Sponsors Link

13 Cara Meluapkan Emosi Dengan Baik

Sponsors Link

Jenis Emosi sangat beragam mulai dari menangis, marah, sedih dan sebagainya. Tentu saja emosi menjadi bahan utama bagaimana manusia memiliki perasaan. Termasuk, marah yang mungkin paling sering menjadi emosi terbesar dan juga seringkali meluap. Entah soal kerjaan, yang dibawa ke rumah ataupun soal rumah yang mungkin terbawa ke kantor dan sebagainya. Intinya jika tidak dikeluarkan dengan baik maka  akan menimbulkan efek yang buruk dan berkepanjangan. Berikut ini deretan tips meluapkan rasa marah dengan benar :

ads

1). Mengatur Nafas

Ketika anda marah maka ritme nafas dan pergerakan aliran darah anda akan berjalan dengan cepat. Sehingga anda akan mengalami hal yang mungkin membuat tubuh anda tiba-tiba sakit dan tegang.

Cara yang benar ketika anda meluapkan emosi,atau sudah meluapkannya adalah mengatur serta menarik napas dalam-dalam dari diafragma. Hal baik dilakukan karena dapat memberikan oksigen ke otak dan kemudian mengendurkan otot yang tegang dan anda tentu bisa berpikiran jernih dan menenangkan diri.

2). Berdoa

Selanjutnya adalah berdoa. Seringkali beberapa orang memanfaatkan waktu atau sengaja mencoba mengucapkan doa singkat atau kata-kata religius untuk menenangkan diri. Memang seperti ini tidak baik karena porsinya menahan amarah. Namun kenapa tidak dilakukan jika bisa membuat anda merasa tenang dan nyaman.

Setiap orang memiliki kepercayaan yang Anda yang memang berbeda dan tingkat iman yang juga berbeda. Tetapi banyak yang mengatakan bahwa cara paling mudah dan ampuh mengatasi emosi adalah dengan berdoa. Mungkin tidak lama, tetapi efeknya akan instant dan membuat Anda jauh lebih tenang.

3). Konseling

Menahan rasa marah bukanlah hal yang baik, mengingat marah merupakan hal yang wajar dan juga  emosi alami dan penting, namun untuk mengendalikannya atau membiarkan mereka menguasai emosi anda akan berbahaya. Terutama jika sudah mengganggu kualitas hidup, jika sudah seperti itu cobalah berbicaralah dengan seseorang yang profesional, yang mampu membantu anda mengendalikan emosi anda.

4). Berubah

Marah tak selalu datang dari orang lain, bisa saja semua itu berasal dari anda sendiri atau dari masalah anda sendiri. Hal ini mengharuskan Anda untuk mencoba untuk melihat sisi lain dan mencoba berpikir dari sisi lainnya karena  Manfaat Berpikir Positif sangat banyak

Mulailah mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif yang bisa mengubah suasana anda.  Semakin Anda berlatih mengubah cara pandang terhadap situasi yang membuat marah, Anda pasti akan menjadi lebih bijaksana dan merasa bahwa marah hanyalah pekerjaan sia-sia.

5). Olahraga

Olahraga merupakan aktifitas fisik dimana anda bisa meluapkan marah dengan cara lain yang lebih positif.  Pergi saja ke tempat gym atau sekedar joging dan lari sampai anda berkeringat . Jika rasa marah dan kesal masih menguasai, cobalah olahraga yang  latihan yang lebih keras seperti body pump, kick boxing atau aerobic. Atau juga yang menenangkan seperti yoga. Namun ketika anda berolahraga, tubuh secara otomatis akan memproduksi hormon endorphin lebih banyak, sehingga Anda jadi lebih rileks dan lebih bahagia.


6). Komunikasi

Teori Hubungan Interpersonal dalam Psikologi menjelaskan bahwa komunikasi memang hal yang sulit dilakukan, apalagi jika anda sedang merasa marah. Ekspresikan rasa marah anda dengan benar dan juga tegas, terutama kepada orang yang bersangkutan. Selain itu, mereka yang menerima kemarahan anda seringkali merasa bingung akibat anda yang terlalu menggebu-gebu, ada baiknya jika Anda berbicara kepada orang lain yang dekat dengan Anda. Cobalah untuk perlahan dan juga jaga sikap agar tidak terlalu agresif.

7). Menangis

Mungkin cara ini yang dilakukan oleh wanita,  menangis bisa menjadi hal untuk melampiaskan emosi, Silahkan keluarkan semua penat anda dan juga keluarkan semua kekesalan anda dengan tangisan anda. Mungkin bisa sedikit lega meskipun dengan menangis masalah tidak akan selesai.  Fakta Psikologi Tentang Menangis menyatakan minimal, kemarahan itu bukan menjadi hal yang perlu memenuhi pikiran anda dan menekan batin anda.

8). Mendengar Musik

Dengarlah musik-musik sedih maka anda bisa menangis dan mengeluarkan rasa marah. Tetapi sebagian orang juga mencoba mendengar musik yang membahagiakan agar mereka bisa melupakan perasaan kesal atau sedih mereka. Mendengarkan musik juga bisa mengalirkan energi besar anda dibanding untuk marah, lebih baik untuk bernyanyi atau berlatih suara agar merdu ?

9). Menyendiri

Menyendiri dan mencari ruang sepi untuk meditasi bisa menjadi hal yang anda lakukan ketika anda marah. rumus meditasi adalah bahwa emosi mungkin perasaan negatif yang bisa dikeluarkan dengan hal positif dan baik.

Khususnya ketika anda merasa kecewa dan melakukan kesalahan atau ada kesalahan yang tidak bisa anda terima. Carilah situasi yang membuat Anda tidak mudah terprovokasi, selain itu anda bisa menenangkan diri dengan berlatih seperti yoga.

10). Tidur

Tidur seringkali menjadi solusi besar untuk rasa marah namun ketika anda marah besar, anda tidak boleh membawa tidur karena nanti anda akan merasa lelah ataupun merasa mimpi, bahkan bisa menimbulkan beberapa Jenis-Jenis Gangguan Tidur.

Sehingga jika ingin tidur redakan dulu rasa marah anda dibandingkan terbawa hingga mimpi yang nantinya akan berbahaya untuk kesehatan karena anda akan merasa lelah dan sejenisnya.  

11). Menulis

Beberapa orang seringkali menuliskan kata dan menyampaikan perasaan mereka dibandingkan dengan menyampaikan langsung. Anda tentu pernah menemukan orang yang memilih diam dan juga pergi padahal dia merasa marah atau kesal. Nah menulis mungkin bisa menjadi cara yang paling bisa dilakukan agar bisa menyampaikan perasaan marah namun tidak menuntut anda untuk menyampaikan rasa langsung. Biasanya karena takut terlalu meluap atau agresif.

12). Jalan-jalan

Sama halnya dengan makan, jalan-jalan seringkali bisa membuat atau mengobati anda yang merasa sedih ataupun marah. Jalan-jalan menjadikan anda merasa fresh atau segar dan terbebas dari permasalahan. Sehingga jalan-jalan bisa menyembuhkan rasa marah anda.

13). Makan 

Makan biasanya dipilih orang Indonesia khususnya masyarakat termasuk yang sering dijadikan solusi atau jalan keluar untuk meluapkan marah. Meskipun nantinya akan menjadi gendut, namun dibanding merugikan orang lain beberapa orang merasa bahwa makan lebih baik. Makan seringkali menjadikan rasa marah berubah menjadi hormon yang menyebabkan anda bahagia.

Itulah 13 cara untuk meluapkan marah. Bukan tidak boleh namun lebih kepada bagaimana anda meluapkan rasa marah tanpa menimbulkan rasa bersalah atau menyesal setelahnya. Tentu dengan cara memperbaiki rasa marah atau bagaimana cara anda marah dengan cara yang lebih baik dan tentu tidak merugikan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :