Sponsors Link

17 Cara Mengatasi Stres Pada Wanita Dengan Cepat

Sponsors Link

Stres adalah bagian hidup yang normal dan pasti dialami setiap orang dalam satu waktu di kehidupannya. Kita semua berurusan dengan banyak pemicu stres seperti misalnya kemacetan lalu lintas, pertengkaran dengan pasangan, masalah di tempat kerja dan banyak lagi. Beberapa peneliti berpendapat bahwa wanita memiliki cara unik untuk mengelola stres. Pada umumnya wanita akan cenderung menanggapi stres dengan cara berbeda daripada pria.

ads

Ketika wanita mengalami stres, mereka biasanya mencari dukungan emosional dari keluarga dan teman, dan juga justru jadi lebih memperhatikan orang yang dekat dengannya. Model respons klasik terhadap stres adalah melawan atau lari. Ketika kita dihadapkan kepada bahaya, biasanya respon yang muncul adalah melawan atau lari dari bahaya tersebut. Untuk memungkinkan adanya reaksi ini, tubuh akan melepaskan hormon stres termasuk kortisol dan adrenalin yang menyebabkan otot menjadi tegang, detak jantung menjadi cepat dan indera – indera juga menjadi tajam.

Mengatasi Stres Bagi Para Wanita

Wanita menghadapi stres yang berbeda dan juga memiliki kebutuhan unik pada cara melepaskan stres tersebut. Beberapa cara mengatasi stres pada wanita yaitu:

1. Banyak bergerak

Ketika Anda bergerak, suatu zat kimia akan dilepaskan oleh tubuh yang dapat membuat perasaan lebih baik. Hormon stres menjadi berkurang, karena darah, energi dan ide – ide akan kembali mengalir. Jika Anda sedang stress, berdiam diri saja akan memperparah kondisi tersebut. Sebaliknya, menggerakkan tubuh akan membantu untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan kemampuan berpikir Anda.

2. Ambil napas

Cara mengatasi stres pada wanita yang sederhana adalah dengan melakukan latihan pernapasan. Bernapas adalah salah satu cara yang kuat untuk membuat tubuh dapat melawan ketegangan akibat stres, dan juga memulihkan sistem pencernaan yang terganggu ketika Anda sedang stres. Ketika sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik, maka hal tersebut akan mengganggu kinerja tubuh secara keseluruhan. Cara berlatih napas yang baik adalah:

  • Mengambil napas dalam 4 hitungan
  • Tahan napas selama 7 hitungan
  • Hembuskan napas selama 8 hitungan
  • Ulangi berkali – kali sampai Anda merasa lebih tenang.

3. Minum air putih

Terkadang kita dapat mengalami stres karena overdosis kafein atau karena mengonsumsi makanan dan minuman yang kualitasnya kurang baik. Mengonsumsi segelas air ketika merasa stres dapat membantu menenangkan sistem tubuh yang sedang tegang karena stres.

4. Ketahui apa yang Anda inginkan

Ketika sedang berada di tengah situasi yang membuat stres, sangat mudah untuk merasa terjebak pada masalah tersebut. Ketika Anda berfokus kepada segala hal yang berjalan dengan salah atau yang bisa saja berjalan dengan salah, maka tidak akan ada solusi yang cocok. Jika Anda mengetahui apa yang tidak Anda inginkan, tanyakan kepada diri sendiri mengenai  hal apa yang justru Anda inginkan. Misalnya, ketika ada kekacauan di tempat kerja, maka pikirkanlah apa yang sebenarnya Anda inginkan agar dapat mengurangi stres tersebut. Mengetahui apa yang Anda inginkan pada satu situasi yang membuat stres, bisa mengalihkan fokus dan membuat pikiran serta perasaan sedikit lebih lega.

5. Mencari teman

Dukungan sosial dapat menjadi cara mengatasi stres pada wanita dengan baik. Teman – teman dapat membantu kita dalam banyak cara, mulai dari mendengarkan masalah hingga menolong pemecahan masalah tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki dukungan sosial kuat lebih cenderung menjadi orang yang sehat, bahagia dan jarang stres. Bagi wanita khususnya, ini adalah bagian penting dari memelihara kehidupan karena wanita cenderung akan menangani stres dengan lebih baik dengan berbagi perasaan dan juga membentuk grup dukungan.

6. Temukan keseimbangan

Saat ini wanita memegang peranan sekaligus banyak dalam satu waktu, dan karena semuanya dapat membuat stres, menemukan keseimbangan dan waktu untuk melakukan berbagai hal lainnya memerlukan perencanaan yang strategis. Tanpa perencanaan yang benar, menyusun prioritas dan lainnya, komitmen akan mengambil semua waktu luang Anda sehingga Anda sendiri tidak memiliki waktu untuk mencobanya.

7. Belajar berkata tidak

Untuk sebagian wanita, berkata tidak adalah suatu perbuatan yang sangat tidak bisa diterima sehingga mereka tidak pernah bisa menolak apa yang diminta orang lain. Padahal kemampuan untuk berkata tidak akan menjauhkan Anda dari kesulitan yang mungkin terjadi. Anda juga perlu mengetahui bagaimana sikap wanita yang disukai pria, cara memikat wanita, dan sikap pria yang disukai wanita.

8. Memilih hal yang bisa dikontrol

Stres seringkali terjadi ketika Anda berusaha untuk mengontrol situasi atau reaksi orang – orang yang sebenarnya berada di luar kuasa kita. Untuk itu Anda perlu mengenali pilihan yang dimiliki. Anda mungkin tidak dapat mengontrol banyak hal, namun Anda dapat mengontrol perkataan sendiri, apa yang akan diucapkan dan membiarkan reaksi orang yang tidak dapat Anda atur.

9. Pikirkan hal baik mengenai diri sendiri

Cara ini sangat sederhana, namun banyak dari kita terutama wanita justru menambah stres dengan pikiran – pikiran negatif mengenai diri sendiri. Para peneliti menunjukkan bahwa meningkatkan nilai diri sendiri akan membantu produksi hormon kortisol yang menyebabkan stres tetap rendah. Ketahui juga perubahan sikap wanita saat haid, tips menghadapi wanita egois, sifat keibuan dalam psikologi dan fakta anak bungsu perempuan.

10. Tidur

Stres juga seringkali menyebabkan kekurangan tidur yang justru akan menyebabkan Anda lebih merasa stres lagi. Wanita seringkali kekurangan tidur karena ia menjalani banyak peran dalam satu hari yang sibuk, bahkan sulit tidur malam karena stres yang dialaminya. Usahakan untuk mendapatkan jadwal tidur yang sehat di malam hari, hindari makan atau mengonsumsi kafein sebelum tidur dan sediakan cukup waktu untuk tidur nyenyak. Anda juga dapat mencuri waktu untuk tidur sejenak di siang hari. Waktu tidur yang singkat di siang hari cukup membantu dalam memulihkan energi dan memanajemen stres.

11. Pertahankan pola makan sehat

Konsumsi lebih banyak sayuran, buah dan gandum. Makanan yang baik akan menjadi bahan bakar untuk energi Anda lebih banyak lagi, juga memberikan ketenangan emosional dan suasana hati yang baik. Hindari makan ketika Anda tidak lapar, yang merupakan satu tanda stres kronis dan dapat membawa Anda kepada perasaan ketegangan yang lebih buruk.


12. Fokus pada pemecahan masalah

Cobalah untuk fokus kepada masalah yang bisa dipecahkan, daripada memfokuskan diri pada emosi dan pada masalah itu sendiri. Buatlah daftar mengenai semua langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan tandai jika Anda sudah mencapainya. Ketika Anda melihat ada kemajuan yang dicapai, masalah yang ada akan terasa lebih mudah ditangani.

13. Pertahankan rasa humor Anda

Orang – orang yang tidak berkubang dalam kesulitannya adalah mereka yang memiliki semacam pandangan positif dalam hidupnya. Ketika menghadapi tantangan mereka dapat mempertahankan kegembiraan, atau humor yang akan banyak membantu dalam membatasi respons terhadap stres. Tersenyum dan tertawa melepaskan hormon endorphin dan menurunkan tingkat stres. Usahakanlah untuk mempertahankan rasa humor sebagai cara mengatasi stres pada wanita. Ketahuilah beberapa fakta psikologi tentang menangis dan sindrom wanita super.

14. Bersyukur

Cara mengatasi stres pada wanita adalah dengan bersyukur. Menghitung berkah dan rezeki apa saja yang telah Anda dapatkan sangat berguna untuk mengurangi stres dan menenangkan pikiran. Orang – orang yang berfokus pada perasaan bersyukur ketika beranjak tidur malam tidak mudah khawatir dan gelisah. Secara keseluruhan kualitas tidur mereka bahkan lebih baik daripada malam – malam sebelumnya. Untuk memperbaiki mood Anda, buatlah daftar beberapa hal yang bisa Anda syukuri setiap malam, bagaimanapun kecilnya hal tersebut.

15. Temukan waktu untuk diri sendiri

Sangat penting untuk para wanita termasuk para ibu untuk mengambil waktu sendiri secara teratur agar dapat melakukan hal – hal yang menenangkan jiwa dan membuat perasaan tetap hidup. Jika tidak, stres dapat mencapai puncaknya dan mempengaruhi kehidupan sehari – hari kita. Manajemen stres yang dilakukan secara rutin merupakan suatu keharusan dan sangat penting untuk menyediakan waktu untuk beberapa hal yang tetap dapat membuat perasaan Anda tetap baik.


16. Hindari kebiasaan tidak baik

Cara mengatasi stres pada wanita dan cara mengendalikan emosi wanita rentan mengarah kepada cara yang tidak sehat, seperti merokok dan minum alkohol yang bisa dilakukan wanita, juga kebiasaan makan emosional yang bukan suatu informasi baru di kalangan wanita yang sedang stres. Untungnya wanita juga memiliki kemampuan hebat untuk introspeksi diri, jadi apabila Anda menemukan diri sendiri jatuh kepada cara mengatasi stres yang tidak konstruktif, carilah akar masalah yang membuat Anda stres dan mengubah cara Anda dalam mengatasi stres akan lebih baik.

17. Mulai mengorganisasi

Hidup di dalam situasi yang kacau dapat memicu stres. Tidak penting apakah Anda kewalahan dengan tumpukan barang di rumah, memiliki jadwal yang kacau, atau sedang merasa emosional, kekacauan dapat membuat Anda kehilangan arah dan kehabisan waktu. Anda dapat menghilangkan sebagian beban tersebut dengan lebih mengatur waktu dan kegiatan Anda. Mulailah dengan perubahan kecil dan bertahap atau mengubah gaya hidup Anda sedikit demi sedikit mulai hari ini.

Cara mengatasi stres pada wanita terlihat ketika wanita cenderung untuk merasa dekat dengan anak – anak dan mencari dukungan dari teman sesama wanita. Tubuh wanita menghasilkan zat kimia yang dipecaya dapat mendorong respons ini.  Salah satu zat kimia ini adalah oksitosin yang memiliki efek menenangkan selama stres. Zat kimia ini juga yang dilepaskan selama proses kelahiran anak dan ditemukan dalam tingkat lebih tinggi pada ibu menyusui, yang dipercaya lebih tenang dan lebih sosial daripada ibu yang tidak menyusui. Pentingnya untuk segera melakukan cara mengatasi stres pada wanita, sebab stres yang tidak diatasi dapat memicu sejumlah masalah kesehatan serius.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial