya berkomunikasi kembali dengan mantan.

Ini harus dilakukan supaya anda bisa mengatakan apa yang ada pikirkan, berbagi pandangan tentang hubungan yang baru saja berakhir sekaligus membantu proses pemulihan depresi. Ketika melakukan hal ini, maka tidak hanya berguna untuk menyelesaikan urusan yang belum terselesaikan namun juga untuk memberikan masukan antara yang satu dengan yang lain.

Jika memang mantan pasangan tidak mau bertemu langsung dan tidak bisa dihubungi lewat telepon, maka mengirim email atau surat sudah cukup membantu untuk mengeluarkan segala uneg uneg yang anda rasakan untuk mengatasi depresi tersebut.

  1. Buang Semua Pemberian Mantan

Meski memang terdengar klise, namun cara ini juga cukup membantu untuk mengatasi depresi karena patah hati yakni dengan cara membuang semua hadiah pemberian mantan yang memiliki kenangan antara anda dengan mantan pasangan. Ini juga sekaligus menjadi cara mengakhiri masa dalam hidup dan melanjutkan untuk kehidupan berikutnya yang kemudian bisa membantu anda untuk memegang kendali dan stres serta depresi bisa teratasi termasuk untuk cara mengatasi masalah dalam hubungan cinta


  1. Motivasi Pikiran

Psikolog pembangunan mental dalam tulisannya di Psychology Today mengatakan jika seseorang yang mengalami depresi karena patah hati harus bisa meneguhkan pikiran. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memotivasi pikiran, seperti:

  • Penderitaan yang terjadi adalah hasil reaksi kimia dalam otak dan bukan karena diri sendiri gila.
  • Hanya karena putus, maka bukan berarti hubungan tersebut tidak nyata.
  • Sebaiknya beri ruangan pada diri sendiri agar bisa menghormati keinginan.
  • Stalking tidak akan menyelesaikan masalah dan hanya bisa menambah malu.
  • Tanamkan pada diri sendiri jika harus terus tumbuh dan berkembang sekaligus belajar dari pengalaman.
  • Hargai diri sendiri dan berperilaku seperti orang yang menjaga kehormatan.
  • Semakin anda berperilaku sebagai orang normal, maka akan membuat diri sendiri agar bisa merasa seperti orang normal.
  • Untuk menghindari fokus pada hubungan yang sudah berakhir, maka fokus pada hal lain dalam hidup yang bisa membuat diri sendiri merasa lebih baik.
  1. Belajar Mencintai Diri Sendiri

Banyak orang yang menyalahkan diri sendiri ketika putus cinta dan ini yang menjadi penyebab depresi. Merasa jika berakhirnya hubungan asrama disebabkan karena diri sendiri tidak benar benar berkomitmen, tidak benar benar mencintai, tidak pantas dan berbagai pikiran negatif lainnya merupakan hal berbahaya untuk dilakukan bisa berbahaya bagi kesehatan mental dalam jangka panjang. gunakan waktu untuk mengingat apa saja kelebihan diri sendiri di mata teman teman dan keluarga serta tujuan hidup selanjutnya sebagai salah satu cara melupakan cinta dalam diam.

Ketahui juga jika dunia belum berakhir dan pada kenyataannya masih banyak orang yang mencintai diri anda apa adanya. Baca juga buku atau melihat film untuk memperkaya wawasan dan mendengarkan motivasi yang positif yang harus dilakukan sesegera mungkin untuk mengatasi pikiran depresi yang menghantui. 

  1. Putuskan Hubungan di Media Sosial

Untuk mengatasi depresi sesudah putus cinta berikutnya bisa dilakukan dengan memutuskan semua hubungan di media sosial supaya gangguan jiwa karena cinta tidak terjadi. Memandangi semua postingan mantan di berbagai media sosial atau bahkan tergoda untuk stalking semua kegiatan mantan di media sosial adalah kebiasaan yang sangat tidak sehat dan bisa memperburuk kondisi depresi. Saring juga sosial media agar hanya bisa memunculkan berbagai berita dan gambar yang positif sehingga bisa membuat anda lebih bersemangat. Hindari follow akun akun yang bisa menambah rasa sedih karena hanya bisa memperburuk depresi anda.

  1. Buat Rutinitas Baru

Terkadang, untuk mengatasi depresi karena putus cinta hanya perlu melakukan hal hal sederhana seperti beristirahat dan memulai sesuatu yang baru. Istirahat bisa menjadi waktu terbaik untuk mulai berpikir tentang segalanya dengan lebih tenang dan lebih jelas sekaligus menghindari tanda tanda stress. Anda bisa mengawali dengan mulai tidur yang lebih baik atau bangun lebih awal dan buatlah sarapan dengan resep baru yang lebih nikmat sesuai selera anda. Semua cara sederhana ini sudah sangat baik untuk mengatasi depresi ketika putus cinta.

  1. Tantang Suasana Hati

Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi karena putus cinta adalah dengan menantang suasana hati tidak menyenangkan yang sedang anda rasakan. Anda bisa membuat jurnal harian yang akan membantu anda untuk melacak perubahan suasana hati sekaligus memungkinkan anda untuk mengingat apa saja yang bisa membuat anda bahagia dan mencari cara menghilangkan kecemasan pada waktu itu. Apabila perlu, anda juga bisa mengulangi hal yang sama untuk memperbaiki hari buruk pada saat tersebut.

Jadikan juga diri anda lebih mandiri seperti dengan melakukan terapi perilaku kognitif yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Ini juga sangat membantu untuk menghilangkan pikiran negatif dan juga menghindari depresi bertambah buruk sesudah gagal dalam hubungan.

  1. Pastikan Tetap Aktif

Cara mengatasi stres berat dan depresi karena putus cinta terakhir adalah memastikan diri sendiri tetap aktif yang bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut ini:

  • Bergabung dengan kelompok penghobi: bergabung dengan komunitas hobi yang menjadi langkah tepat untuk mengatasi depresi berkepanjangan.
  • Mencoba hal baru: Untuk mengurangi rasa bosan penyebab depresi bertambah parah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Cinta